Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Tips Menentukan Nama Email Perusahaan & Contohnya

3 min read

Menentukan Nama Email Perusahaan

Apakah saat ini perusahaan Anda atau tempat Anda bekerja masih menggunakan email dari gmail, yahoo atau email gratisan lainnya? jika masih nampaknya Anda harus mengikuti artikel ini sampai selesai.

Setiap perusahaan sekarang ini sudah bisa dipastikan memiliki website dengan domain pribadi. Website perusahaan memiliki berbagai keperluan salah satunya branding perusahaan. Jika perusahaan belum memiliki website, bisa dipastikan sudah ketinggalan teknologi.

Nah dari nama domain tersebut sebenarnya sudah mendapatkan email perusahaan, tinggal mengaktifkannya saja sebenarnya. Contohnya nama perusahaan adalah “PT. Jaya Abadi” maka domain yang digunakan untuk alamat website seperti “www.jayaabadi.com”. Saat pembelian domain Anda sudah mendapatkan gratis email dengan domain sendiri, jadi Anda memiliki mail dengan ektensi @jayaabadi.com.

Cara Membuat Email Perusahaan

Menentukan Nama Email Perusahaan
Menentukan Nama Email Perusahaan

Contohnya pernahkan Anda mendapatkan sms yang berisi info menang hadiah undian ratusan juta dari provider telekomunikasi? Jika pernah coba perhatikan dengan seksama isi pesan tersebut. Biasanya terdapat alamat website gratisan dan alamat email gratisan. Jika Anda memahami tentang alamat email professional pasti langsung mengabaikan pesan tersebut.

Tetapi bagaimana jika ada dua pesan masuk bersamaan dengan pengirim yang berbeda tetapi isinya sama yaitu memberitahu kalau Anda menang undian. Satu email menggunakan alamat email “undiantelkom@gmail.com” dan satunya “undian@telkom.com“, lalu mana yang lebih Anda percayai? Pasti email terakhir adalah yang menggunakan email perusahaan resminya langsung.

Nah agar bisa seperti itu caranya sebenarnya mudah, yang pertama pastikan Anda membeli nama domain dan hosting website bisnis, biasanya setiap pembelian domain sudah mendapatkan email domain sendiri. Untuk cara membuat email perusahaan caranya mudah, asal Anda memiliki akses untuk masuk ke website panel hosting bisnis yang sudah dibeli.

Untuk cara lengkapnya Anda bisa membuka artikel lama Kami tentang cara membuat email bisnis dengan domain sendiri.

Tips Menentukan Nama Email Perusahaan

Dalam menentukan nama email perusahaan itu sebenarnya gampang saja, semua kata bisa Anda gunakan dengan bebas, yang menjadi perhatian adalah kata-kata yang vulgar atau berhubungan dengan branding supaya dihindari.

Anda tidak perlu khawatir karena Kami akan memberikan tips dalam menentukan nama email perusahaan. Ada beberapa pilihan penggunaan email perusahaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut pembahasannya:

1. Menggunakan divisi atau departemen perusahaan

Dalam perusahaan biasanya memiliki divisi dan departemen yang berbeda-beda. Untuk itu kebutuhan berkirim emailnya pun berbeda bahasannya. Agar tidak membingungkan maka paling aman adalah dengan memisahkan email perusahaan berdasarkan bagiannya.

Berikut contoh alamat email perusahaan:

  • info@qwords.com
  • marketing@qwords.com
  • hrd@qwords.com
  • finance@qwords.com
  • cs@qwords.com
  • affiliate@qwords.com

Baca juga : Panduan Email Marketing Untuk Pemula

2. Menggunakan nama asli pegawai

Tips menentukan email perusahaan kedua adalah dengan menggunakan nama asli dari pegawai. Email ini bersifat personal tetapi biasa hanya boleh digunakan dalam urusan pekerjaan. Jadi saat mengirim email dengan rekanan bisnis diluar perusahaan bisa percaya bahwa pengirim menggunakan email professional.

Berikut contoh penggunaan email perusahaan dengan nama asli:

  • eril@qwords.com
  • andyn@qwords.com
  • arif@qwords.com
  • rohmad@qwords.com
  • rojib@qwords.com

3. Menggunakan kalimat sapaan

Cara menentukan nama email ketiga adalah dengan menggunakan kata sapaan, biasanya email ini digunakan untuk bagian informasi dari suatu perusahaan. Contoh email menggunakan sapaan seperti berikut:

  • halo@qwords.com
  • hi@qwords.com
  • hello@qwords.com

4. Format bebas

Nah yang terakhir adalah format bebas, Anda bisa menggunakan kata apa saja untuk menggunakan email profesional perusahaan, tidak ada batasan selagi tidak melanggar saja.

Alasan Menggunakan Email Resmi

Penggunaan email resmi pastinya bukan tanpa alasan, dari survei yang dilakukan 90% orang akan lebih percaya dengan perusahaan yang menggunakan email resmi dalam berkomunikasi. Berikut agar semakin jelas Kami berikan alasan kenapa harus menggunakan email resmi perusahaan:

  1.       Berikan impresi yang bagus

Saat pertama kali menerima email, pasti orang akan melihat dari siapa email ini dikirimkan. Nah dengan adanya email bisnis perusahaan ini akan memberikan impresi pertama yang bagus setelah menerima email. Email perusahaan ini juga menandakan bahwa email yang dikirimkan jelas dan tidak menimbulkan keraguan bagi penerimanya.

  1.       Buat citra yang baik

Mengirimkan pesan dengan email gratis seperti Gmail, Yahoo mail dll membuat citra bisnis Anda menjadi kurang baik. Orang bisa melihat Anda menjalankan bisnis hanya setengah-setengah saja. Untuk itu coba rubah dengan menggunakan email perusahaan resmi agar citra bisnis Anda tetap baik dan bisnis menjadi lancar.

  1.       Bangun kredibilitas dan kepercayaan

Banyak penipuan yang terjadi dengan menggunakan email gratis seperti dari Gmail. Ini bisa dilihat secara sekilas bahwa pengirim email ini tidak jelas siapa dan dari mana. Nah dengan email bisnis Anda bisa melihat bahwa pengirim email sudah jelas dari mana dan memiliki website yang sudah terdaftar, jadi kalau ada permasalahan Anda bisa menghubungi perusahaan lewat websitenya langsung.

  1.       Branding bisnis

Setiap menerima email masuk, otomatis penerima email akan membaca email pengirim. Nah jika setiap hari ada 100 email yang dikirimkan maka bisnis Anda setiap hari ada 100 orang baru yang mengetahuinya.

  1.       Murah dan mudah

Nah alasan menggunakan email perusahaan yang terakhir adalah murah dan mudah. Saat membeli domain Anda sudah mendapatkan include email dengan domain sendiri. Untuk cara installnya juga mudah, jika kesulitan bisa menghubungi pihak support darimana Anda membelinya.

Bagaimana sudah ketemu nama email untuk perusahaan yang cocok? Jika sudah langsung saja nama domainnya di Qwords.com. di Qwords ada ratusan ekstensi nama domain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kategori bisnis yang dijalankan. Contoh ada domain dengan ekstensi .ceo .art .auto .bank .catering dan masih banyak lagi.

Pesan sekarang juga sebelum nama domain dibeli oleh pelanggan lain.

Terima kasih 

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *