Domain merupakan  nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet, supaya pengguna lebih mudah dalam mengakses tanpa harus ingat IP address server tersebut, contoh nama domain seperti Qwords.com.

Memilih domain name
Memilih domain name

Dalam membuat website, memilih nama Domain itu penting. Dengan nama domain yang bagus dan komersial, bisnis akan cepat berkembang dan mudah diingat. Tapi ternyata, banyak yang masih dipusingkan ketika akan membeli nama domain untuk sebuah bisnis. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih nama domain untuk bisnis Anda.

Domain sesuai bisnis yang dijalankan

Membangun branding dalam sebuah bisnis adalah keharusan, maka pastikan nama domain yang dipilih harus mencerminkan branding dari bisnis Anda. Agar pengunjung yang masuk ke website Anda nantinya sudah memiliki tujuan yang jelas akan membeli produk apa.

1. Mudah ditulis dan mudah diingat

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih nama domain adalah aspek mudah ditulis dan dihafal. Nama domain yang mudah ditulis bertujuan agar konsumen dapat menulis dengan cepat nama domain Anda di internet, maka hindari penggunaan simbol dan angka yang membuat domain susah ditulis. Dengan mudah ditulis maka  dengan serta merta nama domain juga akan mudah diingat.

2. Pilih ekstensi domain yang populer

Pastikan memilih ekstensi yang sudah familiar seperti .com, .id, .net, dan sebagainya. Memperhatikan jenis produk dan bisnis yang dikelola juga sangatlah penting, sebagai contoh untuk bisnis komersial ekstensi yang sering digunakan adalah .com, sedangkan untuk website perusahaan bisa menggunakan co.id.

3. Gunakan keyword untuk Nama Domain

Beberapa ahli SEO menyarankan agar menggunakan keyword atau kata kunci dari nama domain. Karena banyak pengunjung yang justru menuliskan produk yang mereka butuhkan. Menggunakan nama domain sebenarnya memiliki tujuan khusus yaitu meningkatkan pengunjung.

4. Saatnya Pilih penyedia Nama Domain

Setelah keempat tips dilakukan, maka segeralah survey di semua jasa penyedia layanan yang menjual domain dan hosting. Ingat, jangan hanya melihat dari segi harga yang dianggap lebih mahal atau sebaliknya dibandingkan penyedia jasa layanan lain. Jika Anda mencari yang layanan bantuannya siap 24 jam, maka Qwords bisa jadi pilihan Anda.

Bagaimana? Tidak sulit bukan, untuk menentukan nama domain jika Anda sudah membaca dan memahami tipsnya? Jika sudah mendapatkan nama domain yang bagus untuk bisnis Anda, tunggu apalagi? Segera daftarkan Nama Domain dan gunakan Web Hosting Indonesia yang sudah anda miliki.

Terima kasih

2 Replies to “Memilih Nama Domain untuk Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *