7 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

3 min read

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Saat ini, Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone diseluruh dunia. Pasarnya yang luas menyasar berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua. Apalagi sekarang ini harga smartphone Android sudah sangat terjangkau bahkan untuk kalangan menengah kebawah sekalipun.

Dari data IDC.com menyebutkan bahwa pengguna Android di dunia saat ini memiliki persentase pengguna sebesar 85.4% pada tahun 2020 dan peringkat kedua disusul iOS dengan prosentase 14.6%.

Pengguna Android hampir menguasai smartphone dunia, sayang sekali kalau Anda hanya sebagai penonton saja, banyak orang yang mencoba untuk mengembangkan aplikasi Android untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang besar.

Tetapi sayangnya untuk belajar pemrograman Android tidak semudah yang dibayangkan, apalagi jika Anda tidak memiliki basic bidang komputer, maka akan susah dalam belajar membuat aplikasi Android . Nah dari sini banyak bermunculan aplikasi dan website yang menawarkan pembuatan aplikasi android tanpa Android.

Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding
Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Memang bisa membuat aplikasi tanpa coding? Mungkin Anda masih  belum percaya. Kami sudah merangkum 7 website pembuat aplikasi Android tanpa coding. Tugas Anda hanya bermain dengan logika saja dengan melakukan drag and drop saja sampai aplikasi benar-benar jadi sesuai yang Anda inginkan.

Membuat Aplikasi Tanpa Coding

Berikut rekomendasi pembuat aplikasi tanpa coding terbaik versi Kami:

1. AppMakr

AppMakr
AppMakr

AppMakr menjadi rekomendasi pertama untuk membuat aplikasi tanpa perlu coding. Anda bisa menggunakan aplikasi AppMakr dengan gratis dengan rilis aplikasi sesuai nama Anda. Tetapi ada iklan dari AppMakr setiap aplikasi Android yang Anda buat, jika tidak ingin iklan muncul maka Anda perlu membayar 1$/month untuk 1 user.

AppMakr sudah mendukung dalam 14 bahasa internasional, termasuk sudah support bahasa Indonesia. Jadi untuk Anda yang terkendala bahasa asing tidak perlu khawatir karena AppMakr mendukung bahasa Indonesia.

Untuk desain antarmuka, AppMakr memiliki desain yang simple dan memudahkan dalam membuat aplikasi Android . Cukup melakukan drag and drop komponen yang tersedia saja dan kemudian simpan project pembuatan aplikasi Android Anda. 

2. Appery.io

Appery.io
Appery.io

Appery.io menjadi rekomendasi website pembuat aplikasi selanjutnya dari Kami, website ini termasuk pertama kali yang menawarkan pengembangan aplikasi Android tanpa coding. Fitur yang dimilikinya seperti backend service terintegrasi dengan banyak pilihan API plugin. Appery menggabungkan kemudahan dalam membuat aplikasi dengan tampilan visual dari JavaScript sehingga proses pembuatannya menjadi lebih cepat.

Selain aplikasi Android , Appery juga bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi hybrid, web apps dan Progressive Web Apps (PWA). Untuk memulai membuat aplikasi di Appery ini Anda cukup mengikuti 5 step yang tersedia, yaitu:

  • Pilih template yang sudah tersedia
  • Drag and drop untuk mendesain tampilan aplikasi Android
  • Connect database dan service aplikasi
  • Preview aplikasi Android
  • Build mobile app and deploy web apps

Appery ini sudah digunakan lebih dari 500.000 user, jadi sudah terbukti menjadi salah satu web pembuat aplikasi Android terbaik saat ini.

3. MIT App Inventor

MIT App Inventor
MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan proyek dari Universitas Massachuset Institute of Technology (MIT) yang cocok bagi pemula. MIT Apps Inventor menggunakan block based programming tools sehingga memudahkan sekelas pemula sekalipun dalam membuat aplikasi Android .

MIT App Inventor sampai saat ini sudah memiliki user 8.2 juta dengan aplikasi yang sudah dibuat mencapai 34 juta aplikasi. Untuk urusan biaya tenang saja karena ini program dari kampus ternama, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Tampilannya user interface yang sederhana sehingga membantu para pemula yang ingin belajar membuat aplikasi pertamanya, cukup dengan drag and drop pallete. Setiap komponen bisa diatur nilainya sesuai dengan keperluan lewat menu properties. Disebut block based programming karena komponen-komponen sudah disusun dalam bentuk blok, Anda tinggal menyusunnya saja sesuai dengan kebutuhan.

4. Appy Pie

Appy Pie
Appy Pie

App Pie menjadi website pembuat aplikasi tanpa coding selanjutnya yang layak untuk Anda coba. Anda cukup drag and drop pada website secara langsung, jika selesai ada opsi untuk upload di Play Store atau App Store.

Selain aplikasi, App Pie tersedia juga untuk pembuatan website, task automation, chatbot dan graphics design. Tersedia juga versi gratisnya, tetapi aplikasi Android Anda akan disisipi iklan dari Appy Pie. Untuk versi berbayarnya harganya mulai dari 18$/bulan untuk paket basic dan yang termahal paket platinum 60$/bulan dengan premium fitur terlengkap.

Jika Anda ingin mencoba silahkan daftar trial terlebih dahulu untuk mengetahui fitur-fitur apa saja yang didapatkan.

Baca juga : Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik

5. GoodBarber

GoodBarber
GoodBarber

GoodBarber adalah aplikasi pembuat aplikasi online dengan banyak pilihan tema yang menarik. Tersedia banyak desain ikon yang menarik dan dukungan lebih dari 600 font Google yang bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan aplikasi. Selain aplikasi Android, GoodBarber juga memiliki fitur untuk membuat native apps, progressive web apps baik untuk Android maupun iOS.

GoodBarber saat ini sudah memiliki aplikasi yang diterbitkan oleh penggunanya lebih dari 30.000 apps dengan jumlah download mencapai lebih dari 40 juta lebih. Sayangnya untuk bisa mencoba aplikasi ini tidak gratis, Anda perlu membayar biaya langganan bulanan paling murah 30 euro/bulan. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

6. AppMachine

AppMachine
AppMachine

AppMachine menggunakan web base untuk bisa membuat aplikasinya, jadi Anda diharuskan login terlebih dahulu saat akan membuat aplikasi. Tidak hanya support Android apps saja, AppMachine support untuk iOS. AppMachine memiliki fitur antarmuka dengan drag and drop dengan dikombinasikan block-block building yang memudahkan saat proses pembuatan apps.

Untuk bisa menikmati semua fiturnya, Anda harus berlangganan secara bulanan. Untuk harga termurahnya 49$/bulan dengan fitur app previewer, live updates, plus blocks, analytics, push notification, advanced design option, automatic app update dll.

7. Thunkable

Thunkable
Thunkable

Tidak berbeda jauh dengan tools membuat aplikasi Android no coding sebelumnya, Thunkable merupakan website coding online berbasis website. Ada yang membuat special dengan yang kita bahas sebelumnya, Thunkable bisa cross platform, jadi saat Anda membuat aplikasi berbasis Android , kita juga bisa lakukan export untuk iOS sekaligus.

Jika dilihat sekilas, website Thunkable ini lebih responsive dengan model tampilan yang menarik. Untuk sistem pembuatannya Anda bisa lakukan drag and drop block code sesuai dengan keperluan. Nah bagaimana tertarik untuk membuat aplikasi dengan thunkable?

Nah demikian pembahasan mengenai 7 cara membuat aplikasi Android tanpa coding, silahkan pilih salah satu yang paling menarik untuk Anda gunakan. Jika masih ragu Anda bisa mencobanya untuk versi trialnya terlebih dahulu.

Untuk kebutuhan hosting aplikasi yang Anda buat, Kami memiliki rekomendasi tempat membeli domain dan hosting murah dari Qwords. Dengan harga mulai dari 14.500/bulan untuk layanan hosting termurah yang siap digunakan. Tunggu apalagi online kan aplikasi Anda sekarang juga

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *