Mengenal MariaDB, Fungsi dan Bedanya Dengan MySQL

2 min read

Mariadb Adalah

MariaDB adalah relational database management system (DBMS) open source yang merupakan pengganti drop-in yang kompatibel. MariaDB adalah pengganti dari MySQL. Dengan kata lain, MariaDB merupakan pengganti MySQL yang ditingkatkan dan drop-in.

Pengganti drop-in berarti bahwa Anda dapat mengganti server MySQL standar dengan versi analog dari server MariaDB dan memanfaatkan sepenuhnya perbaikan di MariaDB tanpa perlu mengubah kode aplikasi Anda. MariaDB cepat, terukur, dan kuat,  mendukung lebih banyak mesin penyimpanan daripada MySQL. Apa sajakah fungsi dan keunggulannya?

Apa Itu MariaDB?

Mariadb Adalah
Mariadb Adalah

Seberapa bagus kinerja yang dihasilkan saat berbicara tentang MySQL vs MariaDB? MariaDB adalah software dari MySQL yang dikembangkan pada tahun 2009. Setelah Oracle Corp mengambil MySQL, dan ingin membuat stand-in.

MariaDB memiliki SQL dalam DNA-nya dan memungkinkan pemrosesan data gaya ACID dengan atomisitas terjamin, daya tahan, isolasi, dan konsistensi untuk transaksi. Fitur Utama MariaDB adalah include support API JSON, replikasi data paralel dan berbagai mesin penyimpanan.

Tetapi ada beberapa area yang tidak kompatibel antar versi. Misalnya, dari versi 10.1 ke atas, MariaDB menyimpan data JSON menggunakan format berbeda ke MySQL 5.7. Untuk menyiasatinya, Anda yang ingin menyalin kolom objek JSON dari MySQL ke MariaDB dapat mengkonversikannya ke format yang menggunakan atau menjalankan pekerjaan replikasi berbasis pernyataan dengan SQL.

MariaDB Corp. menawarkan pelatihan, layanan migrasi, manajemen jarak jauh, dan berbagai produk yang dirancang khusus untuk pelanggan. MariaDB Foundation yang didirikan pada tahun 2012, menjaga kode sumber untuk memastikan bahwa software tetap open source.

Fungsi MariaDB

Database biasa pasti memiliki tempat dalam analitik data, tetapi database yang biasa saja mungkin gagal memenuhi apa yang menjadi tujuan Anda. Untuk itulah aplikasi MariaDB memiliki fungsi basis data kolom yang dirancang untuk lebih mendukung analitik waktu nyata dalam skala besar.

Solusi cloud-asli ini menggabungkan pemrosesan paralel besar-besaran dengan data terdistribusi untuk memberi perusahaan atau organisasi Anda lebih banyak kekuatan dan fleksibilitas dengan data Anda.  Berikut adalah fungsi lain yang dimiliki oleh aplikasi MariaDB :

  1.   Support untuk Operasi Data yang Besar

    MariaDB
    MariaDB

Jumlah data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh perusahaan pastinya sangat besar, sehingga penting untuk memiliki struktur basis data yang bekerja dengan Anda agar bisa mendapatkan nilai dari informasi ini.

ColumnStore pada MariaDB dapat memproses beberapa petabyte data, yang mengakomodasi daftar sumber data yang terus berkembang di dunia bisnis modern. Anda dapat menggunakan SQL standar

  1.   Mempunyai Penyimpanan Kolom untuk Kinerja Analytics yang Lebih Cepat

Menggunakan penyimpanan kolom memberikan operasi analitik dengan banyak manfaat, seperti kinerja yang lebih cepat dengan database besar yang didukung aplikasi MariaDB dan kompresi 10x. Anda dapat mengoptimalkan operasi basis data Anda dengan menggeser beban kerja ke jenis penyimpanan lain.

Data analitik digunakan untuk penyimpanan kolom, sedangkan operasi basis data biasa dapat digunakan untuk pendekatan berbasis baris.

  1.   Penskalaan Permintaan Data Ad Hoc

Ketika Anda perlu menjalankan query yang berada di luar operasi normal Anda, aplikasi MariaDB memungkinkan. Anda tidak dapat melihat bagaimana Anda akan menggunakan data Anda di masa depan atau jenis permintaan yang akan dilakukan orang. tetapi Anda dapat memberdayakan perusahaan Anda dengan fondasi basis data yang fleksibel.

  1.   Bekerja Dengan Miliaran Kolom Dan Baris

Aplikasi MariaDB dirancang untuk bekerja dengan miliaran kolom dan baris dan menciptakan hasil dalam hitungan detik. Support untuk melakukan pemrosesan paralel besar-besaran ini membuat perbedaan signifikan dalam kecepatan analisis basis data. Ketika set data Anda tumbuh dan Anda memiliki persyaratan baru, sistem Anda akan tumbuh bersama Anda.

  1.   Impor Data Langsung

Anda tidak harus pusing ketika akan melalui migrasi data yang sulit sebab MariaDB didukung dengan berbagai macam konektor termasuk Kafka, Spark, Python, Java, dan C. Dengan menawarkan pengalaman impor data yang efisien, Anda dapat membawa semua sumber data yang relevan untuk menyediakan kumpulan data lengkap untuk alat analitik Anda.

Perbedaan MySQL dan MariaDB

MySQL
MySQL

Berikut adalah perbedaan dari MySQL dan MariaDB yang dikategorisasikan berdasarkan izin, layanan dukungan dan kontribusi komunitas, :

  1.     Perizinan

MySQL menawarkan kode yang dimilikinya sebagai open source di bawah GPL, dan menyediakan opsi distribusi komersial non-GPL dalam bentuk MySQL Enterprise. MariaDB hanya dapat menggunakan GPL, karena pekerjaannya berasal dari kode sumber MySQL di bawah ketentuan lisensi itu.

  1.     Layanan Dukungan

Oracle memberikan dukungan teknis, pelatihan, sertifikasi dan konsultasi untuk MySQL, sementara MariaDB memiliki layanan dukungannya sendiri. Beberapa orang akan lebih suka bekerja dengan perusahaan kecil, karena secara tradisional memberi mereka lebih banyak pengaruh sebagai pelanggan.

  1.     Kontribusi Komunitas

MariaDB menerima lebih banyak kontribusi komunitas daripada MySQL. Bagian dari alasan untuk perbedaan ini adalah bahwa pengembang suka menyumbangkan fitur, perbaikan bug dan kode lainnya tanpa banyak biaya administrasi.

Membandingkan MySQL vs MariaDB adalah salah satu tren terpanas di dunia pengembang karena kedua teknologi ini adalah basis data yang cukup populer di pasar. Demikian pembahasan tentang Mengenal MariaDB, Fungsi dan Bedanya Dengan MySQL

Qwords selaku salah satu penyedia layanan domain & hosting unlimited di Indonesia selalu berupaya untuk memberikan informasi terbaik bagi para penggunanya. Untuk anda yang saat ini yang membutuhkan layanan domain hosting untuk keperluan website pribadi atau bisnis, langsung saja buka www.Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *