Berbicara tentang internet di era digital, memang tidak akan ada habisnya. Selalu ada inovasi baru yang wajib dicoba oleh para penggemarnya. Ping Google misalnya. Kepanjangan dari Packet Internet Gropher (PING) ini merupakan sebuah fitur internet yang disediakan untuk mengecek keterhubungan konektivitas antarkomputer.

Cara kerja fitur ini hampir sama ketika Anda mengirimkan paket pembelian online kepada customer. Setelah menerima paket, customer akan memberi respon melalui ucapan terimakasih. Bedanya paket yang dikirim ini adalah sebuah kode bernama ICMP_ECHO. Balasannya pun bukan ucapan terimakasih, melainkan paket dengan kode ICMP_ECHOREPLAY.

Baca juga: Jaringan Peer to Peer : Sejarah, Pengertian dan Kelebihannya

Meski namanya terlihat feminin, siapa sangka Ping Google ini memiliki banyak manfaat bagi Anda yang seringkali terkendala dengan konektivitas. Apa saja manfaat Ping Google ini. Simak pembahasan berikut.

 

Manfaat Ping Google

Mengulik Manfaat Ping Google dan Cara Penggunaannya
Mengulik Manfaat Ping Google dan Cara Penggunaannya

Bagi Anda yang sudah langganan menggunakan fitur ini tentu saja telah mengetahui berbagai manfaatnya. Akan tetapi, bagi Anda yang belum mengenal Ping Google lebih jauh pasti belum merasakan manfaatnya. Beberapa manfaatnya sebagai berikut.

  1. Jika koneksi server Anda sering bermasalah, maka manfaat pertama yang dapat Anda rasakan adalah kemampuannya mengecek status koneksi server.
  2. Manfaat kedua adalah kemampuannya dalam menyocokkan kembali kualitas jaringan yang Anda pakai.
  3. Jika server Anda mengalami masalah atau troubleshooting, maka Ping Google dapat mengecek masalah tersebut .
  4. Anda juga dapat mengetahui kondisi server Anda, apakah dalam keadaan up atau down.
  5. Ping Google juga bermanfaat untuk mengetahui respon komunikasi jaringan.
  6. Manfaat Ping Google tidak hanya dapat mengecek koneksi yang berhubungan dengan server saja, tetapi juga dapat mengetahui keaktifan status website.
  7. Bahkan, pengamatan oleh para pengguna, fitur ini dipercaya dapat menstabilkan proses download.

 

Cara Ping Google

 

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat Ping Google seperti yang dipaparkan di atas, Anda tentu sudah tak sabar ingin mencobanya. Anda pun bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Google ping?

 

1.Cara Ping Google Lewat CMD

CMD
CMD

Ada beberapa cara menggunakan fitur Ping Google, salah satunya adalah cari lewat CMD (Windows). Selain mudah, menggunakan cara ini dapat dilakukan dengan waktu singkat. Cara untuk cari ping Google lewat CMD sebagai berikut.

  1. Cara untuk cari Ping Google lewat CMD yang pertama adalah mengklik Start pada menu Windows.
  2. Lalu Anda dapat mengklik menu RUN sehingga akan muncul kolom. Pada kolom tersebut Anda akan menemukan menu open. Silahkan ketik CMD pada menu open dan klik OK.
  3. Selanjutnya, akan muncul tampilan CMD seperti ini.

c:\users\(nama users Anda)> kemudian Anda dapat mengetikkan “Ping spasi alamat server yang Anda tuju” kemudian tekan enter.

Misalnya, c:\users\Rendra>Ping Google.com kemudian tekan enter.

Lalu akan muncul pada layar Anda tampilan seperti contoh berikut.

Pinging. Google.com [173.192.123.100] with 32 bytes of data:

Reply from 173.192.123.100: bytes=32 times=233 ms TTL=50

Reply from 173.192.123.100: bytes=32 times=233 ms TTL=50

Reply from 173.192.123.100: bytes=32 times=233 ms TTL=50

Reply from 173.192.123.100: bytes=32 times=233 ms TTL=50

Baca juga: Tips Lengkap Mengatasi Troubleshooting Jaringan

Ping statistics for 174.195.124.102:

Packets: sent =4, Received=4 Lost=0% <0% loss>,

Approximate round trip times ini milli-seconds:

Minimum= 232ms, maksimum= 234ms, Avarage= 232ms

Pada layar tersebut tampak kata Reply. Munculnya Reply tersebut menunjukkan bahwa server Anda telah terhubung dengan Google. Akan tetapi, tidak semua layar akan memunculkan kata Reply. Ada beberapa server yang muncul adalah kata Request Time Out, artinya server anda belum terhubung dengan Google.

 

2.Cara Ping Google di Android

 

Cara lain untuk cari Ping Google adalah melalui android. Cara ini lebih disukai. Selain lebih mudah, cari di android lebih praktis karena hampir sepanjang hari sebagian orang tidak lepas dari smartphone android. Bagaimana langkah untuk cari ping Google di android? Berikut penjelasannya.

Cara awal adalah menginstal aplikasi Ping Google di Play Store smartphone android Anda. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah terminal emulator for android dan aplikasi Ping.

Aplikasi Terminal Emulator untuk Android

Caranya hampir sama dengan cari ping Google lewat CMD yaitu, buka aplikasi terminal emulator yang telah Anda install. Selanjutnya, ketik ping spasi nama server. Misalnya, Ping Google.com. Jika sudah, Anda hanya perlu duduk manis dan menunggu responnya.

Aplikasi Ping

Caranya lebih mudah dari aplikasi terminal emulator karena tidak perlu memasukkan nama server yang dituju.  Anda hanya perlu memencet bagian host dan mengganti nama server sesuai tujuan. Kemudian tekan menu start. Jika Anda ingin menyudahi silahkan tekan menu stop.

Itulah cara mudah untuk memanfaatkan dan juga menggunakan Ping Google. Dengan penjelasan di atas, sekarang sudah tidak bingung lagi kan menggunakan fitur ini ketika Anda terkoneksi dengan internet?

Terlepas dari pembahasan terkait ping google di atas, Agar koneksi jaringan Anda semakin stabil dan aman jangan lupa untuk menggunakan VPN atau Virtual Private Network yang berfungsi mengekripsi data sekaligus menghemat konsumsi bandwidth Anda. Gunakan layanan VPN Murah dari Diego VPN yang menawarkan paket VPN Lite, Unlimited, hingga Corporate, dengan harga paling murah mulai dari Rp22 ribu perbulan.

Tidak hanya terjangkau dan mudah digunakan, layanan VPN dari Qwords.com ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari vpn netflix untuk mengakomodir kebutuhan hiburan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *