Manfaat Customer Value Pada Bisnis Anda

3 min read

Manfaat Customer Value Pada Bisnis Anda

Bisnis yang menguntungkan tidak hanya bisa diraih dengan menciptakan produk terbaik, namun juga melalui kepuasan konsumen. Nah, salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah melalui konsep customer value.

Customer value adalah salah satu konsep marketing yang perlu sahabat Qwords pahami dan terapkan jika Anda sedang berencana atau sedang  menjalankan sebuah bisnis.

Pada artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang customer value. Mulai dari pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, sampai cara mengukurnya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Pengertian Customer Value

pengertian customer value

Jadi, apa itu customer value? Singkatnya, customer value adalah sebutan untuk tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen setelah mereka membeli produk atau menggunakan layanan/jasa yang Anda tawarkan.

Customer value biasanya berkaitan dengan harga dari sebuah produk atau jasa. Namun, ada banyak hal lain selain  harga yang bisa menjadi sumber kepuasan seorang konsumen loh sahabat Qwords.

Beberapa aspek lain yang bisa mempengaruhi kepuasan konsumen adalah brand, kualitas produk hingga manfaat jangka panjang dari produk tersebut.

Satu hal yang harus Anda pahami, customer value adalah hal yang subjektif, artinya antara satu konsumen dan konsumen lainnya mungkin mempunyai tingkatan rasa puas yang berbeda-beda.

Terkadang seorang konsumen merasa tidak puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan karena mereka merasa tidak terlalu membutuhkannya. 

Pada saat yang sama konsumen lainnya sangat puas dengan produk tersebut karena alasan yang lainnya.

Jadi, apakah customer value hanya berada dalam kuasa konsumen? Tentu tidak. Anda memang tidak bisa memuaskan semua konsumen, namun Anda tetap bisa membuat konsumen mendapatkan kepuasan customer value ini.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mempengaruhi mereka agar rela dan menginginkan produk/jasa yang ditawarkan.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu menerapkan strategi marketing. Sebelum menentukan strategi marketing yang tepat, Anda juga harus mengukur customer value.

Jika keduanya sudah Anda lakukan, maka sangat besar peluang Anda untuk memuaskan konsumen dan melipatgandakan profit.

Faktor  yang Mempengaruhi Customer Value

faktor yang mempengaruhi customer value
faktor yang mempengaruhi customer value

Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan untuk bisa bisa mendapatkan kepuasan pelanggan/customer value. Berikut adalah beberapa faktor-faktor yang perlu diperhatikan:

  • Unique selling point
  • Fungsi produk/layanan/jasa
  • Harga 
  • Kualitas
  • Sumber daya produk/jasa/layanan
  • Branding & pemasaran
  • Preferensi (kecenderungan) target konsumen
  • Tingkat pendapatan target konsumen
  • Pengalaman target konsumen setelah menggunakan produk/layanan yang mirip.

Dari daftar di atas,  ada faktor-faktor yang bersumber dari target konsumen itu sendiri, seperti preferensi, tingkat pendapatan dan pengalaman konsumen dengan produk/layanan serupa.

Ini berarti ketiga faktor customer value diatas ada diluar kendali Anda. Jadi, bisa Anda simpulkan sendiri, memulai bisnis dan sukses di tengah kompetisi yang ketat tidak lah mudah.

Biasanya konsumen lebih cenderung memilih brand yang telah mereka ketahui dan gunakan dibandingkan brand baru atau tidak terkenal.

Namun jangan khawatir, meski brand milik Anda belum terlalu terkenal, ada strategi jitu yang bisa diterapkan untuk menggaet konsumen.

Caranya adalah dengan menerapkan segmentasi pasar, yaitu mentarget konsumen yang belum terlayani oleh kompetitor.

Berkat segmentasi pasar tersebut, Anda bisa menciptakan value konsumen yang tidak pernah mereka rasakan dari brand tertentu.

Setelah value tercipta, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengukur value tersebut, caranya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca Juga: Peran Brand Trust untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Cara Mengukur Customer Value

Ada beberapa rumus yang bisa Anda terapkan untuk mengukur customer value dari sebuah produk, jasa dan layanan.

Rumus yang paling sederhana adalah seperti dibawah ini:

Customer Value = Manfaat – Harga

Dari rumus di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa semakin besar manfaat yang didapatkan oleh konsumen (dengan membeli produk/layanan) dengan harga yang sama, maka semakin besar pula kepuasannya (customer value).

Jadi, Anda tidak perlu menerapkan strategi perang harga dengan kompetitor dengan keuntungan yang rendah, karena sudah memiliki value yang lebih untuk calon konsumen.

Hal ini akan berguna jika Anda menjual produk yang sama dengan brand yang sudah memiliki nama.

Jika produk/layanan yang Anda tawarkan sama dengan produk/layanan yang ditawarkan brand tersebut, maka yang bisa Anda lakukan adalah bersaing dari segi harga.

Masalahnya, hal ini akan sulit, lebih-lebih jika brand tersebut terkenal dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. Nah jadi bagaimana cara bersaing dengan brand tersebut?

Strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengedepankan unique selling point dari produk/layanan Anda. Berkat keunikan tersebut, Anda bisa menentukan harga ke konsumen dengan lebih leluasa. 

Selain mengedepankan unique selling point, berikut cara mengembangkan customer value lainnya:

  • Bantu target konsumen memahami value produk/layanan Anda, salah satu caranya adalah dengan memiliki website bisnis sendiri, digital marketing dengan media sosial dan lain sebagainya.
  • Berikan layanan terbaik dan maksimal kepada konsumen, karena layanan yang berkualitas bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.
  • Minta masukan atau feedback dari konsumen, entah itu di kolom komentar website, media sosial, live chat dan lain sebagainya.
  • Segera ciptakan unique selling point baru sebelum dicomot oleh perusahaan pesaing.
  • Lakukan branding, karena dengan brand yang mengakar kuat, pelanggan akan senang/bangga menggunakan produk/layanan Anda. Mereka juga tidak akan segan merekomendasikan produk tersebut ke orang lain.

Baca Juga: Pengertian, Manfaat, & Cara Meningkatkan Leads

Penutup

Apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan konsep customer value? Banyak! Salah satunya adalah Anda bisa menentukan harga terbaik sesuai manfaat produk.

Bukan mustahil, Anda malah bisa memenangkan persaingan dengan kompetitor juga loh sahabat Qwords.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk menerapkan konsep customer value pada bisnis Anda?

Berbicara tentang bisnis, di jaman yang serba digital seperti sekarang ini, semua bisnis wajib mempunyai sebuah website.

Tidak hanya memperluas jangkauan bisnis, toko online juga akan mempermudah konsumen menemukan dan melakukan pembelian produk maupun jasa Anda.

Kabar baiknya, Qwords.com menawarkan layanan hosting murah gratis domain mulai 14 ribuan per bulan.  Jadi Anda tidak harus punya budget yang banyak untuk membuat website bisnis Anda!

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *