Apakah Anda seorang pebisnis online yang mempromosikan produk di Instagram? Atau Anda adalah seorang blogger yang sedang mencari cara untuk meletakkan banyak link ke dalam profil Instagram? Linktree mungkin bisa menjadi jawabannya.

Sahabat Qwords tentu sudah tahu bukan kalau di platform Instagram kita hanya diberikan satu buah kolom yang bisa digunakan untuk meletakkan URL aktif, yakni di bagian bio.

Selebihnya, pengguna tidak ada kesempatan lagi untuk menggiring followers ke website landing page, chat WhatsApp, halaman YouTube, atau link lainnya, kecuali akun Instagram sudah bisa mengaktifkan fitur swipe up di snapgram.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Swipe up di Instagram

Nah, solusi yang cukup efektif dan elegan untuk menyiasati hal ini adalah dengan menggunakan layanan Linktree. Apa itu Linktree dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut merupakan pembahasan selengkapnya.

 

Apa Itu Linktree?

Cara Membuat Linktree di Profil Instagram
Cara Membuat Linktree di Profil Instagram

Linktree adalah website yang menyediakan layanan untuk memudahkan para pedagang, penjual jasa, atau bahkan influencer untuk menyematkan link (tautan) dengan lebih sederhana. Alih-alih menampilkan satu link saja, di linktree kita bisa menyematkan semacam tombol yang menjadi shortcut sehingga pengunjung tidak perlu mengetik URL lagi.

Belakangan ini keberadaan layanan Linktree semakin populer karena relevan dengan kebutuhan para pengguna sosial media, khususnya Instagram. Mereka umumnya membuat Linktree atau pohon tautan yang berisi beberapa pilihan, misalnya seperti kontak WhatsApp, link ke Shopee, tokopedia, bukalapak bagi para penjual, serta landing page website dan link menuju channel YouTube untuk para content creator.

 

Fungsi Linktree di Instagram

 

1.Memudahkan followers dalam mengakses link

2.Bisa digunakan untuk menampilkan banyak tautan (WhatsApp, Shopee, Facebook, YouTube, dll)

3.Meningkatkan Traffic Website

 

Cara Mendaftar Akun Linktree

Linktree adalah
Linktree adalah

Tidak dipungkiri lagi, Linktree merupakan solusi yang efektif untuk mengakali sistem instagram yang hanya bisa meletakkan satu buah tautan.

Fitur dan tampilan Linktree yang bisa di-custom sesuai warna kesukaan juga memberikan poin kelebihan tersendiri tanpa harus meninggalkan brand perusahaan.

Untuk memudahkan sahabat Qwords, berikut ini sudah kami tuliskan panduan cara mendaftar di Linktree. Perlu diketahui, Linktree saat ini menyediakan versi gratis tanpa perlu membayar biaya berlangganan, namun jika Anda ingin mendapatkan fitur-fitur premium seperti statistik dan support 24 jam, maka bisa memilih paket berbayar dengan biaya USD6 perbulan.

 

Cara Membuat Linktree

 

  1. Buka website https://linktr.ee/register
  2. Isi seluruh kolom yang dibutuhkan, mulai dari alamat Email, nama, password, dan username.
  3. Pilih paket yang ingin digunakan apakah Gratis atau Berbayar
  4. Lakukan verifikasi dengan membuka folder Inbox di akun email yang sudah didaftarkan
  5. Proses pendaftaran sudah selesai. Anda mulai menambahkan link dengan masuk ke menu Links.
  6. Jangan lupa Copy Link dari Linktree Anda untuk dimasukkan kedalam profil Instagram
  7. Selesai

 

Cara Membuat Link ke Chat WhatsApp di Linktree

Link chat WhatsApp
Link chat WhatsApp

Pada bagian menu Links sebenarnya bisa diisi dengan tautan apa saja. Akan tetapi, yang paling umum digunakan adalah tautan yang mengarah langsung ke Chat WhatsApp sebagai media komunikasi antar pedagang dan pembeli.

Berikut tutorial cara membuat Link chat WhatsApp di Linktree:

1.Siapkan link WhatsApp yang bisa mengarah langsung ke nomor WA. Contohnya seperti berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=62817437111&text=Halo%20saya%20mau%20pesan%20Hosting%20bisa%20dibantu

Jika sahabat Qwords masih bingung dan belum tau cara membuat tautan Link WhatsApp seperti di atas, Anda bisa membaca tutorialnya pada artikel Cara Membuat Link WhatasApp yang sudah dibahas sebelumnya.

2.Login ke akun Linktree yang tadi sudah dibuat.

  1. Masuk ke Menu Links
  2. Kemudian tuliskan judul dengan mengetik kata WhatsApp di kolom title
  3. Lalu masukkan Link WhatsApp Anda ke kolom URL
  4. Copy tautan Linktree akun Anda
  5. Terakhir masukkan tautan Linktree ke profil Instagram

8.Selesai.

Sebagai informasi, pada kolom teks Anda bisa menuliskan dengan kata-kata sesuai selera. Contohnya seperti “chat via WA, Pesan di WhatsApp, dan lain sebagainya”.

 

Cara Membuat Link ke Shopee di Linktree

link ke Shopee
link ke Shopee

Bagi para pemilik toko online tentu Anda sudah sering menerima pertanyaan seragam dari calon pembeli yang menanyakan nama toko di Shopee, atau Link yang bisa diakses secara langsung tanpa perlu mencari.

Nah, tautan yang mengarah ke halaman Shopee juga bisa Anda masukkan ke dalam Linktree jadi satu dengan chat WhatsApp, agar calon pembeli bisa langsung membuka toko di Shopee tanpa harus mencarinya lagi secara manual.

Cara membuat tombol Linktree ke halaman Shopee sendiri hampir sama seperti ketika menambahkan link chat WhatsApp, bedanya Anda hanya perlu mengetahui link profile toko online Anda di website Shopee.

 1. Login ke akun Linktree

2. Masuk ke menu Links

3. Pilih Add New Link

4. Masukkan teks “Shopee” ke kolom Tittle

5. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan link toko online Anda di Shopee

6. Selesai.

7. Cek kembali dengan cara mengakses link Linktree Anda, apakah sudah muncul tombol Shopee atau belum. Jika belum muncul coba ulangi lagi dari langkah pertama.

 Baca juga: 12 Tools Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan

 

Cara Membuat Link ke Website Pribadi di Linktree

website undangan digital
website undangan digital

Tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan chat WhatsApp dan link Shopee untuk memudahkan aktivitas jual beli. Layanan Linktree juga bisa dimanfaatkan untuk menampilkan halaman website yang kita miliki.

Sebagaimana kita ketahui, beberapa blogger atau webmaster ada yang mengelola lebih dari satu website. Penulis sendiri saat ini bahkan sudah memiliki 18 website yang semuanya perlu mendapatkan jatah promosi.

Dengan Linktree Anda bisa lebih mudah memamerkan belasan URL website tersebut kepada para followers. Caranya dengan menambahkan setiap link kedalam halaman Linktree.

  1. Login ke akun Linktree
  2. Masuk ke menu Links
  3. Pilih Add New Link
  4. Masukkan teks “Nama Website Anda” ke kolom Tittle
  5. Selanjutnya, Anda bisa memasukkan link Website Anda di bagian kolom URL.
  6. Selesai.
  7. Cek kembali dengan cara mengakses link Linktree Anda, apakah sudah muncul tombol baru atau belum. Ulangi lagi dari langkah pertama untuk menampilkan website/blog kedua, ketiga, dan seterusnya.

 

Penutup

Demikianlah pembahasan terkait cara membuat Linktree di profil Instagram. Di era perkembangan teknologi yang semakin masive seperti saat ini, tentu kita harus pintar dan jeli dalam mengambil peluang.

Jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis online yang memanfaatkan website dan media sosial untuk mengakomodir aktivitas penjualan, maka menggunakan LinkTree adalah solusi yang tepat.

Pasalnya, Anda bisa mengarahkan followers dengan cepat ke berbagai kanal agar lebih mudah dalam melakukan pemesanan. Tidak dipungkiri lagi, ini adalah salah satu strategi jitu yang bakal meningkatkan omzet di tengah pandemi.

Adapun jika saat ini Anda belum mempunyai website, salah satu solusinya yakni dengan melakukan pemesanan melalui layanan jasa pembuatan website Bikin.website. Kebetulan saat ini Bikin.website juga sedang ada promo potongan diskon hingga Rp 250 Ribu serta opsi bikin website sekarang bisa bayar nanti-nanti. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera optimalkan bisnis Anda dengan membuat website sekarang juga.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *