Internet sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan pokok semua orang. Semua aspek kehidupan saat ini hampir semuanya terhubung denganlayanan internet. Sekarang ini internet bukan lagi menjadi barang mewah, internet harganya sudah murah dan dapat diakses dari mana  saja bahkan ada yang menyediakannya secara gratis.

Layanan-layanan yang dihasilkan dari internet memang sangat membantu kehidupan kita saat ini, bisa dibayangkan jika internet mati beberapa jam saja pasti banyak orang yang kebingungan. Nah berikut macam-macam layanan internet beserta dengan penjelasannya.

Macam-Macam Layanan Internet

Layanan Internet
Layanan Internet

1. E-Mail

E-Mail atau electronic mail adalah layanan yang paling banyak digunakan saat ini di Internet. Email sekarang ini sudah seperti identitas pribadi, semua orang memilikinya bahkan ada yang lebih dari satu. Email adalah surat elektronik yang berfungsi untuk mengirimkan pesan antar pengguna email.

Menurut Wikipedia, Email pertama kali dikirimkan oleh Ray pada tahun 1971. Isi pesan pertama email yang dikirimkan berupa kata QWERTYUIOP atau huruf sejenisnya. Sebagai identitas penamaan email, ada tanda pemisah @ (dibaca ET) antara identitas dengan nama domain email. Contoh dalam nama email Google, biasanya tertulis namapengguna@gmail.com. Nama pengguna melambangkan identitas dang mail.com melambangkan domain email yang digunakan.

Layanan email yang ada saat ini banyak sekali macamnya ada yang gratis dan juga berbayar. Email gratis yang populer seperti Gmail, Yahoo Mail, Outlook, Zoho Mail, AOL Mail, Pepipost dan masih banyak lainnya. Selain itu email juga bisa untuk keperluan marketing bisnis, kami memiliki rekomendasi layanan email marketing MailToGo dari Qwords untuk menjawab kebutuhan bisnis Anda.

2. E-Commerce

perkembangan e commerce di Indonesia
perkembangan e commerce di Indonesia

Menurut artikel sebelumnya, pengertian e-commerce adalah electronic commerce atau perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Dalam e-commerce terdapat juga promosi,  , pemasaran, pembelian, diskon dam yang membedakan hanya pada medianya saja yaitu sudah menggunakan media internet sebagai perantaranya.

Dalam e-commerce semuanya sudah dilakukan dengan internet mulai dari pemilihan barang, pemesanan, pembayaran dan pengiriman. Jadi pelanggan hanya perlu menunggu di rumah saja barang sudah sampai. Contoh e-commerce di Indonesia saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, BliBli, JD.id, Bhineka dan masih banyak lainnya.

3. E-Banking

E-Banking atau electronic banking adalah teknologi yang bisa Anda gunakan untuk transfer uang secara realtime untuk berbagai keperluan. Saat ini hampir semua bank yang ada di Indonesia sudah mendukung layanan E-Banking untuk semua nasabahnya.

Kelebihan yang didapatkan dari adanya E-Banking adalah kemudahannya, Anda tidak perlu datang ke kantor bank tinggal melakukan transaksi lewat internet saja, selain itu E-Banking bisa digunakan kapan saja tidak jam tutup seperti bank konvensional. Jika Anda saat ini belum menggunakan layanan E-Banking segeralah mendaftar pada bank yang Anda gunakan.

4. E-Learning

learning
learning

E-Learning atau electronic learning adalah sistem pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dimana pengajar dan murid tidak bertemu secara langsung melainkan menggunakan media internet sebagai perantaranya. Saat ini penggunaan e-learning juga sudah semakin maju, tidak hanya satu arah saja dari pengajar kepada siswa, melainkan sudah bisa interaksi 2 arah dari siswa kepada pengajar.

Saat ini website e-learning di Indonesia sudah banyak bermunculan seperti Ruang Guru, Quipper, Rumah Belajar, KelasKita, Skill Academy, Pintaria, MauBelajarApa dan masih banyak lainnya. Tinggal Anda menyesuaikan saja materi apa yang sedang Anda butuhkan.

5. E-Government

E-Government merupakan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat yang dilakukan dengan teknologi informasi. Dengan menggunakan E-Government masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor pemerintahan dengan membawa berbagai berkas yang diperlukan, tinggal lengkapi data dan upload dokumen yang dibutuhkan saja. E-Government memungkinkan untuk pelayanan public yang lebih cepat, efisien dan nyaman. Sudah banyak beberapa kantor pemerintahan yang menerapkan E-Government ini terutama pada beberapa kota besar.

6. World Wide Web

World Wide Web atau lebih dikenal dengan WWW adalah kumpulan sumber daya internet yang berisi teks, gambar, video dan hyperlink yang bisa diakses dari berbagai lokasi.  Pertama kali dikenalkan WWW pada tahun 1989 oleh Fisikawan Inggris bernama Tim Berners-Lee saat bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa.

WWW dalam layanan internet memiliki fungsi sebagai web mail service dimana pengguna bisa mengirim, menerima dan mengecek email mereka melalui browser. Selain itu WWW memiliki fungsi untuk memudahkan search engine menemukan kata kunci tertentu.

7. Mailing List

Mailing list
Mailing list

Mailing list atau lebih dikenal dengan milis adalah layanan internet yang berisi forum diskusi antar pengguna email di Internet. Bahasan milis biasanya akan dikirim langsung kepada email anggota. Setiap anggota dapat membaca semua balasan dari anggota lainnya dan setiap anggota bebas untuk membalas atau hanya sekedar membacanya.

 Milis saat ini biasa digunakan untuk group kantor, group yang memiliki ketertarikan sama dan topik diskusi lain yang banyak dibicarakan. Setiap anggota yang tergabung dalam satu milis jika tidak berkenan bisa berhenti berlangganan milis.

8. IRC

IRC (Internet Relay Chat) adalah layanan chatting dimana setiap orang bisa beriteraksi dengan orang lain yang lokasinya berbeda. Anda bisa berkenalan dengan orang baru yang belum pernah bertemu dan memperbanyak relasi. Anda juga bisa langsung melihat kepada pengguna lain saat melakukan video call.

9. VOIP

VOIP (Voice Over Internet Protocol) adalah layanan internet yang memungkinkan komunikasi via telepon antar pengguna dengan tanpa biaya. Anda Cuma membutuhkan koneksi internet tanpa perlu pulsa untuk telepon. Banyak sekali layanan VOIP yang ada saat ini dan bisa digunakan dengan cuma-cuma salah satu contohnya VIOP Rakyat yang bersifat open source, Anda hanya perlu melakukan register terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

10. Chatting

chat-via-WA
chat-via-WA

Layanan chatting saat ini menjadi salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan untuk keperluan komunikasi antar pengguna. Chatting sekarang ini tidak hanya menggunakan media tulisan saja, tetapi sudah bisa menggunakan media suara, gambar dan yang paling canggih bisa melakukan panggilan video. Aplikasi chatting yang ada populer saat ini seperti WhatsApp, LINE, Facebook Messenger, Hangouts, Telegram, Skype dan masih banyak lainnya.

Nah demikian pembahasan mengenai 10 macam layanan internet beserta dengan penjelasannya. Jika ada layanan lain yang belum disebutkan diatas Anda bisa menambahkannya melalui kolom komentar dibawah ini.

Qwords selaku penyedia web hosting dan domain di Indonesia saat ini selalu berupaya untuk memberikan layanan internet yang memadai salah satunya dengan hosting dengan uptime server 99,99%. Jika Anda saat ini masih menggunakan hosting yang sering down atau belum memiliki website, kami sarankan langsung saja mengunjungi website Qwords.com.

Terima kasih

2 Replies to “Macam-Macam Layanan Internet Beserta Dengan Penjelasannya

  1. Layanan cahtting saat ini menjari salah satu layanan internet yg paling
    Banyak di gunakan untuk keperluan
    Komunikasi antar peguna.

    1. Benar sekali kak,
      Chatting sekarang ini menjadi cara komunikasi paling simpel antar pengguna satu dengan lainnya.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords blog kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *