Konten video yang semakin marak saat ini banyak memerlukan lagu no Copyright sebagai media pelengkap. Pasalnya, konten video yang memiliki lagu latar akan semakin menarik dan menambah banyak viewers. Lagu ini menjadi andalan para creator baik Youtuber dan lainnya untuk jadi music latar.

Mengapa demikian? Karena lagu no copyright merupakan lagu yang tak memiliki hak cipta sehingga bebas untuk dipakai di konten mana saja. Youtube tidak akan mempermaslahkan konten video yang menggunakan latar music dari Lagu ini. Apa pengertian dari Lagu No Copyright? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa itu Lagu No Copyright?

Tempat Download Lagu No Copyright Untuk Kebutuhan Promo
Tempat Download Lagu No Copyright Untuk Kebutuhan Promo

Lagu bebas hak cipta atau dalam Bahasa Inggris bisa disebut sebagai No Copyright Sounds adalah sebuah file atau lagu rekaman tanpa hak cipta yang memang sengaja dibuat untuk kepentingan pembuat konten. Biasanya Lagu jenis ini dipakai untuk konten Youtube sebagai backsound musik, namun tak jarang dipakai juga sebagai materi promo.

Baca juga: 7 Trik Cara Mempercepat Download Di PC/Smartphone

Ada beberapa genre dalam Lagu bebas hak cipta, Namun, yang paling sering dipakai adalah genre Electronic Dance Music (EDM), Dubstep, Electronic House, Trap dan lain sebagainya. Lagu tipe seperti ini sendiri pertama kali diciptakan oleh mahasiswa asal Inggris, bernama Billy Woodford pada 2011.

Awalnya ia memproduksi lagu-lagu yang bernuansa game, lama kelamaan lagunya didedikasikan untuk para pembuat konten video terutama Youtube yang pada saat itu memang sedang banyak diperbincangkan kemunculannya. Bagi Anda yang ingin menggunakan Lagu No Copyright di video promo produk perusahaan, silahkan saja mengamil sesuai kebutuhan karena memang lagu ini diciptakan untuk demikian.

Berbagai lagi no copyright sejatinya memang sengaja dikumpulkan dari artis yang memproduksi file-file bebas hak cipta. Karena tidak memiliki copyright, maka mereka memperoleh keuntungan dari iklan dengan Youtube ataupun platform lain seperti Spotify.

Beberapa artis-artis Lagu No Copy Right yang terkenal adalah Alan Walker, Tobu, Different Heaven, Ash O’Connor, Cartoon, Curbi, DEAF KEV, K-391 dan Futuristik. Beberapa dari mereka memang berprofesi sebagai DJ yang secara rutin memproduksi music-musik baru secara berkala.

 

Tempat Download Lagu No Copyright

musik
musik

Berikut ini adalah beberapa tempat download Lagu No Copyright, di antaranya:

 

1.Bensound

Tempat download Lagu No Copyright berikut ini menyediakan berbagai genre music. Tidak hanya genre music EDM dan House, ada pula genre music rock, jazz dan akustik. Bensound juga dikenal sebagai tempat download andalah para Youtuber ternama.

 

2. No Copyright Sounds (NCS)

Ini adalah channel Youtube yang sangat terkenal menyediakan file-file Lagu-lagu no Copyright yang banyak macamnya. Dalam deskripsi filenya, sudah terdapat link download dan saat Anda menggunakan sound ini di video Anda, maka cukup cantumkan deskirpsi yang disediakan.

 

3. No Copyright Sounds Website (NCS)

Sama halnya dengan NCS di atas, NCS yang satu ini hanya berbentuk beda. Ini adalah versi website dari channel No Copyright Sounds yanga da di Youtube. Karena berbentuk website, maka interaksi antar pengguna lebih bebas.

 

4. Benrousse

Benrousse adalah sebuah olatform yang menyedaiakan lagu no copyright yang berguna untuk konten atau video Anda. Meski, mungkin bagi sebagian orang music yang ada di Benrousse sudah tidak update lagi alias jadul. Walau begitu, file-file ini bisa menambah koleksi Anda.

Ilustrasi musik
Ilustrasi musik

5. Best No Copyright Music

Best No Copyright Music adalah platform yang bisa diakses melalui Soundcloud. Akun ini membebaskan semua pihak untuk mengambil lagu atau soundnya untuk kepentingan konten. Anda tak perlu khawatir soal hak cipta saat mendownload lagu dari akun ini.

 

6. Chuki Beats

Chuki Beats adalah salah satu channel Youtube yang juga membebaskan orang lain memakai lagu yang diproduksinya tanpa khawatir akan hak cipta. Lagu No Copyright di Chuki Beats didominasi lagu hip-hop, sad emotional, hingga lagu instrument mellow.

 

7. Free Background Music (FBM)

Satu lagi channel Youtube yang menyediakan file Lagu bebas hak cipta adalah Free Background Music. Mereka juga mencantumkan link download dan syarat yang harus dilakukan saat Anda menggunakan lagu yang mereka produksi. Tak perlu khawatir konten kita terkena pelanggaran hak cipta, karena mereka membebaskannya.

 

8. Majestic Casual

Majestic Casual juga menjadi salah satu tempat download lagu no copyright di Youtube. Tidak seperti lagu no copyright lainnya, genre yang ada di Majestic Casual lebih kalem sehingga cocok untuk sound video yang slow motion.

 

Menciptakan Lagu Sendiri

lagu no copyright
lagu bebas hak cipta

Anda juga bisa menciptakan lagu sendiri bila dirasa mencomot lagu no copyright kurang memuaskan. Untuk membuatnya, berikut referensi atau inspirasi yang bisa Anda lakukan

  • Youtube Audio Library. Coba saja kunjungi Youtube Audio Library yang menyediakan music dan berbagai efek yang banyak macamnya. Padupadankan dengan konten video yang sedang Anda buat, dan Anda bisa menghasilkan music latar sendiri.

 

  • Music dari Aplikasi Editing. Aplikasi editing biasanya menyediakan berbagai macam efek suara dan music yang bisa digunakan sebagai music latar sebuah konten. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menghasilkan music baru.

 

  • Membuat Audio Sendiri Menggunakan Software. Bagi Anda yang suka membuat music, gunakan berbagai software berikut ini untuk membuat music sendiri, seperti Adobe Audition, Reaper, Audacity dan FL Studio. Tak hanya dapat menggunakan lagu karya sendiri, Anda juga bisa berkarier sebagai artis yang menyediakan Lagu bebas hak cipta

 

Baca juga: Inilah 5 Kegunaan VPN yang Perlu Anda Ketahui

Lagu No Copyright menjadi solusi bagi para creator video untuk menggunakan sound yang bebas dari hak cipta. Sebagai youtuber, sahabat Qwords cukup mencantumkan sumber untuk menggunakan sounds tersebut di deskripsi.

Jangan lupa gunakan juga VPN Murah dari DiegoVPN untuk membantu menstabilkan koneksi ketika mendownload lagu no copyright dalam jumlah besar. Penggunaan akses VPN selain mampu mempercepat proses download juga bisa meminimalisir resiko kebocoran data pribadi pengguna akibat mengakses situs-situs yang menyediakan file download.

Demikian pembahasa pada kesempatan kali ini, tinggalkan jejak dikolom komentar jika ada pertanyaan serta klik bagikan jika artikel ini dirasa bermanfaat.

Sampai jumpa.

2 Replies to “Tempat Download Lagu No Copyright Untuk Kebutuhan Promo

  1. salam tuan, bagaimana nak download lagu2 bukan copyright dengan jumlah beribu2 lagu ke dalam folder atau sebagainya bagi tujuan facebook tidak halang untuk dimainkan lagu2 tersebut, terima kasih.

    1. Harus download manual satu-satu, sampai saat ini belum menemukan yang bisa download secara paket.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *