Mengetahui Informasi Penting Seputar Komunikasi Data

3 min read

Mengetahui Informasi Penting Seputar Komunikasi Data

Istilah yang sangat penting untuk diketahui semua orang salah satunya yakni tentang komunikasi data, karena istilah tersebut sebenarnya populer di kehidupan era kini. Semua orang secara umum tentu lebih memahami tentang definisi komunikasi secara umum. Berbeda jika kata komunikasi tersebut ditambahkan data setelahnya sehingga definisinya berubah.

Pengertian tentang komunikasi data sebenarnya sangat cocok jika dikaitkan dengan segala aktivitas para pengguna teknologi modern di masa kini. Karena dalam proses komunikasi, berbeda dengan yang terjadi pada umumnya secara sederhana. Terdapat beberapa tahap dan media yang cukup kompleks agar proses komunikasi dapat berjalan dan diterima dengan baik.

Pengertian Komunikasi Data

Banyak sekali aspek yang berkaitan dengan proses berlangsungnya komunikasi data antara lain, yakni sistem pengiriman dan penerimaan data, karakteristik atau ciri, serta komponennya. Namun, ada tiga hal yang dijadikan sebagai aspek paling penting yakni komponen, standard, serta karakteristik untuk melihat terjadinya proses komunikasi tersebut.

Sebelum mengetahui berbagai aspek tersebut secara detail, Anda perlu mengetahui pengertian komunikasi data terlebih dahulu. Pengertian secara umum yang dapat dipahami adalah suatu proses pengiriman sekaligus penerimaan suatu data dan informasi melalui dua atau lebih perangkat. Di sini perangkat yang dimaksudkan adalah komputer atau media elektronik lainnya.

Baca juga: Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Secara mendasar, proses komunikasi data melibatkan dua titik penting yang menjadi pusat dari pengiriman data sekaligus informasi. Proses ini dapat terjadi jika ada media penyalur atau saluran transmisi melalui peralatan tertentu seperti kabel, jaringan, dan sebagainya. Di antara dua titik tersebut masing-masing memiliki kode biner yang tersistem lewat saluran.

 

5 Komponen Komunikasi Data

Aspek yang paling penting salah satunya yakni komponen komunikasi data yang harus ada dalam proses pengiriman atau penerimaan. Jika salah satu komponen tidak ada maka kedua proses tersebut otomatis tidak dapat dilakukan. Berikut ada 5 komponen dasar yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan sistem komunikasi data.

1. Sumber Data

Komponen pertama yakni sumber data, yakni tempat utama di mana kumpulan data sekaligus informasi dapat dimunculkan kemudian dikirimkan. Sumber juga bisa diartikan sebagai sumber asal dari suatu perangkat yang berfungsi untuk menginput data serta mengirimkannya ke tujuan penerima data.

Perangkat sebagai sumber memiliki bentuk yang sangat beragam, antara lain seperti kumpulan teks yang terdiri dari tulisan, gambar, maupun video. Semua data sekaligus informasi tersebut tersistem dalam satu kesatuan kemudian masuk pada sistem komputer.

Selain komputer, ada beberapa perangkat yang dijadikan sebagai sumber, antara lain seperti fax, telepon, PC, telegan, dan sebagainya. Setiap sumber ini nantinya dapat menghasilkan suatu gelompang elektromagnetik untuk mengirimkan data.

2. Transmitter

Elemen penting selanjutnya yakni transmitter yang fungsinya untuk memproses beragam informasi data sebelum dikirimkan lewat media tertentu. Bentuk asli data sebenarnya berupa kode biner yang hanya diketahui para ahli saja. Untuk mengolah data tersebut agar menjadi sebuah file teks memerlukan media yang disebut transmitter.

Transmitter ini membangkitkan kumpulan data terlebih dahulu kemudian mengolah dan memprosesnya sedemikian rupa. Setelah data tersebut diolah menjadi kategori teks tertentu maka akan diubah dan dikirimkan melalui perangkat lain dengan bentuk sinyal analog. Kemudian dikirimkan dan disalurkan kepada perangkat sebagai penerima data.

Salah satu contoh dari transmitter seperti modem, yang fungsinya mengirimkan digital bit stream dari satu perangkat ke perangkat lain. Proses penyaluran tersebut dikirimkan lewat sinyal analog dari jaringan telepon.

3. Media Pengiriman atau Sistem Transmisi

Selain transmitter, ada juga yang disebut sebagai sisem transmisi yakni media yang fungsinya membawa sinyal dari sumber transmitter menuju penerima. Tugas sistem transmisi secara khusus yakni mengirimkan data sekaligus informasi ke sumber penerima.

Bentuk dari sistem transmisi seperti sebuah jalur yang sangat beragam, ada yang tunggal dan ada juga yang cukup kompleks. Jalur tunggal hanya perlu melewati satu jaringan, sedangkan lewat jalur kompleks memerkulan beberapa rangkaian sistem tertentu. Ada beberapa contoh sistem transmisi, yakni copper media, wireless media, dan optical media.

4. Penerima

Komponen penting selanjutnya adalah perangkat yang dimiliki oleh penerima data atau informasi. Perankat tersebut berfungsi untuk menerima sinyal yang telah dikirimkan oleh sistem transmisi. Proses penerimaan tidak dilakukan secara langsung karena melalui tahap seperti saat proses transmitter sedang bekerja, contohnya yakni workstation.

5. Pengirim dan Tujuan

Penerima sebenarnya tidak dapat menerima data tersebut secara langsung karena data masih perlu diubah ke bentuk sediakala. Data terlebih dahulu diproses ulang sama seperti pada kinerja transmitter. Setelah data dapat dikembalikan bentuk awalnya seperti sebelum dikirimkan pada tahap awal, barulah data utuh bisa diterima dalam bentuk teks.

Standard Komunikasi Data

Aspek lainnya dalam komunikasi data yang sangat penting adalah beragam standard yang ada di dalamnya. Ada beberapa standard umum atau protokol yang selalu ada dalam proses komunikasi yang terjadi antar perangkat.

Standar komunikasi data dikenal sebagai serangkaian protokol atau aturan yang memberikan izin bagi antar perangkat untuk melakukan perpindahan data. Hal utama yang ada pada protokol yakni penerapan standard teknis agar komunikasi real-time dapat dilakukan. Dari protokol inilah semua hubungan komunikasi ditentukan untuk berjalan dan berlangsung ataukah tidak.

Protokol tersebut juga berkaitan dengan materi komunikasi data yang sangat bervariasi sesuai dengan tujuan penggunaan. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan fungsi dari protokol.

  1. Mendeteksi berbagai koneksi perangkat secara fisik.
  2. Melakukan negosiasi tentang beragam karakteristik hubungan dalam proses komunikasi data.
  3. Melihat dan menentukan tentang yang harusnya dilakukan ketika terdapat kerusahkan pada pesan.
  4. Melakukan deteksi berbagai kerugian dalam hubungan antar jaringan sekaligus menghasilkan solusi untuk selanjutnya dilakukan.
  5. Menentukan bagaimana sebuah format pesan yang tepat untuk digunakan.
  6. Melakukan suatu metode yang disebut jabat tangan dalam sebuah komunikasi jaringan.
  7. Mengakhiri adanya koneksi antar jaringan.

Selain dari protokol di atas, berlangsungnya sebuah komunikasi yang dilakukan antar jaringan juga mempengaruhi adanya model komunikasi data. Ragam komunikasi tersebut muncul karena beberapa tipe atau channel dari sistem transmisi yang berbeda.

Beberapa model komunikasi data yang sering terjadi dan lebih utama dilakukan yakni one way transmission atau dikenal sebagai transmisi searah atau simplex. Kemudian either way transmission atau half duplex yang dikenal transmisi dua arah secara bergantian. Terakhir yakni both way transmission atau full duplex, yakni transmisi dilakukan secara serentak dua arah.

 

Penutup

Seluruh informasi mengenai komunikasi data di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menganalisis suatu proses komunikasi antar perangkat yang kini selalu dilakukan. Mengingat terjadinya komunikasi tersebut selalu ada di setiap waktu dalam berbagai kehidupan manusia. Kini komunikasi yang terjadi juga semakin kompleks dengan cakupan jaringan yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan terkait komunikasi data yang perlu Anda ketahui, jangan lupa klik bagikan atau tinggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan, kritik, maupun saran yang ingin disampaikan. Sementara jika saat ini Anda sedang mencari layanan VPS Indonesia murah, maka salah satu opsi yang bisa Anda coba adalah paket VPS D dari Qwords.com yang sudah mendukung teknlogi Litespeed API serta Ultrafast SSD guna menunjang akses penyimpanan data terkini.

2 Replies to “Mengetahui Informasi Penting Seputar Komunikasi Data”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *