Perbedaan Komputer Kuantum dengan Komputer Biasa

2 min read

komputer kuantum

Komputer canggih yang telah diciptakan untuk memproses daya besar ternyata belum memuaskan niatan kita untuk mendapat kapasitas dan kecepatan komputasi yang terus berkembang sejauh ini. Namun melihat sejarah yang amat panjang membuat kita sulit mempercapai apa saja yang telah kita lakukan. Munculnya komputer kuantum adalah salah satu produk besar tersebut.

Ya, langkah terbaik dan logis untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang meningkat adalah menciptakan komputer modern kuantum.

Perangkat ini sangat canggih karena mampu memberdayakan kekuatan atom dan molekul untuk tugas pemrosesan data dan juga memory. Perangkat canggih ini mempunyai potensi untuk perhitungan lebih cepat dibanding komputer basis silikon manapun.

Apa Itu Komputer Kuantum?

komputer kuantum
komputer kuantum

Mesin Turing yang telah dikembangkan Alan Turing tahun 1930-an merupakan perangkat teoritis yang didalamnya terdapat pita rekaman dengan panjang yang tidak terbatas. Dimana pita tersebut terbagi menjadi kotak kecil.

Setiap kotak persegi dapat mempunyai simbol 1 atau 0 atau dibiarkan kosong. Perangkat baca tulis tersebut membaca simbol dan kekosongan yang memberikan mesin instruksi untuk program.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Tentang Arsitektur Komputer

Nah, untuk mesin turing kuantum sendiri, perbedaan mendasarnya adalah dibagian pita rekaman yang dimilikinya. Dimana pita tersebut ada didalam kondisi kuantum. Ini sama halnya dengan kepala perangkat baca tulis didalamnya.

Artinya simbol didalam pita itu berupa 0 dan 1 atau bisa juga superposisi 0 dan 1. Dengan kata lain, simbol yang ada didalamnya memang hanya 0 dan 1 atau kosong begitu saja.

Ini tentu berbeda dengan komputer biasa yang bisa melakukan satu perhitungan sekaligus. Untuk mesin kuantum, perhitungan didalamnya bisa melakukan beberapa langkah langsung.

Nah, komputer yang ada seperti sekarang ini sama dengan mesin turing tersebut. Bisa bekerja dengan melakukan manipulasi bit yang  ada dari dua keadaan tersebut.

Komputer kuantum tidak ada batas untuk dua keadaan. Komputer modern ini melakukan langkah pengkodean   informasi untuk quantum bits ataupun qubit. Qubit biasanya ditemukan di superposisi. Qubit sendiri mewakili ion, foton, atom atau elektron serta perangkat kontrol yang bekerja sebagai memori komputer dan juga prosessor.

Hal seperti ini wajar karena komputer modern ini bisa menampung banyak sekali keadaan dan juga perhitungan secara bersamaan dalam satu waktu. Komputer modern ini berpotensi memiliki kekuatan yang lebih kuat dibanding superkomputer yang sudah ada saat ini. Spesifikasi komputer kuantum seperti itu yang membuat komputer modern ini benar-benar diluar akal manusia.

Bedanya Dengan Komputer Biasa?

komputer kuantum adalah
komputer kuantum adalah

Google dan perusahaan teknologi besar lain berlomba untuk menyempurnakan komputer modern. Perusahaan tersebut yakin jika masa depan superkomputer akan beralih ke komputer lain yang mempunyai kecepatan sangat tinggi didalamnya.

Lantas, apa berbedaan komputer biasa dengan komputer berkecepatan sangat tinggi tersebut?

Kita mulai dari unit terkecil komputer adalah bits yang didalamnya ada dua kondisi, yakni 0 dan 1. Kombinasi tersebut kemudian dieskalasi sehingga bisa memproses banyak data. Untuk memproses data sampai muncul hasil yang diharapkan, prosesor memakai metode logic rate.

Untuk melakukan komputasi, transistor memerlukan listrik yang menimbulkan panas karena ada hambatan didalamnya.

Masalah yang muncul berikutnya adalah chipset yang semakin mengecil yang menyebabkan elektron bisa lolos dari logic gate yang menimbulkan ketidakpresisian data atau salah data. Disinilah, komputer kuantum mengambil alih.

Metode dasar pemrosesan tersebut adalah quantum mechanic. Komputer tercanggih tersebut juga mempunyai dua state, 1 dan 0. Hanya saja, nilainya tergantung dari kita melihatnya.

Quibits tersebut bisa dilihat menjadi banyak dimensi, sebut saja seperti putaran gaya magnetik hingga foton. Perbedaan mendasar antara bits dan quibits adalah kekuatan pemrosesnya.

Jika 4 bits hanya bisa menghasilkan satu dari 16 probolitas saja. Namun untuk 4 quibits mempunyai hasil dari 16 probabilitas sekaligus.

Fungsi Komputer Kuantum?

fungsi komputer kuantum
fungsi komputer kuantum

Fungsi komputer modern ini sangat kompleks dan rumit karena didalamnya ada molekul atom yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Fungsi utama komputer ini adalah untuk melihat secara menyeluruh apa sebenarnya bentuk dan juga pergerakan atom didalam teknologi itu sendiri. Bukan hanya itu, fungsinya juga bisa untuk memahami dengan jelas seputar galaksi dan juga alam semesta itu.

Komputer ini juga berfungsi untuk mempermudah penciptaan energi fusi nuklir yang aman dan dahsyat yang nantinya akan digunakan. Komputer kuantum juga berfungsi untuk memprediksi cuaca secara akurat hingga berbulan-bulan lamanya.

Karena alasan inilah, komputer ini banyak ditemui di pusat atau badan meteorologi dan geofisika di seluruh dunia.

Baca juga: Macam-Macam Sistem Operasi Komputer yang Perlu Diketahui

Itulah informasi mengenai komputer canggih yang mempunyai kecepatan luar biasa ini. Biasanya komputer ini memang jarang dipakai untuk satuan atau individu. Mengingat, harga komputer kuantum sendiri juga sangat mahal.

Namun, dengan adanya komputer ini kita yakin bahwa perkembangan teknologi akan terus berjalan tanpa adanya batasan waktu. Jadi, sudah siap untuk mengikuti perkembangan tersebut?

Sebagai provider kebutuhan bisnis online Anda, Qwords.com saat ini juga turut berkembang untuk mengakomodir permintaan konsumen.

Salah satu produk terbaru yang belum lama ini diluncurkan adalah layanan MailToGo, sebuah tools email marketing Indonesia yang dilengkapi dengan berbagai fitur handal.

Dengan biaya berlangganan mulai dari Rp66 ribu perbulan, MailToGo mampu menawarkan akses penyimpanan kontak unlimited yang didukung oleh beragam pilihan template, dan fitur analytics. Bagaimana menurut Anda? Sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *