Kombinasi Font Terbaik yang Patut Anda Coba

3 min read

Kombinasi Font Terbaik yang Patut Anda Coba

Tahukah Anda kalau ada lebih dari 500 ribu font yang dapat Anda gunakan di luar sana? Kabar baiknya, Anda tak akan kehabisan pilihan dan gampang menemukan font yang sesuai dengan tipe dan karakteristik desain Anda. Namun di sisi lain, opsi yang melimpah juga bisa membuat Anda bingung dan kesulitan memilih kombinasi font yang pas.

Tapi tak perlu khawatir. Di artikel ini, Anda akan mengetahui lebih dalam mengapa kombinasi font sangat krusial untuk desain Anda. Selain itu, Anda juga akan mempelajari beberapa contoh font pairings yang banyak digunakan oleh desainer, serta mengetahui referensi website terbaik untuk mencari inspirasi perpaduan font yang pas.

Kombinasi Font Terbaik yang Patut Anda Coba

Pentingnya Kombinasi Font yang Tepat

Jika Anda sedang mengerjakan proyek desain, tak ada salahnya untuk mengecek kembali apakah seluruh font yang Anda pilih dapat bekerja dengan baik satu sama lain. Lalu mengapa hal tersebut sangat penting? Mari simak ulasan berikut:

  • Memudahkan Pembaca Memahami Tulisan

Jika font yang Anda gunakan memiliki bentuk/karakteristik yang sama, hal ini dapat menyulitkan pembaca memahami tulisan Anda. Misalnya, pembaca akan kesulitan membedakan mana judul, sub judul, dan isi dari konten Anda.

  • Membuat Desain Anda Lebih Menarik

Perpaduan font yang tidak tepat membuat desain Anda kurang enak dipandang, yang pada akhirnya menjadikan pembaca enggan membaca tulisan Anda. 

  • Mempengaruhi Kesesuaian Emosi dan Pesan

Tak diragukan, font juga dapat mempengaruhi emosi pembaca. Sebagai contoh, Anda membuat desain berisi pesan belasungkawa untuk korban bencana alam. Nah, kalau Anda memilih kombinasi ornamental atau happy fonts tentu akan menciptakan emosi yang tidak sesuai. Dan akibatnya, pesan Anda tidak tersampaikan dengan baik.

Baca Juga: Rekomendasi Situs Terbaik untuk Download Font Keren Gratis

Contoh Kombinasi Font Terbaik

Untuk lebih memudahkan Anda memahami mana kombinasi font yang pas dan tidak, berikut beberapa contoh font pairings terbaik yang banyak digunakan desainer.  

Kombinasi Font Terbaik untuk CV/Resume

Tahukan Anda jika perekrut hanya mempunyai waktu 6 detik untuk meninjau CV/resume Anda. Dalam waktu yang singkat tersebut, desain (termasuk font) membantu Anda menunjukan profesionalitas dan keunikan Anda, serta meyakinkan perekrut untuk memahami konten CV/resume secara lebih dalam. Adapun contoh pairings terbaik adalah Julius Sans One, Archivo Narrow, dan Source Sans Pro.Kombinasi Font Resume CV

Kombinasi Font Terbaik untuk Undangan Acara Pernikahan

Anda sedang mencari font untuk membuat undangan acara pernikahan? Tenang, ada banyak pilihan kombinasi yang bisa Anda gunakan—seperti Vidaloka dan Lato, Pinyon Script dan Forum, Mr. Dafoe dan Anonymous Pro, serta Playfair Display dan Montserrat.   

Kombinasi Font Terbaik untuk Sampul Laporan 

Desain sampul laporan biasanya didominasi oleh font dengan bentuk sederhana, formal, dan mudah dibaca. Salah satu contohnya adalah kombinasi antara Cooper Hewitt Thin dan Aileron Thin.   

Kombinasi Font Terbaik untuk Website

Bagi sebuah website, pilihan font akan mempengaruhi conversion rate serta menentukan baik atau buruknya keseluruhan tampilannya. Jangan khawatir, Anda juga memiliki banyak opsi—mulai dari Open Sans dan Roboto, Abril Fatface dan Poppins Light, Playfair Display dan Montserrat, hingga Roboto Condensed Bold dan Cabin regular. Contoh Kombinasi Font Website Terbaik

Kombinasi Font Terbaik untuk Buku/Ebook

Tak ketinggalan, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih perpaduan font untuk buku ataupun ebook. Ada banyak kombinasi yang bisa Anda gunakan—yang diantaranya yakni Sabon dan Humanst521 Lt EU, ITC Baskerville dan Shopfront, serta Garamond Premier Pro dan Steelfish.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Jenis Font Dengan Mudah dan Cepat

Temukan Kombinasi Font Terbaik dengan Bantuan Website Berikut

Masih belum menemukan font pairings yang Anda inginkan? Tenang, situs-situs berikut menyediakan referensi yang sangat lengkap untuk Anda.      

1. Google Font

Selain menyediakan font gratis yang melimpah, situs Google font juga dilengkapi dengan menu pairings—yang memberikan rekomendasi font terpopuler untuk dipadukan dengan font pilihan Anda. Yang spesial, Anda juga bisa dengan mudah mengatur style dari font Anda hanya dengan sekali klik.

2. Canva

Canva menawarkan font combination generator—sebuah online tool yang memudahkan Anda menemukan font pairings hanya dengan mengklik nama font yang Anda inginkan. Menariknya, Anda bisa mengedit teks secara langsung serta melihat contoh penggunaan kombinasi font tersebut dalam produk desain grafis. Canva Font Combination Generator

3. Font Pair

Font Pair hadir dengan tombol search, menu Featured Pairs dan Popular Fonts, hingga fitur filter berdasarkan typeface—sehingga Anda dapat menemukan pilihan font dengan cepat. Nah, seluruh opsi dalam situs ini juga termasuk Google fonts dan dapat diunduh secara gratis.     

4. Font Joy

Berbeda dengan situs lainnya, Font Joy memiliki generator yang memungkinkan Anda mencari font berdasarkan kontrasnya. Jika Anda kurang puas dengan rekomendasi generator, Anda juga akan diberikan pilihan font alternatif yang didasarkan kepada kemiripannya dengan opsi font sebelumnya.          

5. Mixfont

Mixfont menawarkan lebih dari 600 ribu font pairings untuk Anda pilih. Nah, Anda bisa mencari kombinasi tersebut menggunakan dua cara—yakni dengan memanfaatkan modern generator atau melalui menu top pairings. Tak kalah menarik, situs ini juga menyediakan tombol embed, sehingga Anda tak akan kesulitan menerapkan kombinasi tersebut ke website Anda.     

6. Font Packs

Tak ketinggalan, Adobe juga menyediakan font packs yang berisi rekomendasi kumpulan font berdasarkan tema tertentu—seperti science, retro, summer, hingga travel. Uniknya, beberapa packs juga dilengkapi dengan Adobe Stock Template yang memuat kumpulan contoh desain grafis untuk menginspirasi Anda.    

Nah, itu dia beberapa website yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan referensi font pairings terbaik. Jika keenam pilihan tadi belum cukup, Anda juga bisa mempertimbangkan situs-situs seperti Typespiration, Typ.io, dan Typotheque.

Selanjutnya, mari temukan tips dan tutorial menarik lainnya di blog Qwords.com. Anda juga bisa berlangganan newsletter untuk memperoleh update informasi terkini mengenai domain, bisnis online, web development, dan topik-topik ngetop lainnya. Tak lupa, Anda juga bisa mendapatkan promo hosting murah, hosting WordPress, dan banyak penawaran menarik yang tak boleh dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *