Riset keyword merupakan hal yang sangat penting terutama bagi kamu yang berprofesi sebagai jasa SEO, YouTuber, Blogger, Content Creator dan semacamnya. Dengan melakukan riset keyword yang tepat, tak hanya mempermudah dalam hal pembuatan konten, tapi juga dapat membuat website atau blog kamu berada di halaman pertama mesin pencari.

Maka tak heran jika saat ini telah banyak keyword tool atau alat bantu untuk riset keyword yang sesuai. Beberapa di antaranya ada yang berbayar, tapi ada pula yang gratis. Tentu yang berbayar memiliki lebih banyak fitur menarik daripada yang gratisan. Kamu bisa pilih menggunakan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mu.

Daftar Keyword Tool

keyword tool
keyword tool

Ada banyak alat yang dapat membantumu dalam riset keyword. Semuanya memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing. Jika kamu masih bingung mencari mana yang sekiranya terbaik dan paling sering digunakan, maka daftar alat bantu riset keyword di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Berikut penjelasannya!

1. Keywordtool.io

Keywordtool.io
Keywordtool.io

Alat bantu riset keyword satu ini sepertinya paling banyak digunakan. Terutama jika kamu sedang mencari long tail keyword untuk keperluan SEO. Long tail keyword sendiri sangat dibutuhkan karena mempunyai tingkat persaingan yang cukup rendah. Hal ini tentu saja sangat mungkin membuat web kamu berada pada ranking tertinggi mesin pencari.

Keywordtool.io tak hanya digunakan untuk riset kata kunci Google, tapi kamu juga bisa memakainya untuk riset kata kunci YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lainnya. Bahkan di sini pun ada opsi bahasa dan juga lokasi yang akan memudahkanmu. Pada setiap satu entry keyword, kamu akan diberikan rekomendasi lebih dari 750 long tail keyword. Sangat menarik, bukan?

2. Wordtracker

Wordtracker
Wordtracker

Ada Wordtracker di pilihan kedua. Keyword tool yang satu ini direkomendasikan karena tak hanya menjadi SEO tools saja, tapi juga merangkap juga sebagai market research tool. Saat menggunakannya, kamu tak hanya akan mendapatkan keyword untuk SEO, tapi juga keyword iklan yang berbasis PPC (Pay Per Click).

Dengan segala kelebihannya seperti pencarian keyword sekunder atau related keyword, pencarian keyword dengan konotasi negatif, akses keyword asli, dan sebagainya, Wordtracker bisa dibilang melebihi Google Keyword Planner. Kamu akan mendapatkan 10.000 lebih rekomendasi kata keyword untuk setiap entry yang kamu masukkan.

Wordtracker juga tak hanya menjadi alat bantu untuk riset keyword Google saja, tapi ia juga bisa menjadi keyword tool youtube, eBay, dan juga Amazon. Bahkan ada kolom khusus yang bisa kamu pakai untuk menyimpan keyword yang telah diriset.

Baca juga : Begini Cara Riset Keyword Yang Benar

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner
Google Keyword Planner

Alat bantu riset keyword selanjutnya dirilis oleh Google dan termasuk paling sering juga digunakan, yaitu Keyword Planner. Tool ini dapat memudahkan seseorang saat harus riset kata kunci untuk beriklan di Google AdWords.

Ada banyak keunggulan Google adwords keyword tool ini, yaitu tak hanya bisa digunakan untuk keperluan AdWords saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk keperluan riset keyword yang lainnya. Selain itu juga gratis digunakan sehingga kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukan riset keyword. Keyword Planner banyak dipilih karena hubungannya dengan Google sangat erat. Kemungkinan mendapatkan keyword yang tepat pun semakin besar.

4. Ubersuggest

Keywordtool.io
Keywordtool.io

Keyword tool selanjutnya dalam daftar ini adalah Ubersuggest. Di sini kamu tak hanya mendapatkan fitur pencarian kata kunci saja, tapi ada beberapa fitur lainnya yang menarik dari tool satu ini. Misalnya, seperti laporan efektivitas SEO dari per halaman, overview performa domain, rekomendasi keyword, ide-ide konten dan sebagainya.

User interface yang diberikan oleh Ubersuggest ini pun terbilang ramah dan sangat intuitif, di mana kamu hanya memerlukan waktu yang sangat singkat untuk bisa memahaminya dengan baik. Kamu takkan merasa kesulitan sama sekali ketika menggunakannya.

5. Google

Google
Google

Google adalah keyword tool gratis lainnya yang bisa kamu coba, tentu saja adalah Google. Dibanding yang lainnya, Google cukup mudah digunakan karena memang sudah menjadi teman kita sehari-hari dalam mencari berbagai informasi. Katakanlah, kamu tak perlu melakukan registrasi, kamu tak perlu membayar dan kamu tak perlu merasa pusing untuk memahaminya. Namun, untuk menggunakannya memang harus pada mode incognito atau guest window.

Dengan kedua mode tersebutlah Google akan membantumu dalam menemukan long tail keyword yang tepat dan juga akurat. Beda halnya jika kamu memakai mode biasa, maka nantinya kata kunci yang tampil justru akan terpengaruh dengan riwayat pencarian yang mana membuat hasilnya jadi tak akurat.

Jadi, itulah daftar keyword tool terbaik  yang bisa kamu gunakan. Kamu tak perlu bingung mencari tahu cara penggunaan dari masing-masing alat, karena saat ini informasi tersebut sudah bisa ditemukan dengan mudah di internet. Bagaimana, tertarik menggunakannya?

Setelah mendapatkan keyword, Anda bisa memaksimalkannya salah satunya dengan post konten pada website. Nah untuk Anda yang saat ini yang belum memiliki website kami memiliki rekomendasi Cloud Hosting Murah dari Qwords. Tunggu apalagi memiliki hosting untuk websitemu sekarang juga.

Terima kasih

2 Replies to “Daftar 5 Keyword Tool Gratis Terbaik yang Bisa Kamu Gunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *