Blogger adalah salah satu hobi yang bisa bertranformasi menjadi sebuah profesi. Kegiatan yang didominasi oleh aktivitas pembuatan artikel ini tidak hanya bisa mendatangkan banyak rejeki, tapi juga mampu memberikan segudang manfaat yang bisa dinikmati oleh para orang tua maupun anak muda masa kini.

Kendati demikian, sayangnya di Indonesia status sebagai blogger masih kurang banyak yang menekuni. Entah karena minimnya edukasi, maupun karena paradigma sosial yang memandang blogger sebagai aktivitas yang kurang layak digeluti.

Baca juga: Hobi Ngeblog? Inilah Sejarah Blog dan Perkembangannya

Nah, untuk memberikan gambaran dan motivasi, berikut sudah kami rangkum 7 keuntungan menjadi seorang blogger yang bisa membantu dalam menunjang pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari.

 

Keren dan Bisa Menghasikan Uang, Ini 7 Keuntungan Menjadi Blogger

 

keuntungan menjadi blogger
keuntungan menjadi blogger

1.Meningkatkan Kebiasaan Membaca

 

Banyak membaca adalah kunci untuk membuka cakrawala pengetahuan di dunia. Namun, sayangnya masyarakat Indonesia tergolong dalam kualifikasi yang rendah untuk minat membaca, baik dari generasi mudah maupun generasi tua.

Dengan menekuni hobi dan aktivitas sebagai blogger, kita otomatis didorong untuk banyak membaca literatur mauun referensi dari orang lain, sehingga lambat laun akan terbentuk pola kebiasaan membaca yang jauh lebih tinggi dibandingkan orang-orang pada umumnya.

Menariknya, membaca juga banyak memberikan dampak positif bagi kepribadian seseorang, jadi sangat bermanfaat dan layak untuk dijadikan sebagai kebiasaan.

 

2. Update Soal Perkembangan Teknologi

 

Sisi terbaik dari ngeblog yang langsung bisa dirasakan adalah lebih tau soal perkembangan teknologi. Ya, selain wartawan blogger bisa dibilang sebagai seseorang yang paling responsif terhadap perkembangan isu di ranah digital, apalagi jika kita memiliki blog dengan konten gadget atau teknologi, pastinya kita tidak akan gaptek karena sudah terbiasa menggunakan teknologi kekinian seperti Google Drive, Email, Cloud Storage, Virtual Private Network,ataupun aplikasi-aplikasi populer lain di app store.

Kemampuan untuk menggunakan teknologi ini bisa dibanggakan, karena kita bisa lebih mudah dalam melakukan pekerjaan kantor maupun aktivitas harian dibandingkan orang yang tidak paham akan teknologi.

 

3. Mengasah Skill Menulis

mengasah skill menulis
mengasah skill menulis

Menulis merupakan kemampuan basic yang harus dimiliki oleh semua orang. Skill yang satu ini bakal dibutuhkan mulai dari saat masih duduk di bangku sekolah, kuliah, atau bahkan dalam dunia pekerjaan. Bisa dipastikan kita akan selalu bersinggungan dengan aktivits menulis, suka atau tidak suka.

Jika sahabat Qwords sudah terbiasa mengelola blog maka kegiatan menulis pastinya tidak akan begitu mengganggu. Malah, kemampuan menulis justru akan menjadi semakin baik karena sering dilatih dalam bentuk artikel atau postingan.

 

4. Memiliki Koneksi Pertemanan yang Luas

 

Berapa banyak teman di dunia nyata yang memiliki hobi yang sama dengan kita? Ya, rata-rata jumlahnya bisa dihitung dengan jari karena keterbatasan waktu dan jarak. Dengan menjadi seorang blogger kita bisa menjain pertemanan satu frekuensi yang lebih banyak karena kita bisa ditemukan dengan mudah melalui internet lewat tulisan-tulisan yang kita publikasikan.

Yang paling penting, di komunitas blogger itu tidak ada istilah junior atau senior. Pasalnya, semua memiliki peluan yang sama untuk mencuat sebagai idola berkat pemilihan diksi serta gaya bahasa yang disampaikan leat tulisan di dunia maya. Bagaimana, Anda tertaraik untuk mencobanya?

 

5. Dapat Menambah Penghasilan (Uang dan Barang Endorsment)

 

Siapa bilang blogger hanya hobi yang menghabiskan uang, di era perkembangan online marketing seperti saat ini blogger bahkan bisa menjadi jutawan dadakan dari bisnis endorsment maupun pemasangan iklan yang tampil di blog. Jika tidak percaya, kalian bisa cek beberapa cerita di tahun 2014 dimana ada seorang tukang angon bebek asal Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan ratusan juta dari Google Adsense setiap bulan. Ingat! Setiap bulan!

Hobi menulis di blog juga bisa mengantarkan kita ke beberapa profesi kekinian seperti SEO Cntent writer, UX Writer, Copywriter, dan juga Scriptwriter sebagaimana yang dilakukan oleh Raditya Dika. Jadi, jangan anggap remeh seseorang yang memilih jalan sebagai seorang full-time blogger karena nilai tawar mereka tidak kalah dari pekerja kantoran.

 

6. Jadi Lebih Terkenal

 

Tidak hanya berpeluang untuk terkenal, bahkan kita juga bisa punya banyak fans digital yang sering komen atau mengajak foto ketika ketemu di mall. Keuntungan jadi blogger juga tidak harus cantik dan rupawan karena audiens akan lebih fokus kepada karya dan value yang disajikan.

Baca juga: 5 Tips Memenangkan Lomba Blog

7. Mengasah Kemampuan Marketing

kemampuan marketing
kemampuan marketing

Di sadari atau tidak, seorang blogger tak ubahnya seperti sales yang rajin mengajak orang lain untuk berbincang. Bedanya, produk yang kita tawarkan adalah artikel postingan dan kita mengajak mereka untuk meng-klik tautan.

Teknik atau ilmu marketing yang biasa digunakan adalah kemampuan mengolah judul postingan supaya diklik banyak orang. Caranya bisa dengan memancing rasa penasaran, membuat kontroversi keributan, hingga memberikan solusi yang para pembaca inginkan.

Seiring waktu berjalan, ilmu pemasaran seorang blogger akan diuji ketika harus mengajak pembca untuk membeli produk atau sekadar meninggalkan komentar. Jadi, Anda harus bangga karena banyak keuntungan dan manfaat sebagai blogger yang tidak bisa didapatkan dalam pelajaran marketing sekalipun.

Nah, dengan banyaknya blog-blog di internet, otomatis persaingan untuk sebuah blog agar bisa menarik perhatian khalayak maya menjadi lebih ketat.

Lalu, bagaimana sih tips membuat konten blog yang kreatif dan menarik perhatian? Klik disini untuk melihat 8 tips membuat konten blog yang kreatif dan menarik dari Teknologi.id.

 

Membuat Blog Profesional dengan Hosting dan Domain dari Qwords.com

 

Demilianlah ulasan terkait tujuh keuntungan jadi blogger yang konsisten. Sebenarnya selain daftar di atas masih ada beberapa poin lagi yang bisa dimasukkan, misalnya seperti membantu hidup lebih disiplin, membiasakan diri menanggapi komentar dari orang lain, hingga menumbuhkan kreatifitas untuk berkembang.

Bagaimana? Apakah tertarik untuk menekuni hobi sebagai blogger? Nah, jika sahabat Qwords sedang berencana membuat website/blog pribadi, jangan lupa untuk beli domain dan hosting murah dari Qwords.com. Untuk performa yang lebih maksimal salah satu rekomendasi paket yang bisa dibeli adalah Business Cloud Hosting seharga mulai dari Rp150 ribu perbulan sudah termasuk gratis domain .COM. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *