10 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

3 min read

10 Kesalahan Blogger Pemula yang sering terjadi

Belakangan ini semakin sering kita temui profesi-profesi baru yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Misalnya seperti, YouTuber, Selebgram, hingga Blogger. Berbagai profesi tersebut awalnya mungkin hanya sebatas hobby, namun lama kelamaan ternyata justru kian digemari karena banyak brand dan agensi yang tertarik untuk mengajak kerjasama dengan imbalan berupa materi.

Untuk profesi blogger sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, baru beberapa tahun belakangan ini naik daun karena ada peluang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, kebiasaan menulis yang dimiliki blogger saat ini juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan multinasional.

Baca juga: Inilah 7 Keuntungan Menjadi Seorang Blogger

Nah, bagi sahabat Qwords yang tertarik untuk menekuni profesi sebagai full-time blogger atau hanya sekedar hobby, kali ini Qwords.com akan membahas kesalahan-kesalahan blogger pemula yang sering terjadi. Penasaran dengan pembahasannya? Berikut selengkapnya.

 

10 Kesalahan Blogger Pemula yang Sering Terjadi

10 Kesalahan Blogger Pemula yang sering terjadi
10 Kesalahan Blogger Pemula yang sering terjadi

1.Blogging For Money

nlogging for money
nlogging for money

Banyak blogger pemula yang menekuni aktivitas blogging hanya untuk mengeja materi. Hal ini memang tidak bisa dibantah karena setiap pribadi pasti memerlukan pemasukan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, sayangnya prinsip blogging for money ini justru menjadi pisau bermata dua bagi para blogger pemula. Pasalnya, tidak banyak blogger yang bisa langsung sukses dalam hitungan hari, perlu proses yang panjang sebelum akhirnya blogger bisa menikmati pemasukan dari iklan maupun produk endorsment yang diberikan oleh brand.

 

2.Tidak Mengoptimalkan Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah salah satu komponen penting yang bisa memudahkan artikel kita terindeks oleh mesin pencari. Sebagai blogger pemula, hal ini tentu sangat penting karena mampu membuat karya kita semakin banyak dibaca. Sayangnya, tidak semua blogger jeli dalam melihat peluang ini sehingga kolom meta deskripsi sering kali dilewati atau tidak dioptimasi.

Bagi para blogger pemula yang menggunakan platform blogspot, Anda bisa mengatur meta deskripsi dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu di menu Setting > Search Prefererences, kemudian di bagian Deskripsi diisi dengan kalimat yang mencerminkan konten website Anda.

Sementara untuk pengguna platform WordPress pengaturan meta deskripsi salah satunya bisa dilakukan melalui plugin Yoast SEO. Jadi, Anda terlebih dahulu harus menginstall plugin ini kedalam website Anda.

 

3.Enggan Bergabung Dengan Komunitas

komunitas
komunitas

Apapun hobby dan profesi Anda, berkomunitas adalah salah satu cara agar bisa mendapatkan banyak koneksi dan update perkembangan informasi, tak terkecuali di dunia blogger. Berkomunitas juga bisa membuka semangat baru dalam menulis blog, karena biasanya sesama anggota akan saling berbagi motivasi.

Ada banyak komunitas blogger yang ada di Indonesia. Contohnya, jika Anda tinggal di Yogyakarta, di sana ada Komunitas Blogger Jogja, sementara di Jakarta ada Komunitas Blogger Jakarta, di Semarang ada Komunitas Gandjel Rel, dan Komunitas Emak Blogger yang anggotanya tersebar di berbagai daerah.

Jangan minder karena menyandang status sebagai blogger pemula, karena di dunia blogger biasanya tidak ada perbeaan status atau kasta antar sesama anggota.

 

4.Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci atau riset keyword berkaitan erat dengan proses optimasi agar blog lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Kendati demikian, riset kata kunci tidak melulu soal mencari visitor, namun juga penting dilakukan agar tulisan Anda lebih terstruktur dan enak dibaca.

Artikel Anda boleh saja berisi catatan harian atau pengalaman pribadi, tetapi sebelum menuliskannya Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan poin-poin menarik yang bisa memperkaya informasi.

 

5.Mengabaikan EYD

EYD atau Ejaan yang Disempurnakan memang tidak wajib digunakan dalam menulis konten blog. Namun, dengan menerapkan kebiasaan gramar nazi atau maniak EYD sejak dari awal Anda akan diuntungkan dimasa yang akan datang ketika Anda membaca kembali karya yang sudah bertahun-tahun diterbitkan.

 

6.Setting Permalink Asal-Asalan

cara mengatur permalink
cara mengatur permalink

Apa itu permalink? Permalink merupakan struktur URL yang ada di belakang nama domain. Penulisan permalink sangat penting karena bisa menarik lebih banyak pengguna dari segi SEO dan tampilan ketika dibagikan ke media sosial.

Tips dari kami, buatlah permalink yang singkat dan mengandung kata kunci atau isi tulisan secara keseluruhan. Panjang permalink yang direkomendasikan berkisar antara 40-65 karakter, namun untuk aturan ini bisa disesuaikan kebutuhan, asal tidak terlalu panjang.

 

7.Tidak Konsisten

Istiqomah adalah salah satu aktivitas yang cukup sulit dijalani. Tidak hanya bagi blogger pemula, tapi juga bagi blogger lama. Ada beragam cara agar mood Anda tetap konsisten, salah satunya dengan memilih nice (topik) artikel yang sesuai passion. Di sisi lain, saya sendiri sampai saat ini masih belum bisa konsisten untuk menekuni profesi sebagai full-time blogger dan lebih memilih menekuni profesi sebagai Content Writer yang aktivitasnya tidak jauh berbeda dari seorang blogger.

Baca juga: 8 Tips Memulai Karir Sebagai Beauty Blogger

 

8.Tidak Mendaftarkan Blog ke Search Console

Kesalahan blogger pemula mengatur Google Search Console
Kesalahan blogger pemula mengatur Google Search Console

Setiap blog baru yang sudah bisa diakses seharusnya wajib didaftarkan ke Google Search Console. Kenapa demikian? Selain mempermudah proses web crawl mesin pencari, Google Search Console juga bakal memudahkan Anda dalam memantau backlink ataupun kata kunci yang masuk.

 

9.Copy Paste

Copy paste tulisan atau materi orang lain menjadi kesalahan blogger yang lumayan sering terjadi. Entah memang karena tidak sengaja atau tidak tahu tentang resiko yang bisa terjadi, tapi jangan sekali-kali sahabat Qwords melakukan hal ini.

Dampak dari konten copy paste sendiri bisa berakibat sulitnya blog terindeks mesin pencari, ddi cap sebagai blogger plagiat, hingga di take down oleh DMCA.

Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menulis berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak apa mengangkat topik yang sudah ada, tapi tulislah sesuai sudut pandang dan gaya bahasa sendiri sehingga hasilnya bisa unik.

 

10.Jarang Melakukan Promosi

share social media
share social media

Saat ini ada banyak strategi promosi yang bisa dilakukan. Mulai dari menggunakan sosial media hingga melalui jaringan pribadi (japri). Cara ini bisa Anda lakukan setelah selesai menulis artikel ataupun ketika ada pertanyaan yang sekiranya relevan dengan postingan.

 

Bikin Blog Professional Lebih Murah Dengan Promo Hosting Gratis Domain

 

Itulah pembahasan terkait 10 kesalahan blogger pemula yang sering terjadi. Dengan membaca artikel ini sahabat Qwords diharapkan bisa lebih aware lagi untuk meminimalisir kesalahan yang sering terjadi sehingga perkembangan blog menjadi lebih optimal.

Terlepas dari itu, bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk membangun blog atau migrasi dari hosting lama, Qwords.com menawarkan paket hosting murah gratis domain .COM yang sangat menarik bagi blogger dengan budget pas-pasan.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *