Bagi mereka yang menjadi admin, tentu sudah merasakan manfaat sistem informasi, terutama saat memasukkan serta menyimpan data. Sistem informasi ini mempunyai karakteristik khusus yang perlu dikenali. Mengapa demikian? Karena karakteristik sistem informasi inilah yang membuatnya berbeda dengan sistem yang lainnya.

Sistem informasi ini sendiri hadir sebagai jawaban untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin saja dibuat oleh manusia dan sering juga dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sistem informasi dan karakteristiknya, bisa Anda perhatikan uraian singkat berikut.

Apa Itu Sistem Informasi?

Apa itu sistem informasi dan karakteristiknya
Apa itu sistem informasi dan karakteristiknya

Mulai dari pengertiannya dulu, jadi yang disebut sebagai sistem informasi ialah suatu sistem yang dipakai untuk memproses informasi dalam ruang lingkup yang luas.

Selain itu, sistem informasi juga bisa berarti kombinasi antara kegiatan seseorang yang memanfaatkan teknologi informasi agar bisa mendukung operasional dan manajemen.

Sistem informasi juga bisa dijelaskan sebagai sistem yang sudah sering dimanfaatkan dan berdasarkan pada data, teknologi, proses, algoritma dan juga manusia. Namun, jika melihat pada kata-katanya, maka sistem informasi ini terdiri atas 2 kata, yakni sistem dan informasi.

Sistem itu sendiri berarti kumpulan unsur atau komponen yang saling terkait guna mencapai tujuan tertentu sehingga bisa dikatakan bahwa sistem ini menghasilkan output.

Sementara untuk informasi, berarti kumpulan data yang telah diolah sehingga menjadi lebih mudah dipahami.

Baca juga: Mengenal Sistem Operasi Jaringan Beserta Jenisnya

Jadi, apabila berdasarkan pada dua kata tersebut sistem informasi bisa didefinisikan sebagai sistem yang akan menghasilkan sesuatu atau informasi guna membantu pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan.

Karakteristik Sistem Informasi

karakteristik sistem informasi
karakteristik sistem informasi

1.Mempunyai Sasaran Sistem

Sistem informasi mempunyai sasaran, dan sasaran tersebut ialah pihak-pihak yang akan mendapatkan data atau informasinya. Karakteristik sistem informasi satu ini sangat penting sehingga apabila suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka itu tidak bisa disebut sebagai sistem informasi.

Selain itu, keberadaan karakteristik satu ini juga turut membantu memastikan sistem informasi berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya di sini suatu informasi mempunyai sasaran auditor atau akuntan.

Dengan demikian, sistem informasi yang nantinya dikerjakan atau dikembangkan ialah sistem yang akan memenuhi kebutuhan auditor dan akuntan tersebut.

 

2.Mempunyai Masukan atau Input

Masukan atau input merujuk pada jenis energy yang dipakai saat memasukkan sesuatu dalam sistem. Mengenai masukan ini, ada dua macam yang perlu diketahui sebagai berikut.

  1. Signal input ialah energi yang berupa sinyal dan energi tersebut berpengaruh besar terhadap transmisi dan proses transfer data atau informasi yang dimiliki oleh suatu server yang kemudian akan diteruskan ke bagian keluaran atau output.
  2. Maintenance input ialah masukan yang ada kaitannya dengan perawatan sistem. Perawatan ini dimaksudkan agar sistem informasi bisa terus berjalan sesuai dengan fungsinya

 

3.Mempunyai Pengolah atau Pemrosesan Data

Karakteristik sistem informasi yang lainnya ialah mempunyai pengolah atau pemrosesan data. Ini adalah bagian sistem informasi yang mempunyai tugas utama berupa memproses masukan atau input tadi sehingga menjadi keluaran atau output.

Dengan kata lain, pengolah atau pemrosesan data akan memproses data atau informasi secara menyeluruh untuk kemudian mentransmisikan hasil proses tersebut menuju output sehingga bisa diakses oleh pengguna atau pihak-pihak yang berkepentingan.

 

4.Mempunyai Keluaran atau Output

Keluaran atau output ini merujuk pada hasil atau keluaran energi yang diteruskan dari masukan atau input. Hasil yang dimaksud dapat berupa informasi atau data yang muncul di layar dan fungsinya ialah untuk mempermudah pengguna atau user melihat informasi tersebut. Nantinya informasi ini bisa digunakan baik untuk dirinya sendiri maupun kelompok.

 

5.Mempunyai Interface

Singkatnya, interface ialah antar muka. Kaitannya dengan sistem informasi, interface ini berarti media yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan suatu subsistem atau komponen yang ada dalam sistem informasi.

Selayaknya karakteristik yang lainnya, interface ini juga harus ada dalam sistem informasi. Pasalnya, interface memainkan peran yang sangat penting.

Adapun peran interface di sini ialah mempermudah pengguna dalam memanfaatkan sistem informasi dengan baik.

 

6.Mempunyai Boundary

Boundary di sini berarti batasan. Ya, suatu sistem bisa disebut sebagai sistem informasi apabila sistem tersebut juga mempunyai batasan.

Batasan itu sendiri dapat didefinisikan sebagai pembatas antara sistem informasi yang satu dengan sistem informasi lainnya.

Batasan di sini juga sekaligus menunjukkan ruang lingkup sistem informasi. Dengan adanya batasan, maka sistem informasi yang ada tidak akan tumpang tindih satu sama lain.

 

7.Mempunyai Environment

Environment yang dimaksud di sini ialah seluruh sistem serta lingkungan yang tempatnya ada di luar dari batasan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Ini juga merupakan karakteristik sistem informasi yang sangat penting karena tanpa environment, suatu sistem tidak bisa disebut sebagai sistem informasi.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi dan Jenisnya Apa Saja

8.Mempunyai Komponen

Karakteristik sistem informasi yang tak kalah penting lainnya ialah mempunyai komponen. Komponen yang ada dalam sistem informasi saling berinteraksi satu sama lain.

Karena saling berinteraksi, maka apabila suatu komponen tidak bisa bekerja dengan baik, maka semua sistem informasi juga tidak bisa optimal. Komponen ini biasa disebut juga sebagai subsistem.

sistem informasi
sistem informasi

Selain perlu memahami apa itu sistem informasi dan karakteristiknya dengan baik, perlu dipahami juga bahwa sistem informasi ini terdiri atas beberapa jenis.

Yaitu keuangan, eksekutif, bisnis, geografis, akuntansi, manajemen dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis tersebut juga mempunyai tujuan serta fungsi yang berbeda-beda.

Demikianlah ulasan tentang karakteristik sistem informasi yang perlu Anda ketahui. jangan lupa untuk menggunakan web hosting bisnis terbaik dari Qwords dalam segala kebutuhan website. Anda juga bisa meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan atau klik bagikan agar informasi ini bisa dibaca oleh lebih banyak orang.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *