Tahukah sahabat Qwords bahwa jaringan internet saat ini memiliki dua macam media satu menggunakan jaringan wireless dan satunya menggunakan jaringan kabel. Seiring berkembangnya teknologi penggunaan jaringan wireless semakin banyak, meskipun demikian ternyata masih banyak juga yang menggunakan kabel. Hal ini dilakukan karena berbagai alasan, terutama masalahnya biaya kabel jaringan lebih murah.

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) menjadi pilihan untuk keperluan jaringan skala kecil. Alasan utamanya karena harganya yang murah serta cara pemasangannya cukup mudah tidak perlu menggunakan seorang ahli dalam jaringan. Selain itu kabel dipilih karena tingkat interferensi sinyal yang lebih kecil dibandingkan wifi. Nah untuk lebih lengkapnya tentang kabel UTP akan kita bahas pada paragraf berikut.

Pengertian Kabel UTP

Kabel UTP
Kabel UTP

UTP merupakan kepanjangan dari kata Unshielded Twisted Pair. Diambil dari kata “Unshielded” menandakan bahwa jenis kabel jaringan ini tidak memiliki pelindung alumunium seperti jenis kabel twisted pair lainnya. Kata “Twisted Pair” berarti bentuk kabel yang membungkus setiap kabel tembaga dengan plastic berwarna. Setiap plastic pada kabel UTP memiliki susunan warna yang berbeda satu dengan lainnya.

Dalam kabel UTP jika Anda buka akan terdapat 8 warna yang berbeda yaitu orange, putih orange, hijau, putih hijau, biru, putih biru, coklat dan putih coklat. Setiap warna dalam kabel UTP memiliki tugas dan fungsi masing-masing, untuk lengkapnya berikut penjelasan kabel UTP berdasarkan warnanya:

  1.   Orange : kabel warna orange memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  2.   Putih Orange : kabel warna putih orange memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  3.   Hijau : kabel warna hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  4.   Putih Hijau : kabel warna putih hijau memiliki fungsi untuk jalur paket data.
  5.   Biru : kabel warna biru memiliki fungsi untuk jalur suara.
  6.   Putih Biru : kabel warna putih biru memiliki fungsi untuk jalur paket suara.
  7.   Coklat : kabel warna coklat memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan DC.
  8.   Putih Coklat : kabel warna putih coklat memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan DC.

Karakteristik Kabel UTP

Karakteristik kabel utp
Karakteristik kabel utp

Berikut beberapa karakteristik dari kabel UTP yang perlu Anda ketahui:

  • Terdapat isolator pelindung luar
  • Bandwidth maksimal kabel UTP sampai 100 Mbps
  • Maksimal panjang kabel bisa sampai 100 meter, jika lebih dari itu membutuhkan repeater jaringan.
  • Menggunakan soket RJ-45
  • Terdiri dari 4 kabel yang berpasangan
  • Kabel 1 dan 2 memiliki fungsi untuk mengirim informasi
  • Kabel 3 dan 6 memiliki fungsi sebagai penerima informasi
  • Kabel nomor 7 dan 8 yang memiliki fungsi sebagai konduktor tegangan

Baca juga : Mengenal Sistem Keamanan Jaringan Nirkabel

Kategori Kabel UTP

Versi Kabel UTP
Versi Kabel UTP

Agar tidak salah dalam membeli kabel utp, Anda perlu mengetahui beberapa kategorinya. Semakin bagus kategorinya maka semakin cepat pula kecepatan akses datanya.

  • Kabel UTP Cat 1

Kabel UTP kategori 1 merupakan kabel UTP pertama dengan kecepatan transmisi yang rendah hanya bisa 1 Mbps. Kabel UTP Cat 1 ini hanya bisa digunakan untuk komunikasi suara analog, kabel ini mulai digunakan pada tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog. Jadi untuk penggunaan sekarang sudah tidak cocok lagi.

  • Kabel UTP Cat 2

Kabel UTP kategori 2 memiliki peningkatan dari kategori sebelumnya yaitu mampu mentransmisikan data sampai 4 Mbps. Kabel UTP cat 2 ini sudah bisa mentransmisikan suara digital. Dulunya kabel ini digunakan pada jaringan IBM token ring, tetapi untuk saat ini sudah ketinggalan zaman.

  • Kabel UTP Cat 3

UTP kategori 3 memiliki kecepatan transmisi data 10 Mbps, jadi meningkat 6 Mbps dari generasi sebelumnya. Kabel UTP Cat 3 ini didesain untuk mendukung komunikasi suara dan digital dengan kecepatan yang lebih baik.

  • Kabel UTP Cat 4

Kecepatan transmisi data pada kabel UTP Cat 4 ini sampai 16 Mbps. Kabel kategori ini dulunya sering dipakai untuk pembuatan topologi jaringan token ring.

  • Kabel UTP Cat 5

Kabel UTP cat 5 mampu mentransmisikan data hingga kecepatan 100 Mbps. Kecepatan cat 5 ini melompat jauh dari generasi sebelumnya yang hanya bisa mencapai kecepatan 16 Mbps saja.

  • Kabel UTP Cat 5e

Pengembangan dari versi UTP Cat 5 dengan kecepatannya bisa sampai dengan 100 Mbps dengan perbedaan frekuensi sinyal 100 Mhz, lebih tinggi dari versi sebelumnya.

  • Kabel UTP Cat 6

Kabel UTP Cat 6 ini mampu mentransmisikan data 10 kali lebih cepat dari kategori sebelumnya yaitu mencapai 1000 Mbps / 1 Gbps. Frekuensi sinyal yang dapat dilewatinya bisa sampai 200 Mhz. Untuk bentuk fisik kabel UTP Cat 6 ini pada setiap separator terdapat lapisan plastic yang berfungsi untuk memisahkan setiap kabel.

  • Kabel UTP Cat 6a

Kabel UTP cat 6a merupakan peningkatan dari Cat 6, untuk kecepatan transmisi datanya masih sama. Yang berbeda ada pada frekuensi komunikasi yang lebih tinggi mencapai 500 Mhz.

  • Kabel UTP Cat 7

Kabel UTP cat 7 merupakan kabel generasi terbaru dengan kecepatan transmisi data sampai 10 Gbps dengan frekuensi sampai 600 Mhz. Biasanya kabel versi ini digunakan dalam Gigabit Ethernet dan perangkat jaringan yang membutuhkan kecepatan tinggi lainnya.

Harga Kabel UTP

Untuk harga kabel UTP biasanya dijual dalam satu box dengan panjang 305 meter. Untuk harganya bervariasi mulai dari 400 ribuan sampai 1 jutaan lebih. Tips dari Kami untuk membeli kabel UTP belden yang sudah terbukti berkualitas dan banyak penggunanya.

Nah demikian pembahasan mengenal lebih lengkap tentang kabel UTP. Perlu diketahui bahwa Qwords selaku perusahaan domain hosting di Indonesia tidak hanya menyajikan informasi mengenai IT, tetapi juga menjual layanan hosting murah dan pendaftaran nama domain untuk website. Untuk sahabat Qwords yang belum memiliki website silahkan pesan sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *