Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

3 min read

Pengguna Internet di Indonesia

Internet memudahkan manusia dalam memperoleh informasi di seluruh dunia. Penggunaan internet seiring berjalanya waktu semakin tinggi, termasuk di Indonesia. Pengguna internet di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Jaringan internet digunakan untuk mencari informasi, berkomunikasi, mencari berita, transaksi jual beli, dan sebagai sarana mencari hiburan.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia

Pengguna Internet di Indonesia
Pengguna Internet di Indonesia

Pada awalnya, internet hanya digunakan untuk keperluan militer oleh Departemen Pertahanan di Amerika Serikat. Namun, seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi membuat kebutuhan akan jaringan internet semakin luas termasuk di Indonesia. Hingga sampai saat ini pengguna internet di Indonesia semakin tinggi.

Internet dapat digunakan untuk semua kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan sebagainya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari berbagai kalangan menggunakan. Indonesia merupakan salah satu negera dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia. Setiap tahun jumlah tersebut semakin meningkat ditambah lagi dengan konten internet yang semakin banyak dan beragam.

Menurut lembaga riset pasar yaitu E-Marketer menyatakan bahwa jumlah pengguna internet pada tahun 2014 di Indonesia mencapai 83.7 juta pengguna. Jumlah pengguna tersebut dihitung selama hanya satu bulan. Dengan angka tersebut membawa Indonesia menduduki peringkat ke 6 sebagai pengguna internet terbesar di dunia pada tahun tersebut.

Pada tahun 2017 jumlah pengguna internet mengalami kenaikan yang besar yaitu mencapai 112 juta pengguna. Jumlah tersebut mengalahkan Jepang sehingga Indonesia naik menjadi peringkat ke 5 sebagai negera dengan penggunaan internet terbesar di dunia.

Dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau yang dikenal dengan APJII, menyatakan bahwa survei penetrasi untuk pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 mengalami kenaikan. Berdasarkan hasil survei tersebut, jumlah pengguna internet naik hingga mencapai 171.17 juta pengguna pada tahun 2018.

Pengguna internet mencapai 64.8% dari jumlah total penduduk Indonesia. Hal ini menandakan bahwa internet menjadi peran penting bagi manusia di berbagai aspek kehidupan. Internet memang memberikan kemudahan dalam mencari informasi terbaru di seluruh dunia. Namun, penggunaan internet seharusnya dapat tersaring atau terfilter agar tidak mengandung konten yang berbahaya.

Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2018 mencapai 264.16 juta. Dan pada tahun yang sama pengguna internet seluruh masyarakat Indonesia mencapai 171.17 juta pengguna. Angka tersebut didapatkan dari seluruh masyarakat Indonesia yang ada di berbagai provinsi.

Data Pengguna Internet Indonesia 2018
Data Pengguna Internet Indonesia 2018

Pengguna Internet Berdasarkan Pulau

Persebaran pengguna internet di Indonesia yaitu di Pulau Jawa sebesar 55%, Pulau Sumatera sebesar 21%, Pulau Sulawesi sebesar 10%, Pulau Maluku sebesar 10%, Pulau Papua sebesar 10%, Pulau Kalimantan 9%, pulau Bali sebesar 5% dan Pulau Nusa Tenggara sebesar 5%.

Pengguna internet paling banyak adalah di Pulau Jawa. Dari Pulau Jawa tersebut dibagi lagi menjadi beberapa daerah yaitu Jawa Barat mencapai 16.6%, Jawa Tengah sebesar 14.3%, lalu Jawa Timur 13.5%, disusul oleh Jakarta 4.7%, dan Yogyakarta sebesar 1.5%.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Internet

Pengguna Internet Berdasarkan Umur

Pengguna internet juga merangkul berbagai kalangan. Berdasarkan usia pengguna internet paling banyak adalah usia 15 sampai 19 tahun. Selanjutnya usia 20 sampai 24 tahun, lalu usia 25 sampai 29 tahun, dan usia 30 sampai 34 tahun. Pengguna dengan usia dibawah 5 tahun sampai 9 tahun masih jarang karena masih dibawah perlindungan umur. Dan usia diatas 65 tahun sudah mulai menurun.

Pengguna Internet Berdasarkan Pendidikan

Data pengguna internet di Indonesia berdasarkan tingkat pendidikan paling besar adalah universitas atau masa perkuliahan. Selanjutnya adalah tingkat SMA atau SMK, lalu tingkat SMP atau sekolah menengah pertama, dan yang terakhir tinggal SD. Selain para pelajar, pengguna internet juga bisa meliputi para pelajar yang sudah lulus atau yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Badan Pusat Statistik juga memberikan pernyataan akan jumlah pengguna internet berdasarkan pekerjaan. Pengguna internet di Indonesia paling banyak adalah wirausaha, lalu guru, pedagang online, lalu jasa konsultan, pegawai BUMN atau swasta, selanjutnya Pegawai Negeri Sipil, dan karyawan biasa hingga buruh.

Jumlah pengguna internet akan terus bertambah seiring dengan kemajuan dan kebutuhan. Bahkan internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Baik untuk pelajar, karyawan, mahasiswa, guru dan sebagainya membutuhkan internet untuk mendapatkan informasi ataupun berkomunikasi. Bahkan di berbagai perusahaan, kantor, kampus, sekolah, hotel, rumah sakit, dan sebagainya sudah terkoneksi dengan internet.

Negera Pengguna Internet Terbesar

Pengguna Internet di Dunia
Pengguna Internet di Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam urutan 10 besar negara pengguna internet terbesar di dunia. Kemajuan teknologi dan dunia digital yang semakin canggih, membuat penggunaan internet semakin tinggi.

Pengguna internet dunia pada tahun 2005 dengan populasi dunia 6.5 miliar untuk pengguna di negara maju sebesar 51% dan pengguna negara berkembang hanya 8% sehingga total pengguna di seluruh dunia 16%. Sedangkan pada tahun 2017 mengalami kenaikan yang cukup besar dengan jumlah populasi di dunia sebesar 7.4 miliar.

Pengguna internet di negara maju pada tahun 2017 sebesar 81% dan negara berkembang sebesar 41.3%. Sehingga pengguna di seluruh dunia sebesar 48%.  Sedangkan untuk urutan 10 negara dengan penggunaan internet terbesar di dunia yaitu sebagai berikut.

  1. China

Chine mempunyai jumlah pengguna internet sebesar 700.1 juta. Dengan jumlah penduduk total sebesar 1.8 miliar jiwa dengan rasio 51%. China merupakan negara yang berada di benua Asia.

  1. India

India mempunyai jumlah keseluruhan penduduk yaitu 1.3 miliar jiwa. Pengguna internet di India mencapai 283.3 juta dengan rasio 22%. India juga termasuk negara yang ada di benua Asia.

  1. Amerika Serikat

Jumlah penduduk total Amerika adalah 324 juta jiawa dan rasio 82%. Jumlah pengguna internet di Amerika sebesar 265 juta pengguna. Amerika berada di benua Amerika Utara.

  1. Brasil

Negara Brasil berada di Benua Amerika Selatan. Jumlah total penduduk Brasil sebesar 206 juta jiwa dengan jumlah pengguna internet sebesar 120 juta pengguna.

  1. Jepang

Jepang termasuk negara yang berada di benua Asia. Jepang mempunyai penduduk 127 juta jiwa dan rasio 82%. Jumlah pengguna internet di Jepang sebesar 105 juta.

  1. Indonesia

Indonesia mempunyai jumlah penduduk total 259 juta jiwa. Jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 117 juta dengan rasio 40%.

  1. Rusia

Rusia berada diperingkat ke 7 dengan jumlah pengguna internet 92 juta. Jumlah penduduk Rusia sebesar 142 juta jiwa dengan rasio 64%. Rusia berada di benua Euro Asia.

  1. Meksiko

Meksiko termasuk negara yang ada di benua Amerika Utara. Meksiko mempunyai jumlah penduduk total 123 juta jiwa dengan pengguna internet 71 juta.

  1. Nigeria

Nigeria mempunyai jumlah penduduk total 186 juta jiwa. Jumlah pengguna internet disana mencapai 69 juta dengan rasio 37%. Nigeria berada di benua Afrika.

  1. Jerman

Peringkat 10 pengguna internet terbesar di dunia adalah Jerman. Jerman berada di benua Eropa dengan jumlah penduduk 81 juta jiwa. Jumlah pengguna internet di Jerman sebesar 63 juta pengguna.

Baca juga : Cara Test Kecepatan Internet

Pada tahun 2019, Indonesia mengalami peningkatan menjadi urutan ke 5 dengan jumlah pengguna internet mencapai 144 juta pengguna. Pengguna internet di Indonesia mempunyai selisih sangat tipis dengan Brasil yang ada diposisi ke empat.

Tingginya angka penggunaan internet tersebut disebabkan karena internet dapat diakses dengan mudah. Bahkan dapat menjadi sarana untuk menyalurkan ide atau inspirasi, salah satunya dengan membuat blog. Anda dapat memilih layanan VPS Murah dari Qwords.com dengan harga mulai dari 135.000/tahun saja. Tunggu apalagi miliki website Anda dengan layanan VPS Qwords yang akan membuat website lebih cepat dan aman.

Terima kasih

2 Replies to “Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *