Email marketing adalah salah satu alat pemasaran praktis dan murah yang menggabungkan kenyamanan dengan teknologi. Metode ini sudah berjalan sejak berkembangnya internet ke ranah publik, kendati demikian hingga kini masih banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan email sebagai bagian dari campaign atau promosi.

Baca juga: 5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

Jenis-jenis email pun kian berkembang, mulai dari yang awalnya hanya berupa text hingga kini sudah begitu atraktif dengan adanya gambar dan video. Haruskah Anda mempertahankan pelanggan Anda dengan email marketing? Berikut merupakan ulasan tentang jenis-jenis email yang bisa Anda pertimbangkan guna mengoptimalkan strategi pemasaran.

 

Jenis Email Apa Saja?

Mengenal Jenis-Jenis Email dalam Strategi Marketing
Mengenal Jenis-Jenis Email dalam Strategi Marketing

1. Email buletin

 

Sebelum kita masuk ke detail seluk beluk membuat email buletin, Anda harus menentukan tujuan Anda. Apa yang ingin Anda capai dari buletin email tersebut? Email buletin menginformasikan pelanggan tentang promosi terkini, penjualan, dan penawaran terbaru. Email buletin lebih dari sekadar alat penjualan, mereka juga membantu mengembangkan dampak jangka panjang pada pembaca.

 

2. Email khusus

 

Email khusus atau juga dikenal sebagai email yang berdiri sendiri hanya berisi tentang informasi satu penawaran. Misalnya, Anda dapat memberi tahu target konsumen Anda tentang produk baru yang telah Anda luncurkan atau mengundang mereka untuk menghadiri acara industri yang Anda hosting.

 

3. Lead nurturing emails

 

Sebagai taktik pemasaran, lead nurturing adalah tentang memahami nuansa waktu dan kebutuhan pelanggan Anda. Itulah mengapa penting untuk mendefinisikan persona pembeli Anda untuk secara efektif menjangkau konsumen Anda. Jika tidak, email Anda dibiarkan tidak dibuka atau bahkan dihapus.

 

4. Email Sponsor

Email Marketing Channel
Email Marketing Channel

Jika Anda ingin menjangkau pelanggan yang berbeda dan mendapatkan arahan baru, Anda mungkin ingin mencoba email sponsor dengan iklan bergambar. Suatu sponsor biasanya mengharuskan Anda membayar untuk memasukkan salinan Anda dalam buletin vendor lain atau pengiriman khusus.

 

5. Email Transaksional

 

Email transaksional adalah pesan yang dipicu oleh tindakan spesifik yang telah diambil oleh kontak Anda dan memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan itu. Misalnya, jika Anda mendaftar untuk webinar industri, Anda akan mengisi formulir dan kemudian menerima email transaksional (terima kasih), yang memberi Anda informasi login untuk bergabung.

Baca juga: Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

Jika Anda menggunakan double opt-in, orang akan menerima email yang meminta mereka mengklik tautan untuk mengonfirmasi pendaftaran mereka. Transaksional juga merupakan pesan yang Anda terima dari situs eCommerce yang mengkonfirmasi pesanan Anda dan memberi Anda informasi pengiriman dan detail lain tentang pembelian terakhir Anda.

 

Kelebihan Dan Kekurangan

 

1. Email buletin

email marketing strategi
email marketing strategi

Kelebihan:

Newsletter umumnya berisi informasi yang sudah Anda terbitkan. Banyak perusahaan membuat ringkasan cepat dari posting blog paling populer dan tautan ke artikel dari buletin mereka. Dengan cara ini, mereka membawa pelanggan kembali ke situs web perusahaan dan melibatkan mereka dengan lebih banyak konten perusahaan.

Kekurangan:

Dengan buletin, tata letak menjadi tugas yang jauh lebih rumit daripada dengan pengiriman email khusus. Anda harus meluangkan waktu untuk menentukan penempatan gambar dan teks yang tepat, penyelarasan, dan penentuan prioritas informasi. Di sinilah pengujian A / B dimainkan.

2. Email Khusus

Kelebihan:

Tidak seperti buletin, pengiriman pada email khusus dapat berfokus pada hasil yang sangat mengarahkan untuk satu ajakan bertindak karena hanya ada satu pesan dan satu tujuan.

Kekurangan:

Karena pengiriman email khusus berisi satu pesan, sulit untuk menyertakan usulan tentang beberapa ide lain yang mungkin juga penting bagi organisasi Anda.

3. Lead nurturing emails

Kelebihan:

Penelitian demi penelitian menunjukkan bahwa tingkat respons email menurun selama usia penggunaan. Jika Anda memiliki prospek baru, jangan menunggu untuk menghubungi mereka.

Kekurangan:

Karena lead nurturing bersifat otomatis dan pemasar sering melupakannya setelah mereka mengaturnya, itu juga cenderung tidak dilaporkan. Pastikan lead nurturing Anda menyertakan token pelacakan unik. Ingatlah untuk sering mengunjungi kembali analitik pemasaran Anda untuk mengevaluasi kinerja dan membuktikan ROI dari upaya Anda.

4. Email Sponsor

Kelebihan:

Keuntungan terbesar dari email sponsor adalah Anda dapat secara spesifik menentukan segmen yang ingin Anda jangkau.

Kekurangan:

Email sponsor dan manajemen hubungan vendor memerlukan upaya pemasaran yang besar dan kontrol yang ketat. Selain sinergi merek, Anda juga perlu memahami data di balik email mereka. Jika bisnis industri Anda memiliki tim pemasaran kecil, pemasaran email jenis ini bisa sulit dilaksanakan.

5. Email Transaksional

Kelebihan:

Penerima mengantisipasi email transaksi karena membantu mereka menyelesaikan suatu tindakan. Itu sebabnya mereka membukanya dan mengkliknya. Manfaatkan dinamika ini dan sertakan ajakan bertindak yang sangat khusus (mungkin bahkan sebagai P.S.) untuk memanfaatkan fakta bahwa pelanggan baru dan sangat aktif terlibat dengan komunikasi email Anda.

Kekurangan:

Kadang-kadang gagasan untuk mengambil tindakan lain mencegah dalam menyelesaikan aktivitas mereka karena bagi mereka tampaknya seperti melompat-lompat.

 

Penutup

MailToGo
MailToGo

Anda tahu bahwa email adalah salah satu saluran terbaik untuk melakukan penjualan. Tetapi pemasar yang cerdas selalu mencari cara baru untuk membangun hubungan dan meningkatkan pendapatan. Jenis jenis email di atas adalah cara yang bagus untuk mendiversifikasi konten Anda dan bereksperimen dalam strategi marketing email Anda.

Terlepas dari itu, Anda juga bisa menggunakan layanan MailToGo sebagai platform email marketing terbaik di Indonesia untuk kemudahan promosi bisnis Anda. Dengan MailToGo, selain bakal mendapatkan fitur unlimited contact, statistik, serta beragam pilihan template email profesional Anda juga bakal mnikmati kuota mulai dari 2,000 email perbulan yang bisa digunakan untuk mengirim penawaran, promo, atau newsletter kepada para pelanggan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *