Saat ini ada begitu banyak jenis bahasa pemrograman yang dapat Anda jumpai di zaman serba digital seperti sekarang. Bahasa pemrograman itu sendiri merupakan sejumlah untaian kata yang berisi instruksi maupun perintah tertentu. Biasanya instruksi-instruksi tersebut terdiri atas banyak baris yang dapat dipahami oleh komputer.

Bagi seorang developer, bahasa pemrograman wajib dikuasai. Hal ini penting guna menciptakan serta mengembangkan software maupun aplikasi tertentu. Bahasa pemrograman harus sesuai dengan kebutuhan software dan aplikasi yang hendak dibuat oleh seorang developer.

Jenis Bahasa Pemrograman

Jenis Bahasa Pemrograman
Jenis Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman saat ini ada begitu banyak. Akan tetapi, tidak semua bahasa pemrograman wajib dikuasai oleh para developer. Biasanya para developer hanya perlu menguasai bahasa yang bisa digunakan untuk menciptakan serta mengembangkan aplikasi tujuan saja. Berikut ini adalah jenis bahasa pemrograman yang paling populer di kalangan developer Indonesia.

1. Java

Java adalah salah satu bahasa khusus untuk pemrograman yang dijalankan pada berbagai macam jenis platform, seperti perangkat mobile hingga perangkat komputer. Pada mulanya bahasa pemrograman ini dikembangkan pada tahun 1991 dari The Green Project Sun Microsystem. Kabarnya, nama Java diambil oleh sang penemu yakni James Gosling yang sangat menyukai kopi tubruk murni dari Jawa, Indonesia.

Sebagai bahasa pemrograman yang sangat populer di dunia, Java mempunyai kelebihan seperti mampu berjalan di OS berbeda serta termasuk ke dalam kategori pemrograman orientasi objek. Di samping itu, bahasa pemrograman ini juga memiliki library sendiri sehingga mampu dengan cepat memudahkan programer.

2. C

Jika Java adalah bahasa pemrograman terpopuler, bahasa C merupakan bahasa pemrograman tertua. Bahasa ini dikembangkan sudah sejak tahun 70an dan dibuat oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dianggap sebagai bapak dari bahasa pemrograman lain tidak lain karena menjadi dasar untuk mempelajari lebih lanjut bahasa lainnya seperti Java, C++, C# dan lainnya.

Pada zamannya, bahasa C sangat populer layaknya Java karena digunakan hampir di sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT. Singkatnya, seseorang tidak bisa belajar bahasa pemrograman lain sebelum belajar bahasa C.

3. PHP

bahasa pemrograman PHP
bahasa pemrograman PHP

PHP atau yang familiar dengan hypertext preprocessor adalah semacam bahasa pemrograman paling umum digunakan di Indonesia. Tidak hanya gratis, PHP umum dipakai karena berisikan server side scripting guna membangun web yang dinamis. Tidak heran jika Anda banyak menjumpai istilah ini di berbagai buku pemrograman.

Di samping itu, ada begitu banyak web populer yang juga menggunakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf. Misalnya, Facebook, Digg dan WordPress.  

Baca juga : Perbedaan UI dan UX Design

4. Visual Basic

Visual Basic adalah semacam bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh developer ternama dunia yakni Microsoft. Bahasa khusus pemrograman ini menawarkan ide visual guna pembuatan software khusus berbasis sistem operasi Windows. Bahasa pemrograman ini sendiri merupakan turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Saat ini, Visual Basic juga termasuk ke dalam kategori bahasa pemrograman populer Indonesia. Bahkan sekarang sudah terdapat grup Visual Basic Indonesia dengan anggota mencapai 22 ribu lebih.

5. Python

Bahasa Pemrogaman Phyton
Bahasa Pemrogaman Phyton

Apabila dilihat berdasarkan tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk ke dalam kategori bahasa tingkat tinggi. Python mampu membangun aplikasi baik itu dengan basis web hingga mobile sekalipun. Meskipun terbilang bahasa tingkat tinggi, akan tetapi python juga sangat mudah dipahami bagi pemula.

Hal ini dikarenakan bahasa tersebut sangat gampang dibaca, termasuk untuk memahami syntaxnya. Hingga sekarang terdapat begitu banyak perusahaan besar yang memakai bahasa Python untuk pengembangannya seperti Yahoo, Google dan NASA.

6. C++

Ini adalah sejenis bahasa pemrograman sekaligus menjadi hasil pengembangan dari bahasa C. Baik bahasa C++ atau C keduanya sama-sama mempunyai sintaks penulisan begitu mirip. Adapun yang membedakan antara bahasa C++ dan C ada pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa pemrograman C penyelesaian masalahnya menggunakan sub lebih kecil secara prosedural.

Sementara itu, bahasa yang kali pertama dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup lebih berorientasi pada objek dimana setiap permasalahannya dibagi ke dalam kelas-kelas tertentu. Sampai saat ini ada begitu banyak perusahaan yang sudah menggunakan bahasa C++ guna membangun softwarenya. Misal, Winamp, Firefox dan Adobe.

7. JavaScript

Bahasa Pemrogaman JavaScript
Bahasa Pemrogaman JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman sekaligus hasil pengembangan Netscape. Saat ini penggunaan JavaScript sudah banyak dilakukan untuk pengembangan web. Penggunaan JavaScript mampu membuat web kian menarik sekaligus interaktif. Bahkan di Indonesia saat ini ada grup Facebook yang khusus untuk para developer JavaScript.

Jika Anda merupakan salah satu pengembang JavaScript, maka bisa langsung join ke grup Facebook tersebut. Namanya adalah JavaScript Indonesia. Kiranya Anda bisa saling bertukar pikiran tentang pengembangan aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Tujuh jenis bahasa pemrograman tersebut kiranya bisa memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada Anda. Terutama jika Anda ingin belajar secara mendalam tentang bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi maupun software lainnya. Jangan lupa untuk tetap fokus pada salah satu bahasa yang pas untuk pengembangan perangkat lunak Anda.

Untuk menjawab keperluan hosting website Anda, Qwords selaku perusahaan domain hosting selalu memberikan layanan hosting terbaik kepada para pelanggannya dengan uptime server mencapai 99,99%. Selain itu harga layanan hosting domain Indonesia dari Qwords harganya juga murah. Silahkan cek langsung di website Qwords.com untuk lebih lengkapnya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *