Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)

3 min read

Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)

Perkembangan teknologi kian pesat seiring waktu berjalan. Kini berbagai unsur peralatan telah dilengkapi dengan teknologi sehingga mempermudah pekerjaan penggunanya. Mulai dari mobil pintar hingga peralatan lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu di artikel ini. Internet of things adalah komponen utama yang membentuk semua teknologi yang Anda gunakan di era modern seperti sekarang.

Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)
Panduan Lengkap Seputar Internet Of Things (IoT)

Pengertian Internet Of Things

Apa sih sebenarnya internet of things itu? Secara umum, internet of things merupakan konsep dimana objek tertentu memiliki kemampuan mentransfer data melalui jaringan tanpa interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer.  Internet of thing sering disebut dengan nama ioT. ioT sudah berkembang dengan sangat pesat.

Sebut saja dari konvergensi teknologi nirkabel, MEMS hingga internet. IoT juga kerap diidentifikasikan dengan RFID untuk cara komunikasi. Meskipun begitu, konsep ini mencakup teknologi sensor lain seperti QR code, teknologi nirkabel dan masih banyak lainnya. Kemampuan internet of things sendiri sangat bermacam-macam.

Baca juga: Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Mulai dari berbagi data, menerima data, sebagai remote control, dan masih banyak lainnya. Sering kali internet of things juga diterapkan diberbagai benda yang ada di sekitar kita. Contohnya seperti alat untuk pengolahan bahan pangan, mesin, teknologi hingga elektronik. Sederhananya, internet of things merupakan mesin atau alat yang diidentifikasikan sebagai perangkat virtual berbasis internet.

Cara Kerja Internet Of Things

apa itu internet of things
apa itu internet of things

Banyak jurnal tentang internet of things yang bisa kita temui di perkuliahan. Wajar karena bahannya memang diperlukan untuk menciptakan teknologi atau inovasi baru yang ada di sekitar kita. Di dalam jurnal tersebut, ada banyak informasi mengenai cara kerja ioT. Lantas bagaimana cara kerjanya? Sebenarnya, IoT bekerja dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman dimana setiap perintah argumen tersebut menghasilkan interaksi antar mesin yang terhubung secara otomatis tanpa ada campur tangan manusia dan tanpa batas jarak.

Artinya, internet disini menjadi penghubung kedua mesin tadi. Lantas, dimana letak campur tangan manusia? Manusia di dalam IoT hanya sebatas pengawas dan juga pengatur mesin yang bekerja tadi.

Hambatan terbesar IoT adalah penyusunan jaringan komunikasi yang ada didalamnya. Kenapa hal tersebut menjadi masalah? Pasalnya jaringan didalamnya benar-benar sangat kompleks. Bukan hanya itu , internet of things sesungguhnya membutuhkan sistem dengan keamanan yang sangat tinggi. Bukan hanya itu, pembiayaannya juga sangat mahal dan sering mengalami kegagalan.

Contoh Internet Of Things

contoh internet of things
contoh internet of things

Internet of things adalah hal yang tidak bisa dipisahkan didalam kehidupan kita. Tidak heran jika kita bisa menemukan berbagai macam pengaplikasiannya di sekitar kehidupan kita. Anda yang penasaran, contoh pengaplikasian internet of things, simak saja ulasannya berikut:

1. Pertanian

Pengaplikasian internet of things untuk dunia pertanian mencangkup pengumpulan data seputar suhu, kelembaban, cuaca, hujan hingga serangan hama di dunia pertanian. Data tersebut digunakan untuk mengotomatisasi teknik pertanian supaya lebih unggul. Bukan hanya itu, data tersebut dipakai juga untuk mengambil keputusan sesuai kuantitas dan kualitas masalah.

2. Energi

Sebagian besar perangkat yang memakan energi sudah terintegrasikan dengan internet. Contoh perangkat yang dimaksud adalah televisi, lampu, outlet listrik, switch dan masih banyak lainnya. lantas, bagaimana dampaknya? Dampak utamanya adalah memungkinkan mesin atau jaringan untuk berkomunikasi dengan baik didalam pembangkitan listrik yang hemat dan juga efektif.

3. Lingkungan

Aplikasi yang digunakan untuk memantau lingkungan biasanya menggunakan sensor yang membantu terwujudnya perlindungan lingkungan. Penerapannya adalah untuk memantau kualitas air dan udara suatu wilayah. Bukan hanya itu, internet of things juga menciptakan mesin yang digunakan untuk memantau kondisi atmosfer hingga pemantauan satwa liar di lingkungannya.

4. Otomatisasi hunian

IoT yang paling ketara beserta contoh penerapannya adalah mesin untuk otomatisasi suatu hunian. Perangkat didalamnya bisa dipakai untuk mengontrol dan juga memantau sistem elektrik dan mekanis untuk semua bangunan. Alat atau contoh penerapan IoT tersebut juga digunakan untuk memantau energi secara real time untuk menghemat energi.

5. Kesehatan

Didalam dunia kesehatan, penerapan internet of things sudah sangat banyak contohnya. Contohnya data atau informasi rekaman kesehatan pasien bisa ditransfer ke semua rumah sakit. Data tersebut bisa dikirimkan dengan mudah tanpa pasien harus melakukan pengecekan lagi manfaat IoT tersebut benar-benar membantu pasien karena tidak harus mengeluarkan dana tambahan untuk check up.

6. Transportasi

Internet of things juga membantu manusia untuk terintegrasikan antara kontrol, komuniksi dan pemrosesn informasi untuk sistem transportasi sekarang dan masa depan. Bukan hanya informasi mengenai teknologi mesinnya saja, namun juga mencangkup infrastruktur hingga fungsi pengguna dan pengemudinya juga.

Baca juga: Sejarah Singkat Internet dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Demikian informasi mengenai internet of things yang bisa Anda pahami. Internet of things adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sudah banyak mesin dan teknologi yang membantu kelangsungan hidup manusia, Jadi tidak heran jika internet merupakan jantung kehidupan masyarakat modern seperti sekarang.

 

Kirim Email Marketing Lebih Mudah dengan MailToGo

email marketing strategi
email marketing strategi

Salah satu keuntungan pesatnya perkembangan ekosistem digital adalah terciptanya layanan yang memudahkan berbagai pekerjaan. Bagi para pegiat digital marketing misalnya, untuk urusan mengirim email ke konsumen ataupun klien Anda bisa menggunakan layanan MailToGo sebagai tools email marketing.

MailToGo sangat rekomended digunakan karena tidak menerapkan batasan untuk seberapa banyak jumlah kontak email yang bisa disimpan. Selain tiu, harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp66 ribu perbulan untuk paket starter. Dengan memilih paket ini Anda sudah mendapatkan akses untuk mengirim email promo, newsletter, atau penawaran produk baru ke 2,000 kontak secara bersamaan. Bagaimana menurut Anda sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *