Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

10 Strategi Instagram Marketing Paling Efektif

4 min read

Strategi Instagram Marketing

Menurut riset yang dilakukan oleh Impact di tahun 2020, 72% orang membeli sebuah produk setelah melihatnya di platform sosial Instagram. Hal ini membuktikan bahwa Instagram adalah salah satu sosial media platform yang paling efektif untuk melakukan digital marketing

Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari Instagram marketing, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.  Pada artikel kali ini kami akan membahas 10 strategi Instagram marketing yang pastinya akan membantu bisnis Anda untuk sukses!

Strategi Instagram Marketing

Apa saja strategi tersebut? Mari kita simak bersama!

Strategi Instagram Marketing

1. Gunakan Akun Instagram Bisnis

Hal pertama yang wajib dilakukan saat Anda ingin memulai instagram marketing adalah mendaftar akun Instagram bisnis. 

Pada mei tahun 2016 lalu, Instagram mengenalkan fitur bernama Instagram for Business yang membantu pelaku bisnis untuk membangun brand mereka secara profesional di Instagram.

Dengan akun instagram bisnis, Anda akan mendapatkan banyak fitur keren yang bisa digunakan untuk kesuksesan instagram marketing bisnis Anda. 

Salah satu fitur yang paling populer dari akun Instagram bisnis adalah fitur Insights. Fitur ini adalah analytics tool yang memudahkan Anda untuk menganalisa performa konten akun Anda.

Dengan Insights, user bisa melacak berapa impressions, reach, dan engagement yang mereka dapatkan di sebuah postingan. 

Fitur ini juga membantu Anda melihat informasi lebih detail tentang followers akun Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten yang ada di akun Anda.

Cara mendaftar akun Instagram bisnis sebenarnya cukup mudah. Anda hanya memerlukan akun Instagram dan akun facebook dari bisnis Anda.

Lalu, masuk ke akun Instagram Anda dan buka Pengaturan. Pilih Akun dan scroll halaman tersebut sampai Anda menemukan pilihan Beralih ke Akun Profesional. 

Nantinya, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram tersebut dengan halaman facebook dari bisnis Anda dan selesai! Anda telah berhasil mendaftar akun Instagram bisnis.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Akun Instagram Bisnis

2. Buat Akun Instagram Anda Semenarik Mungkin 

Untuk mengoptimalkan akun Instagram bisnis Anda, buatlah akun tersebut menjadi semenarik mungkin. Profil yang menarik dan profesional akan membantu Anda menarik calon konsumen.

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memilih username yang simpel dan mudah untuk diingat. Idealnya username harus berkaitan dengan bisnis Anda. 

Kedua, gunakan foto profil brand Anda yang profesional. Jika Anda mempunyai logo brand, lebih baik gunakan logo tersebut sebagai foto profil akun Anda. Hal ini akan membantu akun Anda untuk terlihat lebih profesional.

Langkah yang terakhir adalah untuk membuat bio akun bisnis Anda. Instagram memberikan Anda 150 karakter untuk menjelaskan apa bisnis Anda serta manfaat yang akan didapatkan konsumen darinya.

Untuk itu, tulis bio yang pendek tapi menarik dan informatif. Bahkan jika Anda mau, Anda juga bisa memasukan CTA (call to action) dan link yang akan membawa pelanggan ke landing page bisnis Anda.

3. Tentukan Guidelines Akun Instagram Anda 

Strategi penting lainnya adalah untuk menentukan guidelines dari akun bisnis Anda. Guidelines adalah acuan resmi yang akan digunakan dalam setiap aktivitas yang ada pada akun tersebut. 

Hal ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan akun instagram bisnis Anda. Bagaimana cara Anda menarik konsumen? Tipe bahasa apa yang Anda gunakan pada akun tersebut? Konten seperti apa yang akan tampilkan? Dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan ini, Anda harus mengenal betul tentang bisnis Anda. Jika Anda mempunyai tim social media strategist, akan lebih baik untuk menentukan guidelines bersama tim Anda.

4. Pahami Jenis Postingan di Instagram

Untuk bisa melakukan Instagram marketing dengan baik, tentunya Anda juga harus memahami jenis konten yang bisa Anda tampilkan di Instagram. Di Instagram, konten dibagi menjadi 4 jenis: Instagram feed, Instagram stories, Instagram live, dan Instagram TV.

Berikut penjelasan singkat dari keempat konten utama Instagram:

  • Instagram feed — foto dan video yang ada pada akun Instagram seseorang. Feed adalah dimana Anda akan melihat semua postingan dari akun tersebut.
  • Instagram stories — konten singkat yang berada di atas Instagram feed. Konten ini biasanya adalah cuplikan singkat yang hanya akan bertahan selama 24 jam. 
  • Instagram live — dimana Anda bisa melakukan siaran langsung, biasanya Instagram live digunakan untuk melakukan giveaways atau sesi tanya jawab.
  • Instagram TV — konten video yang biasanya mempunyai durasi lebih dari satu menit dan tidak bisa ditampilkan di Instagram feed. Bekerja kurang lebih seperti YouTube.

5. Terus Berinteraksi dengan Target Audiens

Satu strategi Instagram marketing lainnya yang wajib dilakukan adalah untuk berinteraksi dengan target audiens Anda. Sosial media platform adalah tempat dimana orang suka bersosialisasi dengan sesama. 

Dengan berinteraksi dan melibatkan audiens Anda, Anda secara tidak langsung menciptakan hubungan yang lebih personal dari brand Anda dan audiens.

Hal ini bisa menaikan brand trust atau rasa kepercayaan konsumen kepada brand Anda. Anda bisa mengadakan sesi tanya jawab, hosting giveaways, atau menulis caption lucu yang akan mendorong audiens untuk meninggalkan komen pada postingan Anda.

Baca juga : Mengenal Aplikasi Clubhouse, Sosial Media Masa Depan

6. Kirim Personalized Direct Message ke Followers

Salah satu fitur Instagram yang sangat berguna untuk Instagram marketing adalah direct message. Dengan direct message, Anda bisa mengirimkan pesan singkat ke followers dan pengikut Anda dengan mudah.

Ini tentunya sangat membantu dalam proses promosi bisnis Anda. Kirimkan pesan yang menarik dan informatif tentang bisnis dan produk Anda agar followers merasa terdorong untuk membeli produk atau melakukan konversi yang lainnya.

Namun, jangan terlalu sering mengirimkan direct message ke followers ya sahabat Qwords! Nanti Anda akan dilihat sebagai spammer dan malah kehilangan followers.

7. Berkolaborasi dengan Influencers

Dari ke 10 strategi Instagram marketing yang kami bahas pada artikel ini, berkolaborasi dengan influencers memang salah satu strategi yang jarang gagal.

Influencer marketing memang memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menambah reach, followers, dan brand awareness dari bisnis Anda. 

Namun, jangan sampai salah memilih influencers ya sahabat Qwords! Berkolaborasi dengan influencers yang berkaitan dengan bisnis dan produk Anda.

8. Gunakan Banyak Tagar atau #Hashtags

Hashtags adalah salah satu fitur Instagram yang digunakan untuk mencari konten baru yang berkaitan dengan nama hastag tersebut. 

Dengan menggunakan banyak hashtags, Anda akan menaikkan engagement dan jangkauan akun Anda. Untuk menentukan tagar apa yang cocok digunakan, lakukan riset dan cari tagar yang sering digunakan kompetitor Anda. 

Anda juga bisa mencari tahu hashtag apa yang target audiens Anda ikuti dan melihat tagar terpopuler di area pasar bisnis Anda.

9. Terus Buat Postingan yang Menarik

Salah satu strategi penting dari Instagram marketing yang harus Anda ketahui adalah konsistensi. Untuk sukses dalam instagram marketing, Anda harus terus menampilkan postingan yang bermanfaat bagi followers Anda.

Jika Anda terus membuat postingan yang menarik, informatif, dan edukatif, bisnis Anda pasti akan terus berkembang. 

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda menentukan jadwal posting dan tipe konten yang akan ditampilkan setiap bulannya.

10. Manfaatkan fitur-fitur Instagram

Banyak fitur-fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk Instagram marketing. Di antaranya adalah:

  • Instagram story — Anda bisa menggunakan stories untuk melakukan tanya jawab, memberikan informasi, dan juga survey melalui polling.
  • Highlights — untuk menampilkan instagram stories yang pernah Anda posting secara permanen. Anda bisa menggunakan highlights untuk memberikan informasi harga, produk, dan juga promosi.
  • Instagram Ads — jika Anda tertarik untuk melakukan iklan berbayar, fitur ini akan membantu Anda meluncurkan iklan berbayar akan konten, stories, atau seluruh akun Anda.
  • Direct purchase — konsumen bisa langsung membeli produk melalui akun instagram Anda menggunakan fitur direct purchase ini.

Nah, itu tadi 10 strategi efektif yang bisa diterapkan pada Instagram marketing Anda, sahabat Qwords! Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menjalankan Instagram marketing untuk bisnis Anda? 

Dengan semua strategi yang sudah dibahas di artikel ini, peluang sukses bisnis Anda dalam melakukan Instagram marketing tentunya akan semakin besar. 

Jangan lupa untuk membuat website resmi bisnis Anda dengan layanan hosting terbaik dari Qwords.com untuk menunjukan profesionalisme bisnis Anda.

Selamat mencoba!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Leave a Reply

Your email address will not be published.