Kata inovasi bisnis belakangan semakin sering terdengar di radio, televisi, maupun percakapan sehari-hari. Hal tersebut wajar terjadi mengingat saat ini banyak pebisnis yang sedang mencari cara aga bisa survive di tengah pandemi.

Lantas, apa sih inovasi bisnis itu? Apakah inovasi dalam bisnis memang perlu dilakukan oleh perusahaan?

Baca juga: Tips Membangun Startup Bisnis Sukses di Indonesia

Pada dasarnya, inovasi dalam bisnis memang harus dilakukan untuk mempertahankan sebuah usaha, baik skala kecil, sedang, ataupun level nasional. Nah, untuk memudahkan Anda, pada kesempatan kali ini sudah kami rangkum terkait apa itu inovasi bisnis lengkap dengan tips dan contohnya.

 

Pengertian Inovasi Bisnis

Pentingnya Inovasi Bisnis
Pentingnya Inovasi Bisnis

Inovasi bisnis adalah perubahan yang terjadi di dalam suatu perusahaan guna menyesuaikan diri terhadap lingkungan ataupun permintaan pasar Inovasi merupakan langkah mutlak yang harus diambil perusahaan jika mereka ingin tetap relevan ditengah gempuran perubahan jaman.

Saat ini tidak ada batasan yang pasti terkait jenis usaha yang harus rajin berinovasi. Pasalnya, hampir setiap lini bisnis sewaktu-waktu bisa berganti dengan produk atau jasa baru yang lebih menarik dimata pembeli.

Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, inovasi tentu wajib dilakukan jika ingin usaha bisa tetap bertahan.

 

Contoh Inovasi Dalam Bisnis

inovasi bisnis
inovasi usaha

Ada beberapa contoh inovasi usaha yang terjadi ketika pandemi covid-19. Salah satunya adalah Inovasi Bisnis Kuliner yang dilakukan oleh penjual Mie Ayam di Yogyakarta. Karena tidak bisa membuka toko atau keliling lingkungan, beberapa pedagang Mie Ayam mencoba membuat kuliner Mie Ayam instan yang dikemas dan bisa disajikan hanya dengan merebus mienya.

Karena cukup banyak penggemar, secara mngejutkan inovasi bisnis kuliner ini laris manis di pasaran serta mampu membantu menyambung hidup sebagian besar pedagang yang terkena imbas pandemi. Sangat inspiratif bukan?

Inovasi bisnis terbaru dengan skala yang lebih ekstrim juga bisa kita lihat pada bisnis Pizza Hut dan Burger King. Kedua produsen makanan cepat saji yang sudah mendunia tersebut beberapa waktu lalu sudah mulai menjajakan produk andalannya di pinggir jalan.

Ya, Anda tidak salah dengar. Di tengah pandemi seperti sekarang ini, Pizza Hut dan Burger king mencoba bertahan dari gempuran dengan mengikuti arus perubahan.

Baca juga: 10 Tips Menjaga Bisnis Agar Survive Saat Corona

Inovasi model bisnis memang bukan sebuah hal baru, tapi tidak semua bisnis bisa menerima perubahan ini untuk bertahan. Lantas, seberapa penting inovasi usaha untuk perusahaan? Berikut penjelasan selengkapnya.

 

Pentingnya Inovasi Dalam Bisnis

 

1.Agar Bisa Bertahan Jangka Panjang

Inovasi terbukti mampu menjadi ujung tombak perusahaan yang ingin mempertahankan eksistensi dalam jangka panjang. Hadirnya sebuah inovasi di dalam bisnis mampu mendorong perusahaan menjadi lebih bisa diterima konsumen karena dianggap mampu memberikan fitur maupun fungsi sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kita bisa melihat kiprah produsen ponsel Nokia atau Yahoo! yang terkesan jumawa dalam menghadapi kompetitor. Pada akhirnya, kedua perusahaan raksasa di jamannya tersebut sama-sama tumbang hanya karena tidak ingin berinovasi.

 

2.Meminimalisir Persaingan

Di tengah ketatnya persaingan bisnis yang terjadi, inovasi merupakan kunci untuk memenangkan persaingan. Mau tidak mau perusahaan dituntut agar lebih kreatif serta peka terhadap lingkungan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan.

Kultur seperti ini memang tidak dimiliki oleh banyak bisnis atau perusahaan, itulah mengapa brand besar seperti Unilever, Pizza Hut, atau Apple sampai detik ini masih menguasai pasar walaupun sudah banyak memiliki kompetitor.

 

3.Mengakomodir Kebutuhan Pelanggan

Agar produk tetap dicari oleh konsumen, maka perusahaan harus bisa menciptakan inovasi sesuai dengan permintaan pelanggan. Kendati demikian, sayangnya beberapa perusahaan kerap kali tidak menyadari hal ini sampai bisnis mereka akhirnya benar-benar tumbang karena produk/jasa mereka tidak lagi dibutuhkan.

 

Tips Melahirkan Inovasi

krreatif
krreatif

1.Meminta Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan bisa Anda gunakan untuk melakukan inovasi bisnis dari produk atau jasa yang dipasarkan. Maka dari itu, jangan segan untuk menampung kritik, saran, atau komplain dari konsumen karena melalui opini mereka bisnis Anda bisa berbenah ke arah yang lebih baik.

 

2.Mengoptimalkan Teknologi Informasi

Di era pandemi seperti saat ini, teknologi bisa menjadi solusi elegan untuk membantu mengatasi dampak negatif yang terjadi. Tidak dipungkiri lagi, bisnis konvensional memang masih banyak yang kesulitan dalam melakukan adaptasi karena pola kebiasaan masyarakat sendiri masih belum berganti.

Sebagai langkah awal dalam mengadopsi teknologi informasi, Anda bisa menggunakan website dan sosial media untuk melakukan aktivitas promosi. Untuk para pebisnis properti misalnya, website bisa menjadi jembatan untuk menggantikan pamflet, brosur, atau slebaran fisik yang tidak bisa didistribusikan akibat pandemi.

Kalau perlu, pakai juga domain premium .CO.ID agar website semakin kredibel di mata calon pembeli. Anda bisa mendapatkan penawaran menarik untuk setiap pendaftaran domain .CO.ID di Qwords dengan mengklik tautan berikut ini: Beli Domain .CO.ID Sekarang!.

 

3.Menciptakan Kultur Kreatif

Kreativitas yang tinggi merupakan salah satu kunci dari lahirnya inovasi. Jadi, tidak heran jika banya perusahaan rintisan (startup) yang mendesain lingkungan kerja seperti arena bermain atau tempat liburan.

Hal ini merupakan upaya perusahaan dalam menciptakan pola pikir serta kebiasaan kreatif sehingga de-ide segar bisa lebih mudah didapatkan oleh karyawan.

 

Penutup

 

Itulah pembahasan seputar inovasi bisnis yang bisa dilakukan perusahaan jika ingin tetp bertahan di tengah arus perubahan. Sebagai informasi, inovasi usaha sendiri tidak melulu soal peningkatan kualitas produk atau jasa yang dijual, tapi bisa juga melalui perbaikan distribusi, branding, serta sistem promosi yang dijalankan.

Salah satu inovasi yang saat ini bisa dilakukan oleh para pebisnis konvensional adalah dengan mengadopsi internet sebagai media pemasaran. Caranya Anda bisa membuat website yang sudah dioptimasi menggunakan hosting terbaik di Indonesia sehingga website bisnis tidak mudah down serta bisa lebih mudah menempati posisi pertama.

Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mencoba?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *