5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

3 min read

5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

Ada banyak ide campaign yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan. Misalnya seperti pemasaran melalui media sosial, iklan berbayar menggunakan media konvensional, hingga optimasi webite agar lebih SEO Friendly.

Namun, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas ide marketing yang lebih spesifik bukan dari beberapa contoh di atas, yakni terkait penyusunan konten promosi melalui email marketing untuk kemajuan bisnis perusahaan.

5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan
5 Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

Kenapa Harus Menggunakan Email Marketing?

Email marketing sejatinya memiliki efektifitas pemasaran yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan platform promosi lainnya. Akan tetapi, jika kita menggunakan layanan ini maka Anda akan mendapatkan beberapa benefit seperti hubungan antara konsumen dan perusahaan yang lebih personal, tidak ada ancaman perubahan algoritma seperti halnya digital marketing menggunakan SEO, bisa dilakukan secara massal, serta biaya lebih terjangkau.

Baca juga: Panduan Lengkap Email Marketing Untuk Bisnis

Bayangkan saja, layanan email marketing Indonesia dengan kemampuan penyimpanan kontak unlimited serta kuota pengiriman hingga 2,000 email perbulan saat ini bisa Anda dapatkan hanya dengan biaya Rp60 ribuan. Tidak percaya? Kunjungi saja halaman MailToGo untuk melihat berbagai fitur dan penawaran harga.

 

Manfaat Menggunakan Email Marketing

 

1. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Di era digital, konsumen merupakan asset yang harus dijaga keterlibatannya, dengan begitu mereka akan tetap setia untuk menggunakan produk dan bahkan merekomendasikannya secara gratis kepada kerabat, teman, maupun saudara.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Sama seperti hubungan antar kekasih, pelanggan relatif lebih suka jika mereka diingatkan terkait hal-hal personal seperti hari ulang tahun, ucapan liburan, atau pengingat hari besar.Dengan menggunakan email marketing Anda bisa mengirim halhal seperti diatas secara masal atau bahkan otomatis menggunakan autoresponder.

3. Menjangkau Pelanggan Non-aktif

Email marketing yang dikirimkan secara berkala nantinya bakal membantu Anda untuk menjangkau pelanggan yang belum pernah atau sudah jarang melakukan pembelian.

4. Mengetahui Segmen Pasar

Fleksibilitas email marketing yang bisa dikirim secara massal dalam satu klik tentu memberikan Anda kemudahan dalam menjangkau target secara random kemudian memfilternya dalam segmen tertentu. Saat ini, layanan email marketing Indonesia seperti MailToGo bahkan sudah memiliki fitur statistik yang sangat bermanfaat untuk mengukur efektifitas campaign.

Ide Email Marketing Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

email marketing strategi
email marketing strategi

1. Buat Email Marketing Pengingat Promo yang Sedang Berjalan

Email marketing berisi pengingat promo yang sedang berjalan merupakan salah satu ide yang bisa Anda terapkan untuk menggaet perhatian lebih banyak pelanggan. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau customer karena mereka biasanya cenderung lupa atau menunggu promosi hingga detik-detik terakhir saat ketika sudah selesai mengumpulkan uang.

Baca juga: 7 Tips Memilih Platform Email Blast Terbaik Untuk Bisnis

Terlepas dari itu, mengirim email marketing promosi atau kampanye di awal masa penayangan saja menurut kami masih kurang powerfull. Jadi, Anda masih harus mengingatkan konsumen terkait berbagai promo yang sedang berjalan.

2. Kirim Email Edukasi Produk Kepada Pelanggan

Sebuah produk meskipun memiliki kualitas baik tidak akan banyak berguna dipasaran jika calon pengguna tidak memahami apa yang sedang mereka beli. Sebagai contoh, dalam serial tv Sillicon Valley produksi HBO, sekelompok pemuda berhasil menciptakan algoritma baru yang bisa mendasari lahirnya jaringan internet desentralisasi. Namun, karena adanya ketakutan akan potensi lahirnya SkyNet dan minimnya edukasi, pada akhirnya teknologi tersebut tidak berhasil berkembang dipasar.

Jadi, selain bisa menciptakan produk berkualitaas tinggi Anda juga masih perlu melakukan edukasi kepada calon pembeli. Salah satu caranya yakni dengan mengirimkan artikel via email marketing seperti halnya yang saat ini banyak dilakukan oleh startup berbasis teknologi.

3. Email Marketing Berisi Survei Kepuasan Pelanggan

Survei kepuasan pelanggan yang Anda kirimkan lewat email bisa menjadi feedback terkait produk atau layanan yang Anda pasarkan. Beberapa pendapat customer yang disampaikan bisa Anda jadikan sebagai ide awal dalam memperbaiki kualitas atau menambahkan fitur baru yang saat ini relean di tengah kebutuhan pasar.

Akan tetapi, sayangnya konten email marketing berisi survei pelanggan kerap kali menemui jalan terjal karena minimnya tingkat partisipasi dari audiens. Nah, agar strategi kampanye Anda bisa berjalan lancar sebaiknya Anda menambahkan reward/imbalan berupa voucher potongan harga atau hadiah berupa bingkisan souvenir kecil-kecilan yang bisa menarik minat konsumen.

Lagi pula, tidak ada salahnya bukan sesekali berbagi untuk menyenangkan hati pelanggan?

4. Kirim Konten Terkait Informasi Perkembangan Bisnis

Anda tentu sudah familiar dengan istilah “komunikasi sebagai pilar dari sebuah hubungan”. Berbekal pedoman tersebut maka Anda harus memberikan informasi terbaru seputar apa saja yang sedang bisnis Anda lakukan. Perkembangan bisnis sebaiknya juga diketahui oleh para pelanggan setia agar mereka lebih percaya untuk menggunakan jasa Anda.

Baca juga: Tampil Lebih Pro dengan Email Hosting

Adapun konten email marketing yang berisi informasi perusahaan sendiri bisa Anda isi dengan materi seperti penambahan fitur baru, promo terbaik yang bisa didapatkan pelanggan,update artikel postingan, hingga kehadiran layanan baru jika kebetulan sedang dalam proses pengenalan.

5. Buat Email Marketing Berisi Ucapan Selamat Datang

Ide terakhir untuk membuat konten email marketing yang bisa menarik perhatian pelanggan adalah dengan mengirim pesan ucapan selamat datang tetap setelah mereka mendaftarkan email ke layanan bisnis Anda.

Bagi customer baru, email ucapan selamat datang bisa menimbulkan kesan bahwa perusahaan Anda telah memberikan sentuhan personal sehingga bakal menciptakan kesan baik dimasa yang akan datang.

Kendati demikian, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat konten ucapan selamat datang. Usahakan untuk membuat kalimat awal yang terlihat kasual dan mudah dibaca, sehingga tidak terkesan melakukan promosi secara berlebihan.

Selain itu, dalam konten ucapan selamat datang Anda juga bisa menyelipkan penawaran berupa voucher potongan harga (diskon) hingga informasi terkait produk apa saja yang related dengan kebutuhan konsumen.

 

Kirim Email Marketing Sekarang Lebih Mudah dengan MailToGo

MailToGo
MailToGo

Itulah lima ide email marketing yang bisa Anda terapkan untuk membangun hubungan promosi yang lebih baik dengan pelanggan. Selain mengikuti tips di atas, cobalah untuk mengeksplore berbagai ide atau penemuan yangmenurut Anda cocok untuk dijalankan.

Sementara itu, jika saat ini Anda sedang mencari layanan email marketing Indonesia terjangkau yang memiliki banyak fitur untuk menunjang kebutuhan pemasaran/campaign digital, Anda bisa mencoba menggunakan platform MailToGo by Qwords.com yang tidak hanya kaya fitur tapi juga powerfull.

Bayangkan saja, dengan menggunakan MailToGo Anda bisa menyimpan kontak email konsumen sebanyak mungkin (unlimited lengkap dengan pilihan template email marketing professional, serta statistik yang bisa membantu Anda melacak efektifitas campaign.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah siap untuk membawa strategi email marketing ke level selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *