Web crawl tidak bisa membedakan mana konten yang bersifat publik atau konten berisi informasi pribadi, sehingga tidak jarang orang merasa terganggu dengan eksistensi sebuah halaman yang sudah terlanjur terindek di mesin pencari.

Lantas, adakah cara untuk hapus url di Google?

Perlu diketahui, tidak semua URL yang terindek di halaman mesin pencari bisa dihapus begitu saja. Setidaknya Anda harus memperhatikan beberapa syarat serta proses yang ada dengan mnjawab pertanyaan berikut ini agar bisa melakukan langkah eksekusi yang tepat.

 

  1. Apakah konten yang ingin dihapus ada didalam website Anda?
  2. Apakah konten ada di website milik orang lain?

 

Dari dua alur di atas, masing-masing memerlukan perlakuan yang berbeda dalam menghapus URL. Maka dari itu, pastikan untuk membaca artikel cara hapus url dari pencarian Google ini sampai selesai ya.

Baca juga: Apa itu URL? Fungsi, Jenis dan Struktur URL

 

Cara Cek URL Terindeks di Pencarian Google

Selain mengetikkan keyword tertentu yang berhubungan dengan konten, ada cara sederhana namun efektif untuk melihat dan memastikan apakah konten terindeks atau tidak.

Caranya yakni dengan memanfaatkan inurl “site:alamat website” yang diketikkan di kolom mesin pencari Google.

Hasil pencarian ini akan menunjukkan halaman konten apa saja yang masih terindeks oleh Google dan halaman yang tidak terindeks dengan cara melakukan penelusuran.

Setelah konten dipastikan masih terindeks untuk menghapusnya Anda bisa mengikuti salah satu cara di bawah ini:

4 Cara Hapus URL di Google

Cara Menghapus URL Website di Pencarian Google
Cara Menghapus URL Website di Pencarian Google

1.Hapus Konten

Cara paling sederhana untuk menghilangkan konten yang sudah terlanjur terindeks Google adalah dengan menghapus isi konten. Jika Anda merupakan pemilik website, segera hapus konten kemudian arahkan permalink dengan redirect 404 not found atau 410 (hilang).

Opsi ini sangat cocok untuk menghilangkan konten karena dalam waktu singkat indeks di Google sudah tidak bisa dilihat oleh pembaca maupun robot mesin pencari.

Namun, hal ini akan menjadi masalah ketika Anda bukan pemilik website atau tidak lagi mempunyai akses login ke halaman terkait.

 

2.Google URL Removal Tool

Google Search Console URL Removal Tool
Google Search Console URL Removal Tool

Google memberikan fitur Removal Tool bersama dengan tool untuk mengindeks konten. Sahabat Qwords bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis dengan mengakses halaman Google Search Console yang sudah ditautkan ke halaman website terkait.

Di sisi lain, sayangnya cara kerja URL Removal Tools sendiri untuk saat ini masih dianggap kurang efektif karena memerlukan waktu tunggu yang lumayan lama serta ada potensi Google kembali mengindeks konten yang sama di masa depan.

Solusinya, Anda bisa memantau secara konsisten pada konten-konten tersebut, jika dikemudian hari ditemukan terindeks kembali Anda bisa langsung melakukan penanganan kembali.

Lagi-lagi, cara ini hanya bisa bekerja dengan baik kalau Anda merupakan pemilik situs atau website yang ingin dihapus indeksnya dari mesin pencari.

 

3.Hapus Via Plugin Yoast SEO

yoast SEO
yoast SEO

Ada trik khusus yang bisa diterapkan untuk menghapus indeks konten di mesin pencari. Namun, trik ini hanya berlaku bagi para pengguna website Self Hosting dengan platform WordPress.

Caranya yakni dengan memanfaatkan fitur Noindex yang disertakan di dalam plugin Yoast SEO. Plugin ini bisa didapatkan secara gratis, dan bisa langsung digunakan untuk menghapus URL di pencarian Google secara spesifik di artikel tertentu.

 

4.Menambah Tag Noindex

Noindex meta tag
Noindex meta tag

Cara kerja tag Noindex sebenarnya sama saja seperti cara nomor 3 dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Akan tetapi, cara ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis website, bukan hanya yang menggunakan platform WordPress saja.

Untuk mencegah artikel atau konten terindeks di mesin pencarian Google, sahabat Qwords bisa menambahkan meta robots tag noindex seperti di bawah ini.

<meta name=”robots” content=”noindex”>

Perlu diketahui, meletakkan meta tag noindex seperti contoh di atas pada bagian <header> akan membuat seluruh halaman website tidak terindeks di mesin pencari. Jadi, hati-hati menggunakan cara ini.

Baca juga: 11 Pemicu Blog Deindex Google dan Cara Mengatasinya

 

Cara Hapus URL Terindeks Google di Situs Milik Orang Lain

 

Dalam beberapa kasus, seringkali ditemukan adanya penggunaan konten berhak cipta, penyebaran informasi pribadi tanpa persetujuan, atau masalah lainnya yang berkaitan dengan privasi pengguna.

Anda bisa mengajukan klaim atau tuntutan untuk menghapus konten ini dari hasil pencarian Google melalui langkah-langkah berikut ini.

 

1.Menghubungi Pemilik Website

Ask
Ask

Cara paling ampuh untuk menghilangkan jejak digital dari indeks mesin pencari adalah dengan menghubungi pemilik website terkait. Lakukan langkah pendekatan verbal maupun non-verbal agar blogger atau pemilik situs mau menghapus konten tersebut dari mesin pencari.

Cara ini memang tidak selalu berhasil karena adanya faktor sosial atau rasa ketidakpedulian dari pemilik situs. Kendari demikian, cara ini masih layak untuk dicoba dan dipertimbangkan.

 

2.Klaim DMCA

DMCA Claim Remove URL
DMCA Claim Remove URL

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) sejak dari dulu terkenal sebagai lembaga yang mengawasi serta mengeksekusi masalah pelanggaran hak cipta di Internet, termasuk hapus url di Google.

Anda bisa mengajukan klaim hak cipta dengan menyertakan bukti-bukti terkait ke situs DMCA dan jika permintaan banding Anda disetujui maka konten yang terindeks di situs orang lain akan dihapus dari website dan hasil pencarian Google selamanya.

 

Kesimpulan

 

Untuk menghapus konten yang sudah terlanjur terindeks di Google memang bisa dibilang susah-susah gampang. Untungnya, Google sendiri sudah memiliki sistem yang lumayan baik dalam mengakomodir setiap pengajuan, yakni melalui halaman Google Search Console URL Removal Tool.

Selain melalui Google Search Console, Anda juga bisa mencoba cara lain yang sudah disebutkan di atas agar proses hapus url di google bisa berjalan sesuai harapan.

Demikian pembahasan terkait cara menghapus URL di Google pada kesempatan kali ini. Jika Anda menyukai artikel tersebut jangan lupa untuk klik bagikan agar bisa dilihat lebih banyak orang.

Sementara jika saat ini Anda sedang mencari layanan web hosting terbaik Indonesia dengan harga terjangkau dan bisa diandalkan, Qwords.com bisa menjadi solusi elegan untuk mengakomodir segala kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Cara Menghapus URL Website di Pencarian Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *