Sudah kenal dengan kata “manajemen”? Saat ini, dalam suatu organisasi atau perusahaan harus dilaksanakan dengan manajemen yang baik, karena manajemen sangat diperlukan guna mengorganisir, mengatur, merencanakan, serta mengontrol organisasi agar cita-cita organisasi bisa terwujud. Lantas kira-kira apa fungsi manajemen? Secara garis besar ada banyak teori yang disebutkan oleh para ahli, namun dibawah ini akan kita ulas beberapa di antaranya.

 

Pengertian Manajemen

Pengertian Dan Fungsi Managemen yang Perlu Diketahui
Pengertian Dan Fungsi Managemen yang Perlu Diketahui

Kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Sedangkan secara universal, manajemen adalah seni mengatur penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mendapatkan kinerja yang tinggi dan maksimal dalam berbagai tipe organisasi profit maupun non profit.

Dalam manajemen terdapat seseorang yang bertugas untuk melaksanakan manajemen itu, yakni bertugas mengatur, mengorganisir, dan mengontrol suatu organisasi tadi, sosok ini biasa disebut sebagai manager.

Fungsi Manajemen

fungsi managemen

Secara umum, terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing) dan pengendalian (controling). Untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah kami tuliskan penjelasannya yang perlu sahabat Qwords ketahui.

 

1.Planning

Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan. Yang dimaksud fungsi perencanaan adalah manajemen berfungsi untuk menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi.

Planning merupakan fungsi yang terpenting, karena tanpa adanya perencanaan maka fungsi-fungsi lain tidak dapat dilaksanakan dan tentunya tujuan manajemen tidak akan tercapai.

2. Organizing

Fungsi pengorganisasian adalah fungsi manajemen dalam hal pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagikan pada para anggota sesuai keahlian masing-masing anggota organisasi. Dalam arti manajemen bertugas untuk  mengelompokkan orang, tugas, tanggung jawab dan wewenang sesuai porsi sehingga mencapai tujuan organisasi itu sendiri secara bersama-sama.

3. Directing

Pengarahan merupakan tindakan yang dilakukan agar semua anggota berusaha untuk mencapai  cita-cita organisasi. Dalam fungsi pengarahan ini, fungsi manajemen adalah untuk meningkatkan efetivitas dan efisiensi kinerja para anggota secara optimal dalam mencapai cita-cita perusahaan.

4. Controlling

Yang terakhir adalah fungsi pengendalian. Yang di maksud dengan fungsi ini adalah manajemen untuk menilai kinerja para anggota sesuai dengan standar yang telah dibuat kemudian melakukan perubahan dan perbaikan jika terdapat hasil penilaian yang kurang baik. Dalam hal ini perusahaan perlu menyiapkan rencana perusahaan agar fungsi ini dapat berjalan dengan baik dan efisien sehingga tidak menghabiskan banyak biaya.

 

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Selain 4 penjelasan di atas. Terdapat beberapa fungsi manajemen menurut para ahlia yang sebnarnya juga hampir sama dengan penjelasan di atas. Berikut selengkapnya.

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol ada lima, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Planning (perencanaan), yakni membuat dan melakukan perencanaan mengenai tujuan dan target perusahaan atau organisasi beserta strategi yang digunakan dalam pencapaian tersebut menggunakan sumber daya yang ada.
  2. Organizing (pengorganisasian), yakni mensinkronkan sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya fisik dan sumber daya modal guna mencapai target perusahaan.
  3. Commanding (pengarahan), yakni memberi arahan pada anggota supaya mengerjakan tugas masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan.
  4. Controlling (pengendalian), yakni memberi arahan mengenai tugas masing-masing anggota sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  5. Coordinating (pengkoordinasian) yakni, menghubungkan dan menyelasaikan pekerjaan-pengerjaan agar saling bersinergi satu sama lain supaya tidak terjadi kekacauan, bentrok maupun kekosongan kegiatan, dan.

Sedangkan menurut Luther Gullick fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

  1. Planning(perencanaan), yakni memilih serta menetapkan aktifitas yang akan dilakukan dan menetapkan sumber daya yang akan digunkan untuk menunjang tercapainya tujuan dan cita-cita perusahaan.
  2. Organizing(pengorganisasian), yakni pembagian tugas kepada para anggota yang terlibat sesuai keahlian masing-masing.
  3. Staffing(penempatan), yakni menentukan, memilih, mengangkat dan membimbing sumber daya manusia sehingga tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan,.
  4. Directing(pengarahan), yakni memberi penjelasan dan pembinaan kepada para anggota yang terlibat agar tugas yang diberikan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan standar yang ditentukan perusahaan.
  5. Coordinating(pengkoordinasian), yakni melakukan kegiatan agar tidak terjadi kekosongan jadwal dan kekacauan dalam pekerjaan dengan menyelaraskan pekerjaan-pekerjaan yang ada.
  6. Reporting(pelaporan) yakni memberi informasi kepada manager agar pihak yang bersangkutan dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan dalam kinerja perusahaan
  7. Budgeting (pembuatan anggaran), yakni mengendalikan organisasi dengan cara merencanakan akutansi dan fiskal mengenai anggaran yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan.

Dan menurut pendapat George R Terry ada 5 fungsi manajemen, yakni planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating atau pelaksanaan yakni adanya manajemen untuk mendorong anggota agar selalu berusaha keras untuk mencapai tujuan perusahaan, dan controlling (pengendalian).

Selain para para ahli di atas Lyndal F. Urwick juga mengemukakan pendapatnya mengenai fungsi manajemen yaitu, fungsi staffing (penempatan), planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), controlling (pengendalian), commanding (pengarahan), dan coordinating (pengkoordinasian).

Demikinlah informasi pembahasan pada artikel kali ini, Manajemen menurut para ahli memiliki fungsi yang yang hampir sama, kemudian fungsi manajemen tadi secara umum juga dirangkum menjadi 4 fungsi seperti yang telah disebutkan di atas. Bagaimana menurut sahabat Qwords? Apakah sudah cukup jelas?

Artikel di atas merupakan salah satu bentuk komitmen Qwords.com cloud hosting Indonesia dalam memberikan edukasi kepada pelanggan yang sedang mengembangkan bisnis atau perusahaan. Jangan lupa untuk klik bagikan atau meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *