Kemajuan ilmu pengetahuan dan penemuan manusia berkembang sangat pesat. Hal itu membuat semua hal yang berbau teknologi mulai dari hardware, software, dan lainnya juga mengalami pergeseran. Misalnya dari bahasa pemrograman ke framework.

Jika dahulu untuk menjalankan pengembangan software yang diperdebatkan adalah bahasa pemrograman yang digunakan, kini hal itu sudah bergeser pada framework apa yang sebaiknya digunakan. Salah satu framework yang banyak disebut-sebut ialah framework Yii.

Apa itu Yii framework? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Baca selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Framework Yii?

Framework Yii
Framework Yii

Framework merupakan software yang digunakan untuk membuat aplikasi web maupun membentuk sistem agar terstruktur dengan rapi. Nah, untuk Yii framework yakni software yang digunakan untuk kerangka kerja php. Komponen yang digunakan memiliki performa tinggi dalam pembuatan aplikasi dengan skala yang besar.

Programer menilai Yii adalah kependekan dari Yes it is! Yang melambangkan respon paling pas untuk kinerja yang diberikan. Selain itu, mereka menilai Reusability dari Yii juga maksimum sehingga bisa mempercepat pengembangan yang dilakukan dengan signifikan.

Kelebihan Yii  Framework

Ingin menggunakan Yii? Berikut beberapa kelebihan dari Yii framework:

1. Praktis dan mudah

Mudah dan praktis merupakan hal yang dicari oleh para generasi millenial. Banyak fitur dan fungsi yang bisa dilakukan oleh framework Yii. Misalnya, Gill yang bisa memudahkan Anda dalam pembuatan CRUD. Gill membuatnya bisa berjalan hanya dengan sekali proses. Dengan demikian, program yang sedang kamu jalankan bisa cepat selesai.

2. Keamanan sudah pasti

Hal ini sudah tidak perlu diragukan lagi mengingat banyaknya sistem keamanan website untuk menjaga proses yang berlangsung di Yii. Pengaman dan tool seperti output filtering dan input validation standard juga ada di Yii.

Tak hanya itu, bagi Anda yang takut akun Anda digunakan oleh orang lain, Yii sudah melengkapi keamanan fitur hash password. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut akan peretasan karena keamanan Anda sudah dijamin oleh Yii.

3. Caching yang fantastis

Kelebihan lain yang dimiliki oleh framework Yii adalah adanya kemampuan untuk bisa menjalankan caching secara mumpuni. Caching merupakan proses penyimpanan variabel PHP dalam cache.

Kelebihan Yii Framework
Kelebihan Yii Framework

Proses caching dalam Yii sangat cepat. Misalnya dalam pembuatan website dinamis yang notabene memerlukan waktu caching lebih lama, Yii  melakukan caching tersebut seolah menjalankan website statis dengan proses cepat. Dengan demikian, proses pembuatan website bisa cepat rampung.

4. Cocok untuk mempersingkat waktu

Saat ini tidak jarang developer yang tengah menjalankan project khususnya skala menengah ke atas. Dalam hal ini, Yii framework adalah software yang tepat untuk digunakan. Mengapa?

Karena Waktu pengerjaan juga singkat. Untuk sebuah project besar dalam waktu yang terbatas, Yii adalah partner framework yang cocok untuk Anda.

Baca juga : Mengenal Lebih Lengkap Framework Laravel

Kekurangan Yii Framework

Selain kelebihan, Yii juga punya beberapa kekurangan, di antaranya:

1. Lambat mengadopsi teknologi baru

Mulai bermunculannya teknologi terkini dan terbaru ternyata tidak membuat Yii tergiur untuk segera memasukkannya dalam sistem Yii. Hal ini dinilai menjadi salah satu kekurangan Framework Yii mengingat sistem yang berjalan masih terkesan jadul dan tidak mengikuti perkembangan.

Namun Yii menilai, jika ingin mengadopsi teknologi terkini harus melalui pertimbangan yang matang. Yii lebih menghargai pembangunan real project yang bisa bertahan sampai 1 dekade (seperti yang telah dilakukan pihaknya), dibandingkan dengan buru-buru mengadopsi teknologi baru.

2. Keputusan tidak diambil oleh satu orang

Yii dulunya hanya dibangun oleh Qiang Xue sebagai founder. Selang beberapa waktu kemudian, pengembangan Yii dibantu oleh beberapa developer terkemuka di dunia yang kemudian menjadi core developer.

Setiap core developer memiliki hak suara dalam pembangunan fitur Yii, termasuk jika ingin mengadopsi satu teknologi maupun membuangnya. Hal itulah yang menjadi titik kelemahan Yii karena banyak diskusi ilmiah yang ditentukan oleh banyak developer core, membuat pengambilan keputusan juga lambat.

Pemrograman Yii Framework
Pemrograman Yii Framework

3. Banyak sistem bersifat instan

Banyak developer menilai, dalam Yii ada beberapa sistem yang berjalan secara instan, contohnya security. Hal itu dianggap membuat developer menjadi kurang mandiri atau less effort.

Mengapa instan? karena Yii menganut prinsip Convention over configuration, yang artinya konfigurasi dalam Yii diatur secara instan dan otomatis. Dengan demikian, proses yang seharusnya disetting manual oleh developer sudah dapat berjalan sendiri.

Sedangkan developer beranggapan bahwa coding merupakan sebuah seni yang membutuhkan rangkaian dari mereka sendiri, jadi tidak bergantung pada aplikasi yang bisa langsung berjalan otomatis.

4. Bukan framework popular

Meski cukup banyak diperbincangkan, Yii bukan termasuk framework yang  populer digunakan. Kepopularitasan memang tidak sepenuhnya menjamin kualitas, tapi banyak orang menilai ketika developer mengalami permasalahan, maka popularitas framework bisa menjadi salah satu hal yang dapat menolong untuk mengatasinya. Yakni dengan bantuan dari developer sesama pengguna Yii.

Itulah pengertian dari framework  Yii beserta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Terlepas dari itu semua, kelebihan dan kekurangan di atas bisa dibilang bersifat subjektif, artinya setiap orang bisa saja memiliki persepsi yang mungkin berbeda.  Bergantung dari cara kerja masing-masing orang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Untuk Anda para developer yang membutuhkan hosting untuk keperluan website dengan framework Yii, kami memiliki Unlimited Hosting Terbaik dari Qwords untuk berbagai keperluan website. Tunggu apalagi segera miliki hosting dari Kami dan dapatkan promo menarik.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *