Tips Jitu Meningkatkan Jumlah Followers Instagram

3 min read

Tips Jitu Meningkatkan Jumlah Followers Instagram

Tidak sedikit pengguna Instagram yang memilih jalan pintas untuk mendapatkan followers palsu dengan membelinya dari layanan tertentu. 

Trik tersebut memang akan meningkatkan jumlah pengikut Anda. Namun ingat, fake followers cenderung tidak bisa memperbaiki performa akun Instagram Anda.

Sebaliknya, kredibilitas Anda malah bisa dipertanyakan karena mempunyai engagement rate yang tidak sebanding dengan angka pengikut. 

Anda tentunya tidak akan melakukan hal itu kan? Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut agar dapat memperoleh organic followers Instagram. Yuk teruskan membaca untuk mempelajarinya! 

8 Tips Menambah Jumlah Followers Instagram

Berikut beberapa tips yang patut Anda coba untuk meningkatkan jumlah pengikut di Instagram:

1. Kenali Siapa Target Audiens Anda

Pertama, tentukan target audiens Anda. Menurut Anda, siapakah orang yang paling sesuai dengan niche maupun segmentasi pasar Anda? Nah, untuk lebih lebih memudahkan, Anda dapat menciptakan audience persona dengan mengumpulkan beberapa informasi berdasarkan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Berapa usia mereka?
  • Apa jenis kelamin mereka?
  • Di mana mereka tinggal?
  • Di industri apa mereka bekerja?
  • Apakah mereka sudah menikah?
  • Apa latar pendidikan mereka?
  • Kapan mereka biasanya menggunakan Instagram?
  • Bagaimana mereka menggunakan Instagram?
  • Apa saja tantangan yang mereka coba selesaikan dan menurut Anda berkaitan dengan konten Instagram maupun produk dan jasa yang ingin ditawarkan?

Dari informasi yang didapatkan tersebut, Anda kemudian bisa merancang kampanye yang tepat agar bisa mencapai audiens yang kemungkinan besar akan menjadi followers Instagram Anda. 

Di samping itu, informasi tersebut juga akan membantu Anda mengetahui jenis konten yang dibutuhkan audiens , sehingga mereka bisa secara konsisten mengikuti postingan Anda dan menjadi follower yang loyal.

2. Maksimalkan Profil dan Bio Anda

Pastikan profil Instagram Anda terlihat profesional, menarik, dan mampu meyakinkan audiens untuk menjadi pengikut Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat mengoptimalkan beberapa elemen krusial dari profil Anda, yaitu:

  • Foto Profil—gunakan foto yang bagus dan relevan dengan konten Anda. Bagi akun bisnis, Anda dapat menggunakan logo brand untuk mempertahankan konsistensi branding Anda, serta memudahkan audiens mengenali bisnis Anda;
  • Nama dan Username—pilih nama dan username yang search-friendly. Sebagai nama, Anda dapat menggunakan nama Anda atau bisnis Anda. Sedangkan untuk username, gunakan opsi yang mudah diingat, diucapkan, relevan, dan konsisten dengan nama akun platform lainnya (contoh: @qwordsdotcom);Contoh Instagram Username
  • Bio—manfaatkan 150 karakter pada bagian bio untuk menjelaskan siapa Anda, jenis konten apa yang bisa audiens harapkan dari akun Anda, dan mengapa mereka harus menjadi followers Instagram Anda.
  • Website—maksimalkan kolom URL untuk menambahkan alamat website agar profil Anda terkesan semakin profesional dan kredibel. Sebagai alternatif (jika belum memiliki website), Anda bisa menggunakannya untuk mempromosikan akun sosial media lain.

Baca Juga: Tips Membuat Feed Instagram Estetis, Menarik, dan Keren              

3. Buat Konten yang Berkualitas 

Publikasikan konten yang tidak hanya berkualitas dan menarik hati audiens, namun juga mampu mendorong mereka untuk membagikannya kepada orang lain. Dengan cara ini, postingan Anda akan mendapatkan reach yang lebih luas dan bisa memikat pengikut baru.

Selain itu, pelajari juga jenis konten apa yang paling diminati oleh followers Instagram Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan Instagram Insights untuk mempelajari konten terpopuler pada akun Anda.

Dan karena Instagram adalah platform visual, perhatikan juga estetika feed Instagram Anda. Pastikan ketika audiens mengunjungi profil Anda, mereka ingin berlama-lama melihat postingan yang dibagikan dan termotivasi untuk mengklik tombol Follow. 

4. Konsistensi Adalah Kunci 

Menurut studi dari Tailwind, frekuensi postingan mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan jumlah followers dan engagement rate. Semakin sering suatu akun mempublikasikan konten, semakin banyak like dan angka pengikut yang didapatkan. 

Namun agar tidak dianggap sebagai spam, Anda tentunya juga harus mempertimbangkan dengan baik jumlah konten yang dibuat setiap harinya. Jangan sampai pengikut malah merasa terganggu sehingga berhenti mengikuti akun Anda.

Yang pasti, berapapun jumlah postingan yang Anda rencanakan, Anda perlu membuat jadwal publikasi konten dan mempertahankan konsistensi waktu tersebut agar bisa meraih hasil yang optimal.         

5. Bagikan Konten Pada Waktu yang tepat

Timing juga merupakan faktor keberhasilan kampanye Anda di Instagram. Pasalnya, waktu post mempunyai pengaruh besar terhadap engagement rate yang diperoleh.

Ingat, semakin banyak engagement yang didapatkan, semakin besar kemungkinan konten Anda ditampilkan di halaman explore Instagram, dan semakin besar pula kesempatan Anda untuk menjangkau audiens baru. 

Baca Juga: Tips Menulis Caption Instagram untuk Memikat Hati Audiens  

6. Cobalah Berkolaborasi 

Cari tahu dan temukan influencer maupun brand lain yang menurut Anda mempunyai basis audiens yang serupa dengan Anda. Faktanya, 60% consumers mengatakan bahwa mereka akan mengikuti suatu brand setelah melihat influencer yang mereka ikuti mempromosikan brand tersebut. 

7. Optimalkan Hashtag yang Digunakan

Instagram memungkinkan penggunanya untuk menemukan konten berdasarkan hashtag. Uniknya, setiap hashtag juga dibekali dengan tombol Follow sehingga siapapun bisa mengikuti hashtag yang disukainya.

Dengan kata lain, hashtag yang relevan akan membuat konten Anda lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Instagram. 

Anda juga bisa menciptakan hashtag khusus brand Anda, kemudian memanfaatkannya untuk membuat komunitas sendiri di Instagram serta menarik perhatian banyak pengikut baru. 

Strategi branded hashtag biasanya dijalankan bersamaan dengan user-generated content (UGC). Sebagai inspirasi, Anda dapat mempelajari bagaimana @cocacola menerapkan strategi ini.Contoh Penggunaan Hashtag

8. Promosikan Akun Anda

Instagram ads memang tidaklah gratis. Namun Anda punya kesempatan besar untuk menjangkau audiens baru dengan lebih efektif.

Pasalnya, Anda akan mendapatkan kebebasan untuk memilih sasaran iklan berdasarkan lokasi, minat, demografi, perilaku, hingga kesamaan mereka dengan pengikut yang Anda miliki saat ini.

Selain itu, promosikan juga akun Instagram Anda di berbagai saluran yang Anda miliki—baik itu website, email, platform sosial media lain, podcast, serta media lainnya yang Anda gunakan.  

Baca Juga: Aplikasi Penyedia Template Instagram Keren dan Gratis           

Sudah Siap untuk Menambah Followers Instagram Anda?

Menambah angka followers Instagram memang bukanlah proses yang mudah dan tidak dapat dilakukan dalam waktu semalam. Namun dengan strategi yang tepat, siapapun berkesempatan untuk memperoleh pengikut yang melimpah.

Berikut rangkuman beberapa tips yang patut Anda terapkan untuk memikat hati pengikut baru:

  1. Pelajari dan ketahui siapa target audiens Anda
  2. Optimalkan elemen krusial profil dan bio untuk membangun kredibilitas
  3. Publikasikan konten yang berkualitas, menarik, dan shareable
  4. Pertahankan konsistensi jadwal publikasi postingan
  5. Bagikan konten pada waktu yang tepat
  6. Berkolaborasi dengan influencers maupun brand lain untuk meningkatkan reach
  7. Optimalkan penggunaan hashtag agar lebih mudah ditemukan di pencarian
  8. Promosikan akun Anda baik melalui Instagram ads maupun dengan strategi cross promotion

Ingin belajar tips, trik, dan tutorial Instagram lainnya? Yuk kunjungi terus blog Qwords.com dan termukan materi terlengkap mengenai berbagai platform sosial media, bisnis online, digital marketing, hosting, web development, domain, serta banyak topik kekinian lainnya.

Semoga berhasil!  

Leave a Reply

Your email address will not be published.