4 Fitur Google Analytics yang Wajib Anda Gunakan

2 min read

4 Fitur Google Analytics yang Wajib Anda Gunakan

Seiring dengan perkembangan zaman, kini Google telah menghadirkan perangkat pemantau traffic bernama Google Analytics untuk membantu Anda dalam memantau performa website. Meski demikian, tidak semua pengguna dapat memaksimalkan beberapa fitur yang terdapat dalam Google Analytics ini.

Tentunya penggunaan fitur Google Analytics memiliki berbagai fungsi yang baik. Salah satunya adalah untuk meningkatkan performa website bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan, sangat menarik bukan? Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya terkait bagaimana cara kerja dan penjelasan Google Analytics di bawah ini.

 

4 Fitur Google Analytics yang Wajib Anda Gunakan

4 Fitur Google Analytics yang Wajib Anda Gunakan
4 Fitur Google Analytics yang Wajib Anda Gunakan

1.Fitur Goals

fitur goals google analytics
fitur goals google analytics

Fitur yang satu ini dapat digunakan untuk menandai beberapa hal yang akan dijadikan goal untuk website bisnis yang Anda miliki. Di sini, Google Analytics akan berperan membantu Anda dalam melacak setiap elemen penting pada website.

Untuk mengatur fitur ini Anda harus mengakses Google Analytics Standard Reports. Kemudian, klik tombol admin di sebelah kanan atas. setelah itu, klik opsi Goals dan pilih “+Goals”. Dalam hal ini, Anda harus cermat dalam menentukan goals yang akan dilacak menggunakan Google Analytics, seperti:

Baca juga: 10 Rekomendasi Tools Untuk Cek Traffic Website Terbaik

  • Event: Anda bisa menentukan event dengan cara menambahkan snippet of code pada situs yang dimiliki
  • Visit Duration: berfungsi untuk mengukur waktu yang dihabiskan pengunjung saat berada dalam website
  • Pages/Visit: berfungsi untuk menetapkan batas jumlah halaman website yang diakses dalam satu kali kunjungan
  • URL Destination: berfungsi untuk melacak goals ketika pengunjung mengakses suatu URL tertentu.

 

2.Fitur Campaigns

Pengertian Dan Manfaat Campaign
Pengertian Dan Manfaat Campaign

Mengukur sebuah Return Of Investment atau yang sering disebut ROI merupakan sebuah keharusan dari sebuah campaign yang dijalankan. Dengan bantuan Google Analytics kini Anda dapat melacak berbagai hal dengan mudah seperti iklan banner, email, facebook, URL yang sudah di edit dan lain-lain.

Hal utama yang harus dilakukan untuk mengukur ROI adalah membuat URL Campaign khusus dengan Google’s URL Builder Tool. Kemudian masukkan URL website dan beberapa informasi dasar mengenai affiliate, email list dan kata kunci prabayar. Setelah itu, Anda akan mendapat URL baru yang bisa digunakan untuk mendukung peningkatan trafik menuju website bisnis.

 

3.Fitur AdWords

fitur AdWords Google Analytics
fitur AdWords Google Analytics

Kata AdWords mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para pegiat Digital Marketing, fitur yang satu ini bisa juga diintegrasikan dengan akun Google Analytics Anda lho. Ya, dengan menggunakannya kini Anda akan mendapat banyak data penting melalui AdWords berbayar. Apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menerapkan semua setting, maka trafik yang diperoleh melalui AdWords berbayar ini akan dihitung menjadi trafik organik.

Proses pemasangan fitur ini bisa dimulai dengan menetapkan tag otomatis pada akun Google Anda. Kemudian, Anda bisa melanjutkannya dengan cara membuat tautan Google Analytics dan Google AdWords.

 

4.Fitur Exclude Internal Traffics

Website Traffic
Website Traffic

Di sini, Google Analytics akan mengumpulkan semua data diri pengunjung yang masuk pada situs bisnis Anda. Apabila Anda dan anggota tim lainnya kerap keluar masuk ke dalam website untuk memeriksa hal detail, maka akan ada kemungkinan bahwa sebagian besar trafik website berasal dari Anda dan juga tim.

Akibatnya, Anda akan kesulitan dalam mempelajari karakteristik para pengunjung melalui laporan trafik yang sudah ada. Nah, untuk mengatasi hal ini tentunya Anda harus menggunakan fitur Exclude Internal Traffics.

Dengan demikian, laporan trafik yang dihasilkan bisa murni berasal dari pengunjung yang sudah mengakses website Anda. Selain itu, Anda juga bisa lebih leluasa untuk mempelajari karakter setiap pengunjung website berdasarkan filter yang menginformasikan negara asal para pengunjung.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Analytics di Blog WordPress

Akses Website Lebih Cepat dengan WordPress Hosting

Kurang lebihnya seperti itulah ulasan mengenai 4 fitur penting Google Analytics yang wajib Anda gunakan. Selain dapat memudahkan dalam menjalankan strategi digital marketing, Anda juga bisa memaksimalkan berbagai fitur yang ada untuk memantau website secara lebih efektif. Jadi, setiap pertumbuhan dan penurunan performa bakal semakin mudah untuk dicatat.

Bagaimana menurut sahabat Qwords? Apakah ada fitur penting Google Analytics lainnya yang layak untuk masuk kedalam daftar di atas? Jika ada, bisa di sampaikan melalui kolom komentar di bawah agar bisa dilihat oleh pengunjung lain.

Terlepas dari itu, bagi yang saat ini sedang mengembangkan website bisnis berbasis WordPress, Anda bisa menggunakan layanan hosting terbaik untuk wordpress dari Qwords.com yang sudah dioptimasi menggunakan teknologi berbasis CloudPOP, penyimpanan SSD berkecepatan tinggi, serta dukungan Cloudflare dan Litespeed API.

Dengan berbekal paket yang satu ini, dijamin website bisnis Anda bakal semakin mendominasi hasil pencarian berkat teknologi hosting yang digunakan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *