Mengenal Apa Itu Firebase dan Kegunaannya  

2 min read

Manfaat Firebase Bagi Pengembang Aplikasi

Firebase adalah salah satu tools yang mulai terkenal dikalangan para developer di Indonesia. Developer aplikasi mulai menggunakan layanan Firebase karena diklaim bisa mempercepat pekerjaan. Benarkah demikian?

Bagi Anda yang penasaran tentang apa itu firebase, pastikan Anda membaca ulasan singkat terkait pengertian, fungsi dan kegunaan database tersebut sampai habis ya.

Apa Itu Firebase?

pengertian firebase
pengertian firebase

Firebase adalah layanan Google yang berguna untuk membantu para developer untuk mengembangkan aplikasi. Firebase atau BaaS alias Backend as a Service merupakan cara developer yang fokus mengembangkan aplikasi tanpa perlu memberikan effort besar.

Baca juga: 7 Aplikasi Pembuat Website Terbaik yang Perlu Diketahui

Sejak ditemukan oleh Andrew Lee dan James Tamplin tahun 2011, Firebase memberikan produk Realtime Database yang berguna untuk menyimpan lebih banyak data dan sinkronisasi ke banyak pengguna. Pada tahun 2014 lalu, pihak Google mengakuisisi layanan pengembang aplikasi ini.

Mengenal Fitur Firebase

apa itu firebase
apa itu firebase

Seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, kecepatan layanan menjadi prioritas utama bagi pengguna. Kini developer bisa menggunakan layanan Firebase untuk memudahkan pengembangan aplikasi baik gratis atau berbayar sesuai pemakaian layanan. Berikut beberapa fungsi Firebase berdasarkan fitur yang dimiliki yaitu:

1.Firebase Analytics

Merupakan fitur yang berfungsi untuk mengoleksi data  yang bervariasi dan reporting baik perangkat Android atau iOS. Berdasarkan fitur Firebase Analytics bisa memberikan kemudahan bagi pengembang aplikasi untuk membuat segmentasi pengguna berdasarkan fitur apa saja yang sering mereka pakai.

2.Firebase Cloud Messaging and Notifications

Salah satu kegunaan Firebase adalah menyediakan koneksi yang bisa diandalkan untuk semua pengguna baik Android, iOS dan website tanpa perlu biaya tambahan. Sangat keren, bukan? Kini pengembang aplikasi bisa menargetkan pesan sesuai dengan segmen pasar yang diinginkan.

3.Firebase Authentication

Berkat Firebase Authentication, pengembang aplikasi bisa mengautentikasi pengguna ke aplikasi lewat tampilan interfaces. Nantinya autentifikasi bisa memudahkan pengguna untuk masuk ke aplikasi yang terintegrasi dengan penyedia identitas gabungan populer lain.

4.Firebase Cloud Firestore

Merupakan database fleksibel dan terukur yang memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi yang powerfull, responsif dan bisa bekerja tanpa latensi koneksi jaringan internet. Layanan secara offline yang bisa diakses pengguna lewat perangkat seluler atau website menjadi pilihan paling favorit di era digital ini.

Buat Anda yang ingin mengembangkan aplikasi baca, game, belanja, dan lain-lain yang bisa diakses offline, maka fitur Firebase Cloud Firestore sangat bermanfaat.

5.Firebase Realtime Database

Merupakan database yang di-host melalui cloud sehingga pengembang bisa mengelola database dalam jumlah lebih besar. Pengguna aplikasi akan tetap menerima update terbaru saat ponsel yang offline terhubung ke jaringan internet berkat fungsi Firebase satu ini.

Buat pengembang pemula yang ingin membuat aplikasi lintas platform atau multiplatform wajib memperhatikan fungsi Firebase Realtime Database.

6.Firebase Hosting

Kegunaan Firebase hosting adalah menayangkan konten menggunakan koneksi aman, cepat dan mendukung pengembang mengimplementasikan aplikasi web dan menyajikan konten statis atau dinamis ke jaringan penayangan konten.

Konten aplikasi bisa tayang lebih cepat hanya dengan satu perintah saja. Sangat mendukung pengembang yang ingin menayangkan konten global serba cepat di era digital, ya!

fungsi firebase
fungsi firebase

Kini Anda sudah paham tentang apa itu Firebase dan mengetahui fungsi fitur yang dimiliki Firebase. Fitur Firebase bisa Anda gunakan secara cuma-cuma alias gratis lewat layanan SPARK atau memilih layanan BLAZE yang akan mematok biaya sesuai dengan pemakaian layanan.

Baca juga: 7 Jenis Bahasa Pemrograman Dengan Pengguna Terbanyak

Tinggal pilih saja layanan yang bisa mendukung pengembangan aplikasi digital Anda lebih baik lagi. Hanya saja layanan percobaan yang gratis memiliki batasan-batasan tertentu yang bisa mengganggu perkembangan aplikasi Anda lebih optimal.

Nah, kira-kira itulah pembahasan terkait apa itu firebase yang perlu diketahui. Secara umum bisa disimpulkan bahwa firebase adalah salah satu inovasi yang mampu memudahkan pekerjaan app developer di era saat ini. Jadi, sangat penting untuk dipelajari agar tidak ketinggalan perkembangan teknologi.

Adapun bagi Sahabat Qwords yang saat ini sedang belajar membuat website atau mengembangkan aplikasi. Salah satunya Anda bisa berlangganan newsletter blog Qwords yang setiap hari rutin menyajikan berbagai artikel seputar dunia teknologi.

Dapatkan juga berbagai promo diskon dan voucher penawaran, serta kode kupon paket hosting murah yang dibagikan setiap bulan langsung via email, jika Anda berlangganan mulai sekarang.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *