Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya untuk Sebuah Website 

2 min read

Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya untuk Sebuah Website

FAQ merupakan salah satu elemen penting dan tidak terpisahkan dari sebuah website bisnis. Pasalnya, FAQ menawarkan banyak fungsi serta manfaat yang akan membuat perusahaan Anda semakin gemilang. Tertarik untuk mencantumkannya di situs Anda? Yuk pelajari dan pahami terlebih dahulu apa itu FAQ dan fungsinya bagi sebuah website. Dalam artikel ini, Anda juga akan belajar contoh serta tips bagaimana membuat halaman FAQ terbaik untuk web Anda.Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya untuk Sebuah Website

Apa itu FAQ?

Secara istilah, Frequently Asked Questions atau disingkat FAQ berarti pertanyaan yang sering diajukan. Pada awalnya, FAQ adalah sebuah tulisan yang dirancang untuk menjawab pertanyaan terkait website. Namun untuk saat ini, FAQ juga seringkali memuat pertanyaan mengenai segala hal yang berkaitan dengan produk, layanan, serta tentang kegunaan platform/aplikasi yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Anda sebenarnya bisa saja membahas topik-topik terkait pertanyaan tersebut melalui laman blog. Namun bagi pengunjung, blog akan menyulitkan mereka untuk menemukan jawaban yang tepat, serta menyita waktu yang lebih banyak. Itulah mengapa Anda membutuhkan FAQ—sebuah halaman atau bagian khusus dalam website yang menampilkan pertanyaan umum konsumen.

Apa Saja Fungsi dari FAQ?

Ada banyak fungsi serta manfaat dari FAQ bagi sebuah website, beberapa diantaranya yakni:

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Menampilkan FAQ adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan peringkat SEO Anda di search engine. Pada kenyataannya, FAQ bisa memuat konten berkualitas yang dilengkapi dengan kata kunci utama terkait bisnis Anda.

2. Menjawab Pertanyaan General Konsumen

FAQ membantu Anda menjawab pertanyaan umum yang sering muncul dari audiens. Dengan penjelasan yang komprehensif, FAQ secara intuitif juga akan memandu audiens untuk mengikuti alur bisnis Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Menghemat Waktu Audiens 

Asumsikan saja bahwa target audiens Anda adalah orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menjelajahi halaman web Anda. Tanpa adanya FAQ, mereka akan kesulitan menemukan informasi tentang siapa Anda, apa yang Anda berikan, dan berapa harga produk atau layanan Anda dalam waktu yang terbatas. 

4. Membangun Kepercayaan Target Audiens 

Membangun kepercayaan target audiens sangatlah penting agar mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda. Dan memuat halaman FAQ adalah salah satu langkah terbaik untuk mencapainya. FAQ juga seringkali dijadikan bagian dari customer support, sekaligus menjadi bukti atas kepedulian Anda terhadap masalah yang dihadapi konsumen. 

Baca Juga: Cara Membuat Halaman Privacy Policy Blog

Beberapa Contoh FAQ

Setiap perusahaan pasti memiliki beberapa pertanyaan khusus tentang merek, produk, layanan, harga, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bisnis.  Namun ada beberapa pertanyaan standar yang dapat Anda temukan di berbagai website perusahaan, diantaranya adalah:

  • Bagaimana kebijakan pengembalian?
  • Bisakah saya menerima pengembalian uang?
  • Bagaimana cara mengubah pesanan yang sudah saya lakukan?
  • Kapan saya akan menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak pernah menerima pesanan saya?
  • Apa yang harus saya lakukan jika saya menerima pesanan yang rusak?
  • Bagaimana cara menghubungi perusahaan jika pertanyaan saya tidak terjawab di sini? 

Tips Membuat Halaman FAQ untuk Website

Siap membuat halaman FAQ? Berikut beberapa tips yang patut Anda terapkan:

1. Kumpulkan Semua Pertanyaan yang Sering Diajukan

Kesalahan umum yang sering dilakukan perusahaan adalah membuat daftar pertanyaan yang menurut mereka diinginkan oleh pelanggan. Dengan kata lain, halaman FAQ yang dibuat tersebut hanya berdasarkan asumsi perusahaan. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan yang ditulis di FAQ tidak sepenuhnya memuat informasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengumpulkan pertanyaan aktual dari pelanggan melalui survei. Anda juga bisa menanyakan kepada tim customer service (CS) atau admin terkait masalah yang paling sering muncul dan ditanyakan konsumen kepada mereka.

2. Berikan Jawaban yang Jelas untuk Setiap Pertanyaan

Menyusun jawaban FAQ yang jelas, ringkas, mudah dicerna, akurat, dan komprehensif adalah sebuah keharusan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menghindari detail yang tidak relevan. Ingat, FAQ adalah halaman yang akan dicari pelanggan untuk menemukan solusi atas masalah mereka. Oleh karena itu, penjelasan yang berlebihan, bertele-tele, dan tidak relevan malah akan membuat audiens sulit memahaminya. 

3. Pantau dan Perbarui Halaman Sesuai Kebutuhan

Setelah halaman FAQ ditayangkan, Anda harus menganalisis kegunaannya secara teratur untuk mengetahui apakah Anda perlu mengoptimalkannya atau tidak. Buatlah analisis berbasis data untuk menentukan apakah Anda perlu menambahkan beberapa pertanyaan baru, atau mungkin menempatkan ulang bagian FAQ tersebut di tempat yang lebih mudah diakses pelanggan.

Baca Juga: Cara Membuat Contact Form WordPress Dengan Mudah

Buat Halaman FAQ Anda Sekarang!

Bagaimana, sekarang tentunya jadi semakin yakin kan untuk menambahkan FAQ ke halaman website Anda? Halaman atau bagian FAQ ini akan membawa banyak manfaat bagi Anda (sebagai pemilik website) dan juga bagi visitors web Anda. Yang pasti, selalu pastikan bahwa pertanyaan dan jawaban yang Anda tulis dalam FAQ dapat mengatasi masalah umum yang dihadapi konsumen dan ditulis dalam bahasa yang mudah dipahami.        

Tapi ingat, FAQ saja tak akan cukup untuk membuat web Anda terlihat lebih profesional. Pastikan juga kalau Anda sudah menggunakan custom domain yang tidak memuat ekstensi gratis seperti .blogspot.com atau .wordpress.com

Jika Anda sedang mencari domain murah, Anda bisa memanfaatkan layanan daftar domain terbaik dari Qwords.com—yang telah menjadi Accredited Registrar PANDI dan menyediakan lebih dari 500 ekstensi dengan harga hemat; termasuk ekstensi popular nasional dan internasional (seperti .com, .id, dan .co.id)

Semoga berhasil!

4 Replies to “Kenali Apa Itu FAQ dan Fungsinya…”

  1. Apakah dengan menambahkan FAQ pada website bisa menjadi jalan bagi pengunjung menemukan artikel saya

    1. Benar sekali kak
      FAQ bisa menjadi salah satu meningkatkan SERP pada halaman Google.

    1. Terima kasih sudah berkunjung kak,
      Jangan lupa kalau butuh domain hosting bisa pesan di Qwords.com saja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *