Teknologi jaringan komputer pada zaman modern ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Perkembangannya pun tidak ada habisnya, mulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit. Ethernet adalah teknologi yang sangat bermanfaat sehingga penggunaannya juga beragam. Mulai dari untuk pribadi ataupun untuk kepentingan bisnis.

Jaringan juga ada banyak macamnya, untuk area lokal ada LAN dan salah satunya ada ethernet. Anda perlu tahu tentang pengertian ethernet yang merupakan generasi penerus kabel LAN.

Apa Itu Ethernet?

Mengenal Ethernet, Pengertian, Fungsi dan Perkembangannya
Mengenal Ethernet, Pengertian, Fungsi dan Perkembangannya

Apabila Anda mempelajari tentang jaringan komputer maka tentu sudah tahu apa yang dimaksud dengan ethernet.  Ethernet adalah jaringan yang masuk ke dalam kategori Local Area Network (LAN) atau jaringan area lokal. Sistem komunikasi yang dibangun dengan ethernet akan membagikan arus data ke dalam frame.

Pada masing-masing frame terdapat alamat tujuan dan sumber data. Selain itu, dalam frame juga terdapat sistem pengecekan data sehingga apabila terjadi kerusakan dan error bisa dikembalikan lagi.

Dari sistem kerja jaringan ethernet yang merupakan salah satu jenis LAN, kemungkinan bisa membuat setiap PC berlomba untuk mengakses jaringan. Meskipun begitu, tetapi jaringan ethernet sekarang menjadi jenis LAN yang paling populer. Hal ini karena jaringan ethernet mudah diinstal dan hanya membutuhkan sedikit biaya. Bagaimana? Sudah pahamkan tentang pengertian ethernet?

 

Sejarah Ethernet

ethernet adalah
ethernet adalah

Setelah Anda mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan ethernet, selajutnya Anda pelajari juga sejarahnya. Ethernet merupakan jaringan LAN yang sudah mulai masuk ke pasaran pada tahun 1980. Pada tahun 1985, ethernet sudah dibakukan dan ditetapkan sebagai IEEE 802.3. Pada saat itu juga ethernet berhasil menggeser posisi kabel LAN jenis lainnya yang bersaing di pasar yang sama.

Baca juga: Sejarah Singkat Internet dan Perkembanganya Sampai Saat Ini

Bagaimana dengan asal usul pembuatan ethernet? Pada awalnya ethernet dikembangkan di University of Hawaii olah pengembang WAN. Pengembangannya dilakukan pada akhir tahu 1960 dengan proyek yang dinamakan ALOHA. Hal ini dilatarbelakangi oleh keinginan menghubungkan komputer pada satu universitas pada satu jaringan kampus, dimana di kampus tersebut geografisnya luas.

Lalu kapan ethernet dikeluarkan? Menurut sejarahnya, ethernet pertama kali dikeluarkan versi awalnya pada tahun 1975 oleh Xerox. Pada versi awal, memang menggunakan 100 komputer untuk disambungkan dan kecepatan jaringan bisa mencapai 2,94 megabit per second. Pada masa itu kabel yang digunakan untuk membuat jaringan panjangnya bisa mencapai satu kilometer.

Baru tahun 1983 ethernet diisetujui dan telah memenuhi standar industri protokol LAN. Apabila suatu jaringan dibangun dengan menggunakan ethernet maka sebutannya adalah ethernet network. Menurut standarnya, ethernet tersusun dari beberapa kabel dan juga sinyal dari lapisan OSI. Dari awal jaringan ethernet dirilis, memang sudah konsisten dan stabil dalam mempetahankan kualitasnya dalam keserasian antar perangkat yang baik.

Fungsi Ethernet

jaringan ethernet
jaringan ethernet

Mengetahui ethernet memang penting, tetapi akan lebih baik jika Anda paham dengan fungsinya. Tentu untuk membutuhkan ethernet controller atau ethernet card  yang menjadi dasar untuk membangun jaringan LAN. Apa itu ethernet controller? Ethernet controller atau ethernet card adalah perangkat yang berfungsi untuk transfer file dan data via jaringan komputer.

Komputer yang dihubungkan pada satu jaringan dan saling berkomunikasi dengan bantuan akses oleh fisik ke media jaringan. Sistem yang digunakan untuk ethernet juga termasuk pengalamatan tingkat rendah. Alamat MAC yang digunakan juga unik 48 bit yang terdapat pada ROM ethernet card. Jadi pada sebuah jaringan sudah pasti dalam masing-masing komputernya disertai dengan kartu alamat MAC yang unik.

Baca juga: Tips Lengkap Mengatasi Troubleshooting Jaringan

Apakah Anda sudah paham mengenai fungsi ethernet dan kartu jaringannya? Setelah Anda paham fungsi dan apa itu ethernet controller, maka selanjutnya Anda perlu tahu jenis dari ethernet. Berikut ini jenis ethernet dilihat dari kecepatan jaringannya.

  1. 10000 Megabit per detik atau bisa disebut 10 Gigabit per detik, jaringan berkecepatan tinggi ini standarnya masih belum diimplementasikan secara umum.
  2. 1000 Megabit per detik atau dikenal 1 Gigabit per detik, karena masuk dalam satuan giga membuat jaringan ini lebih dikenal dengan nama Gigabit Ethernet. Untuk standar yang digunakan untuk jaringan ethernet ini adalah 1000BaseT, 1000BaseCX, 1000BaseSX, dan 1000BaseLX.
  3. 100 Megabit per detik, ethernet jenis ini banyak dikenal dengan sebutan Fast Ethernet. Sedangkan untuk standar jaringan yang digunakan adalah 100BaseT, 100BaseTX, 100BaseFX, dan 100BaseT4.
  4. 10 Megabit per detik, jaringan dengan kecepatan ini sudah umum dan hanya disebut dengan Ethernet. Standar jaringan yang digunakan adalah 10BaseF, 10BaseT, 10Base2, dan 10Base4.

Setelah tahu pengertian ethernet pasti Anda paham seberapa pesat perkembangan teknologi. Semakin lama ada banyak jenis jaringan ethernet baru dengan kecepatan yang lebih mumpuni. Mungkin apabila Anda ingin menciptakan jaringan cepat, aman dan mumpuni, maka ethernet bisa menjadi pilihan Anda. biaya pemasangannya juga lebih murah dibandingkan dengan jaringan nirkabel. Apalagi jika Anda ingin menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan ethernet lebih mudah.

 

Penutup

 

Terlepas dari informasi seputar ethernet dan jaringan IT yang perlu Anda ketahui. Qwords.com sendiri saat ini memiliki beberapa promo hosting Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk mengakomodir kebutuhan website bisnis ataupun perusahaan.

Gunakan kode promo “Host2020” ketika checkout layanan cloud hosting, wordpress hosting, VPS, atau dedicated server untuk mendapatkan potongan harga hingga 20 persen. Sangat menarik bukan? Tunggu apa lagi? Segera miliki paket hosting impian ANda sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *