Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

3 min read

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Saat ini digitalisasi seluruh lini bisnis dan pemerintahan telah dilakukan. Karena pemakaian sistem digital terbukti lebih baik, hemat dan lebih murah. Terlebih lagi ekonomi digital merupakan lini yang paling pesat perkembangannya di dunia, terutama di Indonesia.

Hal ini mungkin terjadi karena digitalisasi membuat semua transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan transaksi konvensional. Oleh karena itu, digitalisasi ekonomi memegang peranan penting dalam pembangunan Indonesia.

 

Apa Itu Ekonomi Digital?

Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia
Perkembangan

Ekonomi digital adalah segala bentuk aktivitas ekonomi yang memanfaatkan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini termasuk kepada transaksi jual beli, marketing, dan lainnya yang dapat mempengaruhi perekonomian.

Baca juga: Manfaat Fintech Untuk Ekonomi Digital Indonesia

Digitalisasi ekonomi ini merupakan suatu terobosan yang baik. Karena dapat menghindari kasus pencurian dan pencopetan dengan transaksi cashless. Selain itu, setiap proses transaksi bakal berjalan lebih lancar, cepat dan aman.

Kendati demikian, digitalisasi untuk lini ekonomi tidak selamanya memiliki efek positif. Pasalnya, ekonomi berbasis digital membutuhkan berbagai perangkat keamanan agar tidak mudah diretas oleh hacker. Karena sistem digital sangat rentan disusupi orang jahat yang bisa menguras semua asset Anda.

 

Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia

perkembangan ekonomi digital di Indonesia
perkembangan

Ekonomi digital di Indonesia terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya jumlah e-commerce yang menjamur. Bahkan, beberapa di antaranya mampu berkembang pesat sehingga menjadi bisnis unicorn.

Digitalisasi ekonomi ini ternyata menjadi peluang tersendiri untuk industri UMKM. Karena, UMKM dapat memasarkan produk dan jasanya dengan lebih luas, lebih mudah dan lebih murah. Jadi, UMKM tersebut dapat bertahan, bahkan pada masa krisis ataupun pandemi seperti sekarang.

Jadi, dengan bantuan teknologi digital banyak jumlah usaha dan bisnis yang survive dan berkembang. Hal ini tentu akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan mengurangi tingkat pengangguran. Hingga pada akhirnya hal ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian negara.

Menilik dari data Ernst & Young, bahwa peningkatan transaksi pada e-commerce mencapai 40% per tahunnya. Sedangkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 93,4 juta orang dan 71 juta di antaranya adalah pengguna smartphone.

Dari dua data diatas, dapat diprediksi bahwa e-commerce dan digital ekonomi kedepan akan mengalami perkembangan yang positif. Oleh karena itu, manfaatkanlah digitalisasi ekonomi dengan baik agar kebutuhan dan usaha Anda menjadi semakin berkembang.

 

Contoh Ekonomi Digital

contoh transaksi digital
contoh transaksi digital

Ekonomi digital Indonesia semakin dikembangkan dan diintegrasikan oleh pemerintah melalui peraturan dan workshop yang diadakan oleh Kementerian. Walaupun demikian, praktik digitalisasi ekonomi ini telah lama berlangsung di Indonesia. Adapun contohnya antara lain:

 

1.Gojek dan Grab Untuk Transportasi

SSahabat Qwords tentu sudah tidak asing lagi dengan Grab dan Gojek sebagai salah satu startup yang berkembang dengan cepat melalui pelayanan transportasi. Gojek ini memberikan dampak ekonomi yang baik bagi para driver sehingga pemerataan ekonomi masyarakat Indonesia semakin baik.

 

2.OVO, Dana dan Lainnya Untuk E-Wallet

E-wallet merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan warga negara Indonesia. Karena teknologi ini bisa memudahkan transaksi yang ada. Oleh karena itu, perkembangan e-wallet ini semakin baik dari waktu ke waktu sehingga menyerap banyak tenaga kerja.

 

3.BukaLapak, Lazada dan Lainnya Untuk E-commerce

E-commerce juga salah satu contoh dari digitalisasi ekonomi yang banyak digunakan di Indonesia. Bahkan, beberapa e-commerce mampu berkembang pesat dan memiliki market share sendiri di Indonesia. Namun, bertahan dibidang ini tidaklah mudah karena persaingannya sangat tinggi.

Tentu masih banyak lagi contoh dari digital ekonomi tersebut. Namun, tiga contoh diatas merupakan yang paling banyak digunakan dan paling mudah diakses oleh masyarakat Indonesia.

 

Dampak Ekonomi Digital

dampak
dampak

Melalui perkembangan digital di segala lini kehidupan terutama ekonomi. Tentunya terdapat beberapa dampak di Indonesia yang dapat Anda rasakan, seperti:

  • Ekonomi; transaksi yang lebih cepat, pemerataan ekonomi, integrasi data ekonomi dan lainnya.
  • Pendidikan; akses pendidikan, informasi dan bahan pelajaran menjadi lebih mudah serta membuka bisnis baru untuk pelatihan dan les online.
  • Sosial; menjadi landasan untuk melakukan pembangunan ekonomi inklusif, sehingga usaha kecil dapat berkembang.
  • Pemberdayaan SDM yang lebih baik; hal ini diketahui dari mitra driver Gojek dan Grab yang merupakan penyandang disabilitas.

Tentunya masih banyak lagi dampak dari digitalisasi ekonomi ini bagi masyarakat Indonesia. Namun, 4 poin diatas dapat mewakili dampak positif dari ekonomi berbasiskan digital tersebut.

 

Potensi Ekonomi Digital Indonesia

potensi
potensi

Sebagai negara yang sedang berkembang, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dari segi digital ekonomi. Mengapa? Karena masih banyak ruang dan sisi digitalisasi ekonomi yang belum tereksplor. Bahkan yang ada saja masih bisa dikembangkan agar menjadi lebih baik.

Baca juga: Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Era Digital

Oleh karena itu, ekonomi berbasis digital di Indonesia akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Anda bisa meniru jenis usaha digital yang ada di luar negeri tapi belum ada di Indonesia.

Walaupun potensinya sangat besar, ekonomi digital ini juga memiliki beberapa kendala yang vital seperti keamanan. Oleh karena itu, sebelum ikut berkecimpung dalam bidang ini pastikan Anda telah memiliki tim yang ahli dalam menangani hal tersebut.

Anda bisa memulai mengembangkan potensi digital dengan mempromosikan bisnis konvensional menjadi online. Tidak perlu biaya tinggi untuk merealisasikan hal ini, karena Anda hanya butuh website yang dibangun menggunakan web hosting terbaik Indonesia, serta nama domain unik untuk memudahkan branding.

Bagaimana menurut Anda? Apakah sudah siap untuk menyambut era digital mulai dari sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *