Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website

3 min read

Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin Website

Dewasa ini semakin banyak bermunculan registrar domain yang menawarkan harga menggiurkan. Bahkan, sudah ada beberapa ekstensi domain gratis yang bisa digunakan oleh blogger maupun web developer untuk mengakomodir kebutuhan bikin website agar tampak semakin professional.

Tak dipungkiri lagi, nama domain adalah salah satu elemen penting untuk menunjang aktivitas blogging. Selain mampu mempermudah pengunjung mengakses konten pada website atau blog, ada banyak sekali keuntungan dari menggunakan top level domain.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan Domain XYZ

Nah, bagi sahabat Qwords yang tertarik untuk belajar membuat website, berikut ini sudah kami rangkum informasi terkait penyedia ekstensi domain gratis lengkap dengan ulasan terkait resiko menggunakan domain gratisan, kelebihan domain gratis, serta tutorial cara mendapatkannya.

Keuntungan Domain Gratis

keuntungan menggunakan domain gratis
keuntungan menggunakan domain gratis

1.Tidak Ada Biaya Tahunan

Sudah jelas, karena sifatnya gratis maka tidak ada biaya atau ongkos yang harus dibayar setiap tahun. Hal ini tentu sangat membantu para blogger pemula yang masih ingin belajar mengotak-atik website untuk kepentingan belajar.

2.Mudah Didapatkan

Untuk mendapatkan ekstensi domain secara gratis caranya sangat mudah dan gampang. Biasanya Anda tinggal melakukan registrasi akun, kemudian langsung bisa cek ketersediaan nama domain yang ingin digunakan.

3.URL Lebih Singkat 

Ada banyak pro dan kontra menarik terkait domain gratisan. Terutama dikalangan blogger atau internet marketer. Menggunakan domain gratisan sendiri relatif memudahkan jika ingin membuat website brand yang mudah diingat konsumen.

Ekstensi domain seperti .TK atau .GA, tentu jauh lebih singkat dibandingkan subdomain blabla.subdomain.com. Benar begitu bukan?

Kekurangan Domain Gratis

kekurangan domain gratis
kekurangan domain gratis

1.Terlihat Kurang Professional

Kekurangan domain gratis yang paling besar adalah kurangnya value atau nilai jual dari ekstensi domain yang digunakan. Orang akan cenderung menyepelekan atau menyangsikan kredibilitas website Anda jika domain gratisan digunakan untuk website bisnis.

2.Rawan Hilang Terkena Banned

Sebagai pengguna barang gratisan, tentu sudah semestinya kita mematuhi segala aturan yang diberikan oleh penyedia layanan.  Termasuk adanya potensi banned atau domain terhapus tanpa adanya pemberitahuan.

3.Tidak Leluasa Menentukan Ekstensi Pilihan

Karena kita tidak membayar, maka ekstensi domain gratis yang akan kita dapatkan tergantung dari penyedia layanan. Adapun pilihannya tentu tidak sebanyak jika kita menggunakan domain dengan cara membeli.

4.Tidak Bisa Membuat Subdomain

Apa itu subdomain? Anda bisa membaca penjelasan terkait subdomain melalui artikel berikut ini: Mengenal Perbedaan Addon Domain dan Subdomain.

Sayangnya, jika kita menggunakan domain gratis fitur subdomain ini tidak bisa digunakan. Jadi, harus memilih ekstensi domain berbayar yang saat ini bisa didapatkan mulai dari Rp15 ribuan saja per tahun.

5.Tidak Ada Support

Berbeda dengan ketika kita membeli nama domain, menggunakan domain gratis biasanya tidak akan mendapatkan layanan support yang baik, atau bahkan malah tidak ada support sama sekali. Hal ini tentu sangat merepotkan bagi para blogger pemula yang mengalami kendala dalam proses pemasangan, setting, atau hal-hal teknis lainnya.

6.Kemampuan Index Lemah

Mayoritas pengguna membuat blog dengan tujuan untuk meraup pundi-pundi penghasilan. Untuk mencapai hal itu, maka salah satu syaratnya yakni dengan meningkatkan traffic sebanyak-banyaknya.

Nah, sayangnya untuk beberapa ekstensi domain gratisan kurang memiliki power ketika diajak untuk bertarung di SERP.

Daftar Domain Gratis

daftar domain gratis
daftar domain gratis

Nah, setelah mempelajari keuntungan dan kekurangan menggunakan domain gratis, sekarang saatnya bagi Anda untuk mengetahui macam-macam ekstensi domain yang bisa didapatkan tanpa perlu membayar biaya berlangganan.

1. Domain .TK

Sebagai informasi, ekstensi domain .TK merupakan jenis ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang berasal dari negara Tokelau. Nama domain dari daerah yang berada di benua Oceania tersebut bisa sahabat Qwords dapatkan secara gratis sebagai bahan untuk belajar bikin website.

2. Domain .GA

Ekstensi domain .GA tercatat sempat populer di medio tahun 2011-2013 dimana masih banyak blogger pemula yang tertarik untuk terjun ke dunia maya. Karena gratis, dulu banyak yang membuat blog dan  website untuk belajar, bahkan ada juga yang berhasil mendaftar dan diterima Google AdSense menggunakan domain yang satu ini. Tertarik mencobanya?

3. Domain .ML

Ada yang pernah mengunjungi website dengan ekstensi domain .ML? Ekstensi domain ini sejatinya merupakan nama untuk negara Mali, salah satu daerah di kawasan Afrika Barat. Sama seperti ekstensi gratis lainnya, domain ini memiliki masalah pada tingkat kredibilitas serta kemampuan menghandle traffic yang terbatas.

Baca juga: Daftar Ekstensi Nama Domain Negara di Dunia

Meski begitu, domain .ML masih layak untuk dijadikan sebagai bahan percobaan untuk membuat website.

4. Domain .CF

Hampir sama seperti .GA, Ekstensi domain .CF juga terbilang lumayan populer dikalangan blogger. Nama domain yang ditujukan untuk warga negara Central Africa (Afrika Tengah) tersebut sempat menghiasi beberapa forum, grup diskusi, hingga platform social bookmarking pada jamannya.

5. Domain .GQ

Domain gratis selanjutnya adalah ekstensi .GQ. Apa itu domain .GQ? Domain ini merupakan country code untuk negara Guinea Ekuator dan masih memiliki karakteristik hampir sama seperti beberapa ekstensi domain sebelumnya, yakni memiliki kemampuan rendah untuk menghandle traffic, tingkat kepercayaan rendah, serta indeks di mesin pencari yang sulit dioptimasi.

Cara Membuat Domain Gratis

  1. Buka website freenom.com
  2. Lakukan cek domain yang ingin digunakan melalui kolom Whois domain, kemudian tekan tombol Check Availability.
  3. Pilih Ekstensi domain yang ingin digunakan, sahabat Qwords bisa memilih domain .TK, .GA, .ML, .GQ atau .CF tentukan sesuai selera dan ketersediaan.
  4. Klik pada salah satu ekstensi, kemudian klik Checkout.
  5. Selanjutnya Anda bisa memilih proses registrasi dengan memasukkan alamat Email atau login menggunakan akun media sosial.
  6. Ikuti langkah registrasi dengan mengisi Nama, Email, Nomor Telepon, dan alamat.
  7. Selesai.

Beli Hosting Gratis Domain

WordPress Hosting Qwords by Andy N
WordPress Hosting Qwords

Selain menggunakan beberapa domain gratis di atas, sebenarnya masih ada cara lain yang lebih elegan untuk mendapatkan domain secara gratis. Caranya yakni dengan berlangganan paket hosting Indonesia di Qwords.com minimal untuk termin 1 tahun.

Sebagai pemula, Anda bisa berlangganan paket WordPress Hosting dari Qwords.com dengan biaya mulai dari Rp50 ribu perbulan. Paket hosting bulanan ini sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir website kelas menengah yang ingin memiliki kecepatan serta kemampuan indeks optimal.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera coba layanan Hosting khusus WordPress dari Qwords sekarang juga! Gratis trial selama 30 hari lho!

Semoga bermanfaat.

6 Replies to “Daftar Domain Gratis Untuk Belajar Bikin…”

  1. Saya masih pemula tentang dunia internet dan sekarang bekerja sebagai salah satu staff di kantor desa. Sy berencana membuat website tentang desa dan sy menemukan contoh demo website yg menurut sy bagus yaitu :
    https://ndesopro.ciuss.com/
    Apakah saya bisa dibantu cara pembuatan website tersebut jika memesan domain dan hosting di sini…?

    Terima kasih sebelumnya…

    1. Bisa kak,
      Tim teknis kami siap untuk membantu proses instalasi sampai website online bisa diakses oleh semua orang.
      Kalau mau pesan bisa langsung buka di domain Qwords.com ya
      Terima kasih

  2. mau tanya pak apakah website yg kita buat trsebut bisa mengamankan data (menyimpan data pribadi tanpa dik.org lain selain diri kita sendiri)

    1. Bisa kak sekali dong kak,
      data yang tersimpan di website bisa aman asal tau caranya kak.
      Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *