Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Mengenal Digital Advertising, Tipe & Trend di Indonesia

2 min read

Digital Advertising, Tipe & Trend di Indonesia

Berapa menit Anda menggunakan internet setiap hari dan berapa iklan yang sudah Anda lihat? Nah jika Anda sempat menghitungnya pasti ada lebih dari satu iklan yang tayang. Inilah evolusi dari iklan yang sekarang sudah merambah dunia digital yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Salah satu yang mendukung digital advertising saat ini adalah pengguna internet yang semakin bertambah setiap tahunnya. Selain itu juga banyak jenis format digital advertising yang bisa ditampilkan, tidak hanya tulisan dan gambar statis saja.

Menurut laporan dari 2020 Global Ad Trends dari PubMatic, digital advertising diprediksi akan tumbuh sebesar 54% dengan nilai transaksi lebih dari $500 juta. Nah dari data tersbebut bisa dilihat setiap tahunnya perkembangan digital advertising yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Agar lebih jelasnya Anda bisa membaca pengertian tentang digital advertising, tipe-tipenya dan juga trends digital advertising di Indonesia saat ini.

Apa itu Digital Advertising

Strategi marketing
Strategi marketing

Digital advertising adalah pemasaran yang dilakukan oleh seorang dengan menggunakan media digital internet dengan tujuan untuk menjangkau para calon pelanggan yang lebih tertarget, luas dan cepat. Media internet yang biasa digunakan saat ini seperti mesin pencari Google, Youtube, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Digital advertising dilakukan bukan hanya untuk perusahaan bermodal besar saja, melainkan bisa dilakukan oleh para pelaku usaha UMKM. Iklan digital memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan dengan konvensional, karena iklan digital bisa diatur berdasarkan target audiens, waktu, lokasi dan medianya.

Tipe Digital Advertising

Tipe digital advertising memiliki banyak ragamnya, jadi Anda bisa leluasa dalam membuat materi iklan sehingga bisa menghasilkan konversi yang lebih baik. Nah berikut ini tipe-tipe iklan digital yang banyak digunakan saat ini:

  • Search Engine Marketing

    Strategi SEO
    Strategi SEO

Search Engine Marketing adalah jenis iklan yang menggunakan mesin pencari sebagai medianya. Biasanya iklan pada search engine ini menggunakan sistem PPC (Pay Per Click) yaitu dibayar setiap iklan di klik oleh pengguna.

Iklan dengan SEM seperti ini Anda bebas menetapkan budget iklan, waktu tayang, target audiens dan juga ads copy. Anda juga bisa melihat performa iklan secara langsung apakah mendatangkan profit atau tidak. Iklan PPC ini biasa tampil pada hasil pencarian dan juga website-website yang bekerja sama dengan mesin pencari seperti Google, Bing dll.

  • Social Media Marketing

Social Media Marketing atau SEM adalah jenis iklan yang tayang pada akun social media seperti Facebook, Instagram, TikTok dll. Inilah alasan mengapa para pemilik aplikasi social media mengratiskan untuk semua penggunanya, karena dari database pengguna ini para pemilik aplikasi akan menjualnya untuk iklan berbayar.

Sekarang ini banyak ditemui untuk iklan pada social media dengan berbagai bentuk seperti display ads, text ads dan video ads. Setiap platform social media pasti memiliki jenis iklan yang paling bagus, salah satunya Instagram yang lebih optimal dengan iklan format video daripada iklan gambar.

Baca juga : Strategi Branding Digital Untuk Produk

  • Text Ads

Text ads adalah jenis iklan berupa tulisan saja. Iklan seperti ini lebih simple dalam pembuatannya, tetapi untuk konversi tidak kalah bagus dengan tipe iklan lainnya. Jika tertarik Anda bisa mengkombinasikannya dengan tipe iklan lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

  • Display Ads

Display ads adalah jenis iklan yang menggunakan gambar sebagai medianya. Tujuannya dengan menggunakan gambar bisa menarik para pengguna internet untuk melihat materi iklannya, jika tertarik pengguna internet bisa membukanya atau melakukan pembelian produk yang diiklankan.

  • Video Ads

    video youtube
    video youtube

Video ads adalah tipe iklan yang lebih interaktif, materi iklan bentuk video seperti ini lebih menarik untuk dilihat  oleh pengguna internet. Tetapi perlu diperhatikan juga dalam konsep pembuatan videonya haruslah bagus sehingga tidak membosankan saat melihatnya. Jika berhasil iklan model video ini bisa berpotensi viral sehingga lebih dikenal oleh orang-orang.

  • Google Shopping

Pernahkan Anda mencari suatu produk kemudian muncul paling atas pada mesin pencari Google, biasanya akan ditampilkan foto produk, nama produk dengan harga. Anda bisa langsung klik iklan Google shopping tersebut dan langsung menuju pada pengiklannya langsung, jika tertarik Anda bisa melakukan pembelian secara langsung pada produk tersebut.

Trend Digital Advertising

Berbicara trend digital advertising di Indonesia saat ini, setiap tahunnya trend digital advertising meningkat pesat. Sebagai pemilik bisnis Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan produk Anda sehingga bisa dikenal lebih banyak orang. Pastikan dulu untuk melakukan riset pasar sehingga hasil iklannya bisa maksimal.

Untuk mengkombinasikan iklan, Anda butuh landing page untuk menampilkan produk-produk yang dijual. Untuk itu Anda membutuhkan layanan hosting dengan nama domain yang menarik. Jika Anda butuh domain hosting bisa langsung pesan saja di Qwords.com

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *