PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional open source yang dikembangkan. PostgreSQL merupakan software basis data relasional open-source yang berjalan pada platform Linux dan berfungsi dengan objek sebagai komponen relasional dalam sistem manajemen basis data.

Beberapa fitur yang menonjol dari database ini adalah, sangat kuat dan dapat diandalkan, proses pemulihan mudah, dan biaya perawatan lebih murah serta upaya manual. PostgreSQL dikembangkan dan dikelola oleh PostgreSQL Global Development Group, yang merupakan grup pengembang PostgreSQL.

Apa itu PostgreSQL

PostgreSQL
PostgreSQL

Structured Query Language (SQL) digunakan untuk mengakses data dalam tabel database, dan karenanya juga disebut sebagai Postgres. PostgreSQL adalah relational database management system (RDBMS) atau  sistem manajemen basis data objek-relasional dan menggunakan SQL sebagai bahasa query utamanya.

Database Management System (DBMS) adalah kombinasi dari aplikasi, berbagai utilitas, dan library. Selama bertahun-tahun, tidak ada DBMS di luar sana. Database objek-relasional menentukan database bersama yang besar.

Adapun basis data adalah sistem di mana manusia dapat menyimpan datanya. Ambil data darinya dan memanipulasi data juga. Sistem ini sebagian besar dikelola oleh server dalam database. Setiap aplikasi memiliki database sendiri

Belajar postgreSQL sangat mudah dipahami. Hanya perlu tahu bagaimana kerjanya. PostgreSQL mendukung banyak tipe data seperti string, numerik, tanggal dan waktu seperti MySQL. PostgreSQL juga mendukung tipe data untuk bentuk geometris, gambar, alamat jaringan, string bit, pencarian teks, dan entri JSON, dll.

Kelebihan PostgreSQL

  1.     PostgreSQL Gratis Digunakan

Postgre adalah proyek open-source gratis, tidak perlu perjanjian lisensi atau belajar pada versi demo. Semua pengguna mendapatkan seluruh program secara gratis tanpa biaya. Asalkan pengguna tetap dengan versi standar PostgreSQL maka akan dapat menuai semua manfaat dengan tidak ada gangguan yang melekat pada sistem berbayar.

  1.     PostgreSQL Aman

Tidak seperti MySQL, yang dimiliki dan dikendalikan oleh satu oleh entitas komersial, PostgreSQL adalah upaya open-source yang dikendalikan oleh beberapa perusahaan, termasuk Cybertec. Hal itu berarti PostgreSQL tidak dapat dengan mudah dibeli atau diambil alih oleh entitas manapun tanpa persetujuan dari semua pihak yang mengendalikan.

Komunitas PostgreSQL telah bekerja untuk memastikan Postgre tidak dapat sama dengan MySQL. Sementara salah satu pihak yang mengendalikan dapat memutuskan untuk menjual masing-masing saham, inti dari proyek akan selalu tetap open source karena begitu kode ditetapkan sebagai sumber terbuka, kode itu tidak dapat dibeli atau menjadi pribadi.

  1.     Bisa Direplikasi

Replikasi adalah fitur inti di Postgre, tanpa biaya tambahan dan lisensi. Tooling internal yang disertakan kuat dan PostgreSQL memiliki fitur bawaan yang mendukung berbagai alat eksternal yang dibutuhkan DBA untuk membuat sistem di sana berjalan dengan lancar dan efisien.

Fitur PostgreSQL

Fitur PostgreSQL
Fitur PostgreSQL

PostgreSQL adalah DBMS relasional canggih yang mencakup lebih dari 3.000 halaman dokumentasi. PostgreSQL berisi banyak fitur hebat, di antaranya adalah :

  1. PostgreSQL hadir dengan sistem pemberitahuan penerbitan-berlangganan sederhana berbasis topik. Pemberitahuan terdiri dari nama topik dan muatan (hingga sekitar 8000 karakter). Multi-Version Concurrency Control (MVCC)
  2. Pemulihan point-in-time
  3. Tablespace
  4. Replikasi asinkron
  5. Savepoints
  6. Backup online
  7. Perencana / pengoptimal permintaan canggih
  8. Write ahead logging untuk toleransi kesalahan.

Baca juga : Daftar Bahasa Pemrograman Terpopuler Saat Ini

Sejarah Singkat PostgreSQL

Sejarah PostgreSQL
Sejarah PostgreSQL

PostgreSQL ada sejak tahun 1986 ketika POSTGRES, sebuah proyek penelitian dari University of California di Berkeley, dipimpin oleh peneliti basis data Michael Stonebraker yang sangat berpengaruh.

Dalam desain POSTGRES, tim Stonebraker berusaha untuk memperbaiki INGRES, proyek prototipe sebelumnya yang juga dipimpin oleh Stonebraker, terutama melalui dukungan tipe yang ditentukan pengguna dengan aturan bisnis yang rumit dan konsep objek-relasional lainnya.

Pada tahun 1996, proyek ini menarik banyak minat dari luar akademisi dan proyek ini dinamai PostgreSQL. PostgreSQL dimulai pada versi 6. Versi 6 ini memiliki banyak fitur yang dikembangkan, termasuk Kontrol Concurrency Multiversion.

Kira-kira 4 tahun setelah versi 6 muncul, maka PostgreSQL 7.0 – 7.4 menandai era 7 dengan  implementasi awal WAL (write-ahead logging). WAL adalah sebuah teknik untuk menyediakan atomisitas dan daya tahan dalam sistem basis data. Segmen WAL ditulis ke disk yang menjelaskan semua perubahan ke database PostgreSQL, sebelum menerapkan perubahan.

PostgreSQL 8 lalu hadir tahun 2004 – 2009, yang membawa fitur WAL – log write-ahead – menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari banyak fitur lainnya terutama fitur clustering.

PostgreSQL 9 lalu hadir dengan replikasi biner yang sederhana, di luar kotak. PostgreSQL 9 membawa fitur yang dibawa oleh 2ndQuadrant, sebagai tambahan fitur dari perusahaan sebelumnya pada fitur-fitur terkait WAL, khususnya, pengenalan fitur Hot Standby CTO 2ndQuadrant Simon Riggs tentang fitur Hot Standby.

PostgreSQL versi 9.1 menawarkan sesuatu yang sangat bernilai, pengguna bahkan dapat mengontrol daya tahan setiap transaksi.

Setiap sistem memiliki beberapa kekurangan. Jika Anda benar-benar ingin mempelajari PostgreSQL, maka mulailah dengan SQL. Dengan mempelajari SQL Anda akan siap menangani basis data apapun dengan mudah.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan domain hosting untuk keperluan website, Kami memiliki rekomendasi penyedia domain hosting murah dari Qwords.com. Qwords sudah berpengalaman dalam melayani puluhan ribu klien dengan berbagai jenis bisnis. Tunggu apalagi gabung sekarang juga dan dapatkan promo menarik untuk pembelian domain dan hosting.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *