Bicara tentang persyaratan pengadaan infrastruktur IT atau Informasi teknologi di tanah air, maka hal terpenting yang harus dipikirkan pertama kali adalah data center Indonesia atau pusat data.

Meski sering mendengar istilah ini, namun hampir dapat dipastikan tidak setiap orang mengetahui dan memahami arti yang sesungguhnya. Padahal, fungsinya sangat penting untuk melakukan aneka jenis kegiatan terutama yang berkaitan dengan urusan data dan bisnis.

 

Data Center Adalah

Pentingnya Data Center Untuk Menunjang Aktivitas Bisnis
Pentingnya Data Center Untuk Menunjang Aktivitas Bisnis

Data center adalah suatu fasilitas berupa jaringan komputer dan ruang penyimpanan data yang bisa dipakai oleh kalangan pebisnis maupun organisasi untuk melakukan pengaturan, pemrosesan, penyimpanan serta penyebarluasan data dalam skala besar.

 

Fungsi Data Center

Selain itu data center juga bisa difungsikan sebagai komponen utama atau principal repositories pada berbagai perangkat IT seperti subsistem penyimpanan, firewall, router, networking switches, physical racks, server hingga pemasangan kabel yang dipakai untuk menghubungkan dan mengatur peralatan IT.

Baca juga: Manfaat Big Data untuk Keperluan Bisnis

Sehubungan dengan pengertian dan tujuannya tersebut, ada beberapa spesifikasi data center yang harus terpenuhi. Di antaranya ketersediaan tape drives, hard disk drive dan fasilitas penyimpanan data lainnya secara internal maupun eksternal seperti software, backup, cloud, teknologi storage area networks atau SAN beserta network attached storage atau NAS.

Selain itu, tingkat kepadatan dayanya harus tinggi karena kebutuhan penyimpanan data akan selalu bertambah. Hal ini berpengaruh besar terhadap penggunaan daya listrik, sehingga lebih disarankan memilih layanan data center Indonesia yang mempunyai kepadatan daya listrik tinggi atau high power density.

Scalability juga menjadi bagian dari spesifikasi data center yang perlu dipertimbangkan karena dapat digunakan untuk menyesuaikan semua infrastruktur yang terdapat di data center menurut kondisi dan perkembangan data.

Biasanya, setiap layanan yang bersifat scalable selalu dilengkapi dengan fasilitas arsitektur distribusi. Sehingga daya tampung datanya lebih bagus dan besar.

Berikutnya Anda jangan lupa untuk memperhatikan kemampuan replikasi dan backup. Dengan adanya fasilitas replikasi data, setiap masalah yang muncul secara tidak terduga terutama pada hardware bisa segera diatasi dengan mudah. Proses penyimpanan data dalam data center itu tidak hanya berfungsi untuk mengelola data saja, namun harus bisa juga melakukan replikasi di lokasi lain.

Sedangkan backup data, tujuan penggunaannya hampir sama yaitu untuk mengatasi masalah yang sifatnya tidak terduga misalnya bencana alam, kerusakan hardware atau software dan sebagainya. Karena data sudah disalin maka resiko hilang bisa diminimalkan.

Untuk spesifikasi yang terakhir, berhubungan erat dengan masalah biaya. Setiap data center yang sudah scalable biasanya selalu mampu memberikan fasilitas penyimpanan data sesuai kebutuhan klien.

Karena itu jika memang memiliki tujuan yang jelas untuk pengembangan bisnis dan kegiatan lainnya, jangan sungkan menyediakan dana khusus untuk penyediaan fasilitas data center.

 

Tips Memilih Data Center

Sedangkan beberapa hal lain yang juga layak jadi bahan pertimbangan untuk memilih layanan data center antara lain security atau keamanan data dan informasi pemakai. Selain itu sistem kerja pada penyimpanan dan pemrosesan, banyaknya IP Provider dan bandwith. Semua memiliki kaitan erat dengan aktivitas yang dilakukan terutama jika menggunakannya untuk kegiatan bisnis.

 

Lokasi Data Center Indonesia

lokasi data center di Indonesia
lokasi data center di Indonesia

Dalam perkembangannya, saat ini sudah terdapat beberapa data center Jakarta yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar dan sebagian diantaranya berpusat di Gedung Cyber. Lokasinya bisa Anda ketahui karena ada di kawasan Jakarta Selatan dan berada di daerah strategis yang mudah dijangkau dan diakses dari arah mana saja.

Dalam hal ini, pemerintah sangat menyadari bahwa masyarakat sangat membutuhkan data center Indonesia untuk berbisnis dan menjalankan usaha. Karena itu selain Jakarta, dibangun pula data center lain seperti di Bogor, Medan dan Surabaya. Dibanding negara lain seperti Singapura yang lebih maju, Indonesia justru punya peluang lebih besar untuk mengembangkan data center karena memiliki lokasi yang lebih besar dan luas.

Secara garis besar, data center Jakarta dan kota lain di tanah air dapat dipakai oleh semua pihak, khususnya yang membutuhkan ruang penyimpanan data secara aman dengan dukungan jaringan internet. Kapasitasnya sangat besar dan memiliki kecepatan tinggi.

Pada saat ini sebagian besar pemakai data center Indonesia adalah instansi pemerintah dan swasta khususnya perusahaan besar seperti perbankan, asuransi dan sebagainya. Startup aplikasi digital dan sejumlah layanan transportasi berbasis online juga banyak yang menggunakan data center dengan tujuan untuk mendapatkan akses data yang lebih cepat dalam melayani konsumen.

Baca juga: Qwords Launching VPS-K Data Center Surabaya

Untuk kedepannya, diharapkan makin banyak masyarakat yang ikut memanfaatkan fasilitas data center ini, terutama bagi pelaku UMKM. Sehingga usaha yang dijalankan lebih cepat berkembang dan mengalami kemajuan secara lebih signifikan.

Pusat data atau data center itu tidak hanya berguna untuk menyimpan, mengakses data maupun meletakan aplikasi saja. Lebih dari itu, fasilitas tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan efisiensi di segala bidang usaha atau bisnis dan kegiatan lain yang bermanfaat.

data center
data center

Melalui fasilitas data center Indonesia pula, anggaran yang harus dikeluarkan untuk mengelola data bisa semakin hemat. Jika membuat sendiri tentu diperlukan dana yang sangat besar dan hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh kalangan pebisnis kelas UMKM. Jadi kesimpulannya, pendirian data center sangatlah bagus bagi masyarakat di tanah air.

Sebagai informasi, Qwords sendiri memiliki data center yang berlokasi di Cyber Building, Kuningan, Jakarta Selatan. Dengan adanya data center yang terpusat di Indonesi, makabisa dipastikan akses file pada website Anda bakal semakin kencang. Coba rasakan pengalaman menggunakan Hosting Murah Value Performance yang bisa didapatkan mulai dari Rp14 ribuan perbulan. Sangat terjangkau bagi blogger maupun pebisnis pemula yang memiliki budget terbatas.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *