Di era modern seperti saat ini, manusia tidak bisa lepas dari teknologi yang bernama internet. Adanya internet membuat semua masyakarat di dunia sangat terbantu. Internet diciptakan memang untuk memberi kemudahan atas pekerjaan manusia. Namun tetap saja ada banyak dampak positif dan negatif internet yang harus Anda ketahui.

Agar bisa menggunakan internet dengan bijaksana, tentu saja Anda harus mengenali dua dampak ini dengan baik. Untuk dampak positifnya harus dimaksimalkan setiap penggunaanya. Begitu pula sebaliknya, untuk dampak negatif harus Anda hindari sebisa mungkin supaya tidak merugikan diri Anda sendiri. Untuk keduanya, Anda bisa ikuti pembahasan artikel seperti berikut.

Macam-Macam Dampak Negatif Internet

Dampak positif dan negatif internet
Dampak positif dan negatif internet

Internet memiliki banyak dampak negatif yang harus Anda hindari sebisa mungkin. Selain yang buruk, dampak positif dan negatif internet bagi pelajar juga sangat kental. Berikut beberapa dampak negatif internet yang perlu Anda ketahui:

1. Konten Dewasa

Tidak salah apabila internet dikaitkan dengan konten dewasa, baik yang berupa video, gambar, konten ataupun sebagainya. Dengan menggunakan media internet ini, memberi peluang setiap orang untuk mengunduh, melihat dan juga memperdagangkan pornografi. Jadi internet bukan hanya berisi bisnis anak muda yang menjanjikan untuk Anda lakukan saja.

Namun berisi juga berbagai fantasi dan juga role playing yang dikhususkan untuk orang dewasa. Ini tentu cukup membahayakan, khususnya untuk anak-anak yang sebenarnya belum boleh mengakses konten dewasa tersebut.

2. Tersebarnya berbagai informasi palsu

Berita HOAX
Berita HOAX

Informasi palsu atau yang akrab disapa hoaks juga sangat tersebar luas di internet. Informasi ini tentu saja menakutkan bagi setiap orang, khususnya kalangan yang belum terlalu paham mengenai informasi tersebut. Bisa jadi informasi palsu ini lebih menakutkan dibanding pembunuhan karena efeknya berjalan dalam jangka panjang.

Sebetulnya sangat mudah untuk mendeteksi mana informasi palsu dan yang tidak. Hanya saja kebanyakan masyarakat jaman sekarang memang tidak mau memikirkan hal tersebut. Sehingga wajar jika banyak yang langsung percaya. Parahnya, informasi palsu tersebut juga disebarkan ke orang lain sehingga banyak yang dirugikan.

3. Menampilkan sisi kekejaman

Kompleksnya berbagai informasi yang ada di internet banyak situs menampilkan berbagai informasi, termasuk informasi yang mengarah kekejaman. Meskipun hanya untuk menaikkan pamor atau sebagainya, tentu saja informasi seperti ini tidak patut untuk diberitakan ke orang lain. Karena bisa membuat trauma dan dianggap tabu oleh sebagian orang.

4. Penipuan

Inspirasi bisnis anak muda yang banyak di internet membuat segala hal bisa terjadi. Contohnya saja sering terjadinya penipuan yang merugikan sebagian besar korbannya.  Jadi Anda yang ingin melakukan bisnis atau ingin menambah uang bulanan harus memastikan jika bisnis yang Anda jalani tersebut bagus dan terpercaya.

Baca juga : Cara Menangkal Berita HOAX

Bagaimana Cara Mencegah Dampak Negatif Internet

Lantas bagaimana cara mengatasi dampak negati akibat perkembangan teknologi internet? Ada banyak cara yang bisa ditemui, contohnya pemerintah sudah membatasi akses internet dengan internet positif. Dengan metode ini, pengguna tidak bisa akses internet yang tidak sejalan dengan dampak positif internet. Dari diri sendiri, Anda harus cermat dan teliti untuk mencari info di internet.

Macam-Macam Dampak Positif Internet

Terlepas banyaknya dampak negatif internet yang kita bahas sebelumnya, masih ada banyak dampak positif yang bakal Anda dapat. Sebagai masyarakat cerdas, gunakan internet sebijak mungkin. Hindari berbagai hal yang membuatmu rugi dan lakukan apa saja yang menguntungkanmu namun tetap sejalan dengan aturan yang ada.

Dampak positif dari penggunaan internet ini sudah banyak kita temui. Hanya saja untuk membuat lebih yakin, berikut beberapa dampak positif tersebut:

1. Wadah untuk menambah pengetahuan

Mencari Informasi di Google
Mencari Informasi di Google

Dengan berbagai informasi yang ada didalam internet, kita bisa menjadi lebih tahu segala hal karena bertambahnya pengetahuan dan informasi. Ya, semua bidang di seluruh dunia bisa Anda temui di internet beserta perkembangannya. Khusus yang pelajar dan mahasiswa, penggunaan internet mempermudah pekerjaan rumahmu.

Pelajar juga bisa melihat dan mempelajari video pembelajaran yang menunjang pelajaran mereka. Banyak video edukasi yang tersebar di internet, khususnya Youtube, Anda hanya perlu mendownload video tersebut dan mempelajarinya dengan baik saja. Para pekerja juga bisa menambah informasi seputar pekerjaannya melalui internet. Anda butuh informasi loker? Di internet juga ada banyak.

2. Menjadi media untuk komunikasi

Internet juga bisa digunakan untuk alat komunikasi di era teknologi seperti sekarang. Anda bisa berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang ada di penjuru dunia. Dengan begitu, segala informasi yang Anda butuhkan bisa didapat dengan mudah, cepat dan tidak membingungkan karena dari orang yang bersangkutan langsung.

Contoh penggunaan internet untuk media komunikasi adalah dengan banyaknya media atau aplikasi sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Line, BBM dan sebagainya. Ini tentu saja mempermudah komunikasimu dengan semua orang dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

3. Mencari lowongan pekerjaan

Mencari Lowongan Kerja
Mencari Lowongan Kerja

Bukan hanya banyak informasi seputar wawasan dan juga pengetahuan saja, di internet Anda juga bisa mendapat banyak informasi seputar lowongan pekerjaan. Tentu saja ini cocok buatmu yang memang lagi butuh pekerjaan yang cepat. Di internet, Anda bisa menemui banyak situs yang menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan ini.

Dengan berbagai situs yang ada, Anda bisa memilih mana pekerjaan yang menurutmu paling cocok dengan diri Anda. Selain itu, setiap perusahaan besar di Indonesia dan dunia juga menggunakan internet untuk mencari tahu lebih lengkap seputar calon pekerja. Jadi usahakan memberi citra yang baik di internet agar Anda tetap mendapat apa yang dinginkan.

4. Lebih mudah untuk melakukan bisnis dan juga transaksinya

Dengan adanya internet, proses bisnis yang Anda jalani atau ingin dikembangkan juga sangat bagus dan menjanjikan. Anda bisa mendapat pundi rupiah tanpa batas melalui internet. Tenang saja karena ada banyak bisnis yang bisa dimulai dari internet. Contohnya seperti toko online, blogger, content writer hingga berbagai bisnis lain yang cocok dengan minat dan kemampuanmu.

Anda yang ingin bisnis telah dijalankan makin maju bisa juga memanfaatkan perkembangan internet. Saat ini ada banyak strategi internet marketing yang bisa dicoba. Internet marketing memberikan banyak keuntungan para pelaku bisnis. Contohnya proses pemasaran lebih luas karena bukan hanya orang lokal saja yang bisa melihatnya.

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online

Namun secara global juga bisa melihat bisnis Anda sekarang, sehingga dengan begitu Anda bisa mendapat uang tambahan yang lebih menjanjikan. Belum lagi strategi marketing ini tidak memakan banyak biaya operasional sehingga menghemat pengeluaran Anda. Contoh untuk pebisnis muda dan pemula yang ingin merambah bisnis yang lebih lanjut lagi.

Jika Anda butuh hosting indonesia berkualitas, murah dan terpercaya? Anda bisa mempercayakannya ke Qwords.com saja. Kami menyediakan berbagai hosting murah dan terpercaya yang cocok untuk websitemu. Anda juga bakal menerima banyak cashback menarik dari kami sehingga uang yang Anda keluarkan untuk mendapat hosting berkualitas. Kami memiliki tenaga ahli profesional sehingga jaminan kualitas terbaik adalah prioritas kami. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu dengan website sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *