Teknologi informasi dan komunikasi telah berubah dengan cepat selama 20 tahun terakhir dengan perkembangan utama munculnya media sosial. Laju perubahan semakin cepat. Misalnya, perkembangan teknologi seluler telah memainkan peran penting dalam membentuk dampak media sosial. Media social ini menempatkan sarana untuk terhubung di mana saja dan kapan saja.

Pengertian Media Sosial

Dampak Sosial Media
Dampak Sosial Media

Media sosial adalah kumpulan saluran komunikasi online yang didedikasikan untuk berbagi konten, input, interaksi, dan kolaborasi berbasis komunitas. Kemampuan untuk berbagi foto, pendapat, peristiwa, dll telah mengubah cara hidup dan juga cara Anda melakukan bisnis.

Bahkan pengecer produk yang menggunakan media sosial sebagai bagian integral dari strategi pemasaran mereka biasanya bisa melihat hasil yang lebih terukur.

Dampak Media Sosial

Saat ini media sosial telah tertanam dalam masyarakat sedemikian rupa. Sehingga hampir tidak mungkin bagi orang untuk menganggap Anda serius jika tidak berada di media sosial apa pun. Semua orang mempunyai media sosial, mulai dari muda, tua, kaya, miskin, dll. Setiap orang utamanya remaja selalu sibuk ketika bersosialisasi secara online. Lantas, apa dampak positif dan negatif sosial media bagi remaja? Jelas ini sangat banyak.

Dampak Negatif Media Sosial

Dampak Positif Negatif Media Sosial
Dampak Positif Negatif Media Sosial

1. Kecanduan

Berbagai kelompok berusaha mempelajari perilaku kompulsif terkait penggunaan media sosial. Kecanduan media sosial adalah merupakan suatu gangguan rahasia dan akan menjadi jenis kecanduan internet. Daria Kuss dan Mark Griffiths dari Nottingham Trent University di Inggris telah menganalisis 43 studi sebelumnya tentang masalah ini, tepatnya pada tahun 2011. Dan kemudian menyimpulkan bahwa kecanduan media sosial “mungkin” memerlukan perawatan profesional dan itu merupakan masalah kesehatan mental.

2. Berkurangnya rasa percaya diri

Sekarang media sosial dengan filter dan pencahayaan serta sudut cerdiknya berhasil mengambil alih perhatian utama. Situs media sosial membuat lebih dari separuh pengguna merasa tidak percaya diri. Menurut survei terhadap 1.500 orang oleh Disability Charity Scope, setengah dari orang berusia 18 hingga 34 tahun mengatakan bahwa media sosial membuat mereka merasa tidak menarik.

Melihat selfie orang lain menurunkan harga diri, karena pengguna akan membandingkan diri mereka dengan foto-foto orang yang terlihat paling bahagia.

Dampak Positif Media Sosial

Selain dampak negative, ada juga dampak positif yang bisa diambil dari adanya media social, apa saja itu?

1. Memastikan keterlibatan yang lebih baik

Di media sosial apa pun, Anda dapat menemukan tombol bernama “bagikan”. Situs jejaring sosial memberikan opsi kepada semua orang untuk berbagi konten, artikel, atau video yang informatif dengan semua orang. Ini membantu semua orang di dunia untuk menjangkau guru, pelatih dan semua ahli tanpa menghadapi kesulitan apa pun.

2. Merealisasikan potensi

Siapa yang tidak kenal penyanyi terkenal Justin Bieber? Tapi satu hal yang kebanyakan dari Anda tidak tahu adalah bahwa penyanyi itu pertama kali ditemukan di YouTube. Ada banyak artis, penyanyi, penari, dan talenta lain yang muncul yang diakui berkat media social ini.

Dampak Media Sosial Pada Bisnis

Manfaat palapa ring

Media sosial sangat bermanfaat bagi bisnis Anda, jika Anda tidak menggunakannya maka Anda kehilangan peluang besar untuk meningkatkan bisnis Anda.

1. Meningkatkan kesadaran merek

Lebih dari separuh dunia aktif di media sosial sehingga menjadi tempat yang tepat untuk menargetkan pelanggan potensial. Sesuai sebuah laporan, lebih dari 60 persen orang mengatakan bahwa mereka menemukan produk baru di Instagram sehingga Anda sekarang dapat memahami sendiri esensi media sosial untuk bisnis Anda.

Selain itu dengan adanya website bisa mengarahkan pengguna dari media social untuk menambah branding bisnis. Untuk anda yang saat ini belum memiliki website untuk bisnis, kami memiliki rekomendasi layanan Cloud Hosting dari Qwords untuk keperluan bisnis, beli sekarang dan dapatkan bonus top level domain.

2. Tetap dalam pikiran

Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna media sosial masuk ke akun mereka setidaknya sekali dalam sehari sedangkan mayoritas orang melakukan ini beberapa kali dalam sehari. Karenanya, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk tetap berada dalam pikiran mereka.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk berinteraksi / terhubung dengan pelanggan potensial Anda setiap kali mereka masuk ke akun mereka. Satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga agar posting Anda tetap menarik dan informative.

Baca juga : Kesalahan Dalam Media Sosial Yang Berdampak Pada Bisnis

Dampak Media Sosial Pada Politik

Dibandingkan dengan media lain, pengaruh media sosial dalam kampanye politik telah meningkat pesat. Jejaring sosial memainkan peran yang semakin penting dalam politik pemilihan – pertama dalam pencalonan Howard Dean yang tidak berhasil pada tahun 2003, dan kemudian dalam pemilihan presiden Afrika-Amerika pertama pada tahun 2008.

The New York Times melaporkan bahwa “Pemilihan Donald J. Trump mungkin merupakan ilustrasi paling mencolok bahwa di seluruh planet ini, jaringan sosial membantu untuk secara mendasar mengubah masyarakat manusia.” Karena media sosial memungkinkan orang untuk berkomunikasi satu sama lain dengan lebih bebas.

Fungsi media sosial di sini adalah membantu menciptakan organisasi sosial yang secara mengejutkan berpengaruh di antara kelompok-kelompok yang pernah terpinggirkan.

Dengan munculnya media sosial, Anda telah melihat banyak perubahan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial telah memainkan peran kunci dalam transformasi ini. Dalam kurun waktu satu dekade lebih sedikit, dampak media sosial telah berubah dari menjadi hiburan yang menghibur menjadi bagian yang terintegrasi penuh dari hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *