12 Daftar Website Belajar Online Terbaik Untuk Upgrade Skill

3 min read

Website Belajar Online

Waktu yang terbatas dengan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan memuat banyak orang lupa akan belajar. Di zaman serba cepat dengan adanya teknologi internet sekarang ini seharusnya bisa Anda manfaatkan untuk upgrade skill, tidak perlu belajar bertemu tatap muka secara langsung, Anda bisa belajar dengan media online.

Jadi untuk Anda yang memiliki waktu kesibukan yang padat, mengambil kelas belajar online bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Anda tidak perlu terikat oleh waktu belajar, bebas mengakses materi pelajaran yang sedang diajarkan kapan saja. Selain dari waktu, masalah tempat juga fleksibel bisa dilakukan darimana saja asal terkoneksi dengan jaringan internet.

Agar Anda senantiasa bisa melakukan upgrade skill yang dimiliki, Anda perlu mendaftar sebagai member pada website belajar online. Tidak perlu bingung karena Kami sudah merangkum 12 daftar website belajar online terbaik untuk upgrade skill, materi yang diajarkan pun beragam jenisnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Daftar Website belajar Online

Lalu apa saja websitenya? Silahkan simak daftarnya dibawah ini:

1. Khanacademy

Khanacademy
Khanacademy

Website belajar online yang pertama dari Khanacademy.org, Anda bisa belajar disini secara gratis tanpa perlu keluar biaya. Website Khanacademy ini menawarkan course dengan materi belajar yang variatif mulai dari Mathematics, Science & engineering, Computing, Art & humanities dan tersedia pula test preparation untuk masuk ke universitas ternama dunia. Khanacademy memiliki tagline dengan memberikan hasil yang nyata untuk setiap siswa yang ikut belajar pada kelas online.

2. Coursera

Coursera
Coursera

Coursera memiliki tagline “Your Course to Success”. Belajar online di Coursera Anda akan mendapatkan materi dari 190 lebih universitas dan perusahaan ternama dunia. Materi yang diajarkan juga beragam, hampir semua materi tersedia tinggal memilih saja sesuai dengan kebutuhan. Selain itu terdapat juga sertifikat yang bisa menjadi bukti bahwa Anda menguasai suatu skill, tentunya ini bisa dijadikan tambahan pada portfolio skill yang Anda miliki pada CV.

3. edX

edX
edX

edX juga memiliki materi belajar online mirip dengan Coursera. Terdapat akses ke 2500 lebih materi belajar online dengan berbagai materi. Selain itu edX sudah menjalin kerjasama dengan 140 institusi terpercaya, jadi tidak perlu ragu lagi dengan materi yang disampaikan dari edX. 

4. Alison

Alison
Alison

Alison menjadi website belajar online terbaik nomor 4. Alison memiliki tagline “A power for good” ini memiliki kepercayaan bahwa pendidikan gratis adalah lebih dari segalanya, memiliki kekuatan untuk menembus batas dan mengubah kehidupan manusia. Materi yang diajarkan pada kelas Alison juga beragam seperti belajar coding, Language, Science, Health, Humanities, Business, Marketing, Math, Lifestyle, Software Development, Software Engineering, Life Science, Healthcare, Operations, Finance dan masih banyak lainnya.

5. Brainly

Brainly
Brainly

Brainly menjadi website berbahasa Indonesia untuk belajar online terbaik rekomendasi dari Kami. Materi pelajaran disini semuanya lengkap, Anda bisa memilih mana yang kira-kira perlu belajar lebih lagi. Pada website Brainly juga tersedia materi belajar online untuk persiapan SBMPTN untuk masuk perguruan negeri dan untuk menghadapi Ujian Nasional. Sudah ada lebih dari 150 juta siswa yang bergabung dengan Brainly, jadi tidak perlu ragu lagi untuk belajar online di Brainly.

6. Squline

Squline
Squline

Squline menjadi website berbahasa Indonesia untuk belajar online kedua setelah Brainly. Squline ini menjadi website belajar online bahasa Indonesia satu-satunya yang mengkhususkan pada belajar bahasa. Tersedia kelas private dan kelas group sebagai pilihan. Materi bahasa yang diajarkan ada bahasa Indonesia, Inggris, Jepang dan Mandarin.  

7. TEDEd

TEDEd
TEDEd

TED adalah kepanjangan dari Technology, Entertainment, Design ini sudah ada sejak tahun 1984. Pertama kali dibentuk oleh Richard Saul Wurman dengan nama TED Conference, saat ini tersedia TED Talks, TED-ed, TEDx dan lainnya. Dengan TEDEd Anda bisa belajar secara online tentang materi teknologi, entertainment dan desain. Silahkan daftar TEDEd untuk mendapatkan semua akses materi yang tersedia.

8. Duolingo

Duolingo
Duolingo

Duolingo menjadi website belajar bahasa online kedua rekomendasi dari Kami. Duolingo memiliki materi belajar bahasa yang lebih lengkap dari Squline, tersedia lebih dari 23 jenis bahasa yang bisa Anda pilih untuk upgrade skill. Tidak perlu ragu lagi karena Duolingo sudah memiliki pengalaman dalam materi belajar bahasa asing.

9. Udemy

Udemy
Udemy

Udemy menjadi website belajar online selanjutnya yang menjadi rekomendasi dari Kami. Anda bisa belajar topic apa saja, kapan saja dengan berbagai pilihan ribuan materi yang bisa Anda pilih. Ada versi gratis dan berbayar yang bisa dipilih, untuk versi berbayarnya Anda bisa mendapatkan akses materi pembelajaran seumur hidup, jadi Anda bisa mengulang dikemudian hari jika merasa ada yang lupa.

10. Canva

Canva
Canva

Canva terkenal sebagai aplikasi desain grafis, namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa belajar secara online dengan materi pembahasan seputaran desain grafis. Ada berbagai materi yang berisi tips, fakta dan tutorial tentang desain grafis. Dengan Canva Anda bisa upgrade skill desain yang dimiliki.

11. Ruangguru

Ruangguru
Ruangguru

Siapa yang tidak mengenal Ruangguru? Aplikasi bimbel online terbaik saat ini dengan jumlah siswa terbanyak. Aplikasi ruang guru memungkinkan siswa belajar secara online dengan pengajar-pengajar yang berpengalaman. Dari segi biaya Ruangguru jauh lebih murah 10X lipat dibandingkan bimbingan belajar biasa. Banyak paket mula dari bimbingan belajar tingkat SD, SMP, SMA dan ada paket belajar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta ujian masuk STAN.

12. Rumah Belajar Kemdikbud

Rumah Belajar Kemdikbud
Rumah Belajar Kemdikbud

Nah yang terakhir adalah layanan gratis yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Anda bisa memanfaatkan layanan belajar online gratis dengan mengakses website belajar.kemdikbud.go.id. Sudah ada 228.763 guru yang bergabung dengan 562.346 siswa mengikuti bimbel online dari kemdikbud. Jika Anda tidak memiliki biaya yang cukup, Rumah Belajar Kemdikbud ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Demikian pembahasan mengenai  12 Daftar Website Belajar Online Terbaik Untuk Upgrade Skill. Silahkan Anda pilih sesuaikan dengan skill apa yang harus ditingkatkan, apakah skill tentang materi pelajaran atau skill tentang pekerjaan.

Jika Anda membutuhkan layanan untuk pembuatan website secara murah dengan unlimited hosting, Kami memiliki rekomendasi layanan hosting dari Qwords.com, daftar sekarang dan dapatkan gratis domain. Untuk harganya mulai dari 34.900/bulan dengan unlimited disk space. Tunggu apalagi miliki website pertamamu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *