cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server, Bagus Mana?

3 min read

cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server

Kebutuhan website sekarang ini menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh suatu bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa untuk bisa menampilkan website di Internet membutuhkan suatu layanan yang bernama web hosting. Web hosting adalah layanan penyewaan space yang digunakan untuk menyimpan data-data pada website baik itu yang bersifat individu maupun perusahaan secara online.

Kebutuhan untuk web hosting antara individu dan perusahaan yang pasti berbeda, jika individu menggunakan layanan shared hosting saja mungkin sudah cukup karena tidak banyak data yang ada pada website. Tetapi untuk sekelas perusahaan yang pasti membutuhkan space yang lebih besar, tidak cukup menggunakan layanan shared hosting, perusahaan paling tidak harus menggunakan dedicated server terbaik.

Dedicated server memungkinkan Anda untuk bisa mengelola server secara mandiri tanpa dicampur dengan user lain, sehingga dari segi keamanan akan bisa lebih terjaga. Apalagi jika perusahaan Anda memiliki data-data penting, tentunya akan sangat berbahaya jika menggunakan jenis shared hosting. Memang dari segi biaya dedicated server pastinya lebih mahal jika dibandingkan shared hosting, tetapi ini akan sebanding dengan fitur-fitur yang akan Anda dapatkan nantinya.

cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server
cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server

Selain itu dalam memilih dedicated server Anda perlu memperhatikan yang namanya web hosting control panel. Panel hosting ini memiliki fungsi untuk memudahkan administrator server untuk mengelola fungsi server secara maksimal. Dengan menggunaan panel hosting yang tepat Anda akan lebih mudah daripada menggunakan perintah command line (perintah teks) pada terminal. Nah kami memiliki rekomendasi panel hosting terbaik yaitu antara cPanel dan DirectAdmin. Untuk Anda yang masih bingung memilih panel dedicated server antara cPanel vs DirectAdmin bagus mana, silahkan lihat perbandingannya dibawah ini.

cPanel

cPanel
cPanel

Bagi Anda yang sudah pernah menggunakan shared hosting, pasti panel yang digunakan kebanyakan adalah cPanel. cPanel ini menjadi salah satu web panel hosting dengan pengguna terbanyak di dunia. cPanel pertama dirilis tanggal 21 maret 1996 di Amerika Serikat oleh perusahaan swasta bernama cPanel LLC. Panel ini mejadi panel yang paling awal, sehingga dari segi fitur cPanel ini lebih lengkap dengan jenis panel lainnya.

Baca juga : Cara Install WordPress di cPanel

DirectAdmin

DirectAdmin
DirectAdmin

DirectAdmin ada software control panel web hosting yang dirilis tanggal 1 Maret 2003 di Canada. Sampai saat ini DirectAdmin menjadi salah satu panel hosting yang tidak kalah populer, walaupun belum bisa mengalahkan keunggulan dari cPanel. Dari sisi fitur sebenarnya DirectAdmin tidak berbeda jauh dengan cPanel.

Baca juga : Cara Install WordPress di DirectAdmin

cPanel vs DirectAdmin

Nah agar Anda tidak bingung untuk menentukan panel hosting apakah menggunakan cPanel atau DirectAdmin silahkan lihat pembahasan berikut ini:

  • Harga

Harga menjadi penentu utama untuk memilih panel hosting yang akan Anda gunakan. Untuk harga cPanel memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan DirectAdmin. Untuk cPanel dengan single user harganya 15$/bulan yang cocok untuk pengunaan bisnis kecil, freelancer dan pemakaian pribadi. Sedangkan untuk harga DirectAdmin pemakaian personal biayanya 2$/bulan cocok untuk penggunaan bisnis skala kecil dan pemakaian pribadi. Dari segi harga lebih murah menggunakan DirectAdmin.

  • Pengunaan

    MarketShare Web Hosting Panel
    MarketShare Web Hosting Panel

Untuk kemudahan pengunaan, cPanel lebih unggul jika dibandingkan dengan DirectAdmin, ini bisa dimaklumi karena cPanel memang sudah ada lebih dulu, jadi dari segi pengalaman cPanel lebih unggul, tetapi bedanya tidak jauh dalam hal kemudahan pengunaan.

  • Fitur

Dalam hal kelengkapan fitur, cPanel lebih unggul jika dibandingkan DirectAdmin. Ini bisa dimaklumi karena dari segi harga cPanel memang lebih mahal 7 kali lipat dari harga bulanan DirectAdmin. Tetapi Anda tidak akan mungkin menggunakan semua fitur yang ada pada cPanel, mungkin hanya akan ada beberapa yang sering digunakan saja.

  • Ketersediaan Plugin

    Dashboard DirectAdmin
    Dashboard DirectAdmin

Untuk kelengkapan plugin, yang pasti cPanel lebih lengkap daripada DirectAdmin, Anda bisa membandingkannya langsung dengan melihat pada dashboard home cPanel dan DirectAdmin. Tetapi balik lagi yang pasti semua fitur tidak akan terpakai semua, tetapi untuk Anda yang mempunyai budget lebih bisa memilih cPanel untuk kemudahan dalam customisasi fitur dengan adanya plugin.

  • Operating System

Keduanya sama-sama hanya bisa berjalan di OS Linux, untuk Anda yang mencari Dedicated Server Windows bisa memilih menggunakan Plesk. Plesk mendukung OS Windows maupun Linux, tetapi perlu diketahui bahwa lisensi OS Windows harganya lebih mahal daripada OS Linux.

  • Tampilan

    Dashboard cPanel
    Dashboard cPanel

Keduanya antara cPanel vs DirectAdmin memiliki tampilan yang mirip-mirip, tetapi jika disuruh memilih saya akan vote untuk menggunakan DirectAdmin. DirectAdmin memiliki tampilan yang lebih fresh dan modern jika dibandingkan dengan cPanel.

  • Dukungan Web Server

    cPanel vs DirectAdmin
    cPanel vs DirectAdmin

cPanel memiliki dukungan web server yang lebih sedikit yaitu Apache, Nginx dan Litespeed. Untuk DirectAdmin memiliki dukungan yang lebih banyak yaitu Apache, Nginx, Nginx Reverse Proxy, Litespeed dan OpenLitespeed.

Kesimpulan

Nah demikian pembahasan mengenai cPanel vs DirectAdmin untuk dedicated server. Untuk pilihan pengunaan saya lebih memilih untuk menggunakan DirectAdmin, dari segi harga yang lebih mudah dan fitur tidak kalah jauh. Apalagi sewa web panel ini hitungganya dalam bulan, selisih totalnya jatuhnya akan lebih banyak yang menggunakan web panel cPanel.

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari Dedicated Server IIX di Indonesia, kami memiliki layanan dedicated untuk kebutuhan website Anda. Silahkan kunjungi di website Qwords.com untuk mendapatkan promo dedicated server entry level yang sedang promo, harganya mulai dari 300ribuan untuk setiap bulannya.

Terima kasih

10 Replies to “cPanel vs DirectAdmin Untuk Dedicated Server,…”

  1. Kalau pengalaman saya, saya memilih Cpanel karena lebih stabil saat mengakses file managernya karena hampir setiap hari saya melakukan maintenance walaupun agak mahal tetapi sebanding dengan spesifikasinya hehe

    1. Benar kak
      Tetapi DirectAdmin menawarkan harga yang lebih murah, bisa dicoba dulu.
      Terima kasih

  2. Hallo kak, mau tanya. Apakah fitur plugin di directadmin tersedia, tertuma plugin woo e-commerce? mohon informasinya kak. karena saya baru saja perpindahan server dari cpanel ke direct admin

    1. Direct admin itu cuma panel hosting aja kak,
      kalau install wordpress tinggal tambah aja plugin wordpress, pastikan spesifikasi hosting kuat ya untuk menjalankan woocommerce karena spesifikasinya harus rada tinggi.
      Thanks

  3. Saya pakai DirectAdmin, dengan harga 2$/month, dari segi fitur, menurut saya sudah bagus.
    Terus konfigurasinya lumayan mudah menurut saya, dokumentasi nya lengkap. Pemakaian ram juga efisien dan ada fitur custombuild-nya

    1. Benar sekali kak
      Mungkin kurang terbiasa saja dengan tampilan DirectAdmin padahal aslinya sama saja tidak beda jauh.
      Jangan lupa untuk urusan layanan Hosting percayakan pada Qwords.

  4. hmm.. jadi tertarik nihh.. saya bsudah terbiasa pakai cpanel, apakah Qwords menyediakan paket reseller hosting yang menggunakan DirectAdmin.. saya ingin mencobanya…
    mohon infonya..

    1. Silahkan berhubungan langsung dengan team CS kami kak untuk menanyakan paket reseller hosting.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords,
      jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *