Marketing lewat media online kini jadi senjata andalan bagi para pebisnis. Bagaimana tidak, hampir semua orang di dunia kini berkecimpung dalam internet setiap harinya. Tak heran jika strategi marketing pun bergeser. Tapi, bagaimana caranya mengetahui apakah marketing online Anda sudah berhasil atau belum? Jawabannya dengan menggunakan conversion rate.

Apa Itu Conversion Rate?

Conversion Rate
Conversion Rate

Anda bisa dengan mudah memasang iklan di internet atau media sosial. Tapi apakah iklan tersebut benar-benar berimbas positif bagi bisnis Anda? Menebak-nebak sendiri adalah kesalahan fatal karena sifatnya sangat subyektif. Satu-satunya jalan yang benar-benar objektif untuk menilai efektivitas iklan media online adalah dengan melalui conversion.

Conversion adalah kondisi dimana pengunjung situs Anda melakukan step-step yang menguntungkan bagi bisnis Anda. Misalnya dengan mendaftar jadi member, menjadi subscriber, memberikan like, mendownload e-book, ataupun membeli produk Anda.

Tingkat/rate conversion adalah perbandingan jumlah orang yang melakukan tindakan pada website dengan jumlah total pengunjung. Rate ini disajikan dalam satuan persen. Rumus tingkat conversion adalah:

CR = jumlah pengunjung yang melakukan tindakan/jumlah total pengunjung X 100

Pentingnya Conversion Rate

Banyaknya pengunjung website bukanlah jaminan kesuksesan bisnis Anda. Mengapa? Karena bisa saja pengunjung tersebut tidak melakukan tindakan apa-apa dan hanya sekedar “numpang lihat” saja. Trend trafik, like, dan jumlah share belum sepenuhnya cukup untuk mengetahui keberhasilan marketing online Anda. Karena tujuan akhir marketing adalah produk yang laku terjual.

Misalnya, perusahaan A mendapatkan 1000 pengunjung website dalam bulan Maret. Tapi kemudian yang membeli produknya hanya 50 orang saja. Bandingkan dengan perusahaan B yang dikunjungi oleh 500 orang dalam bulan yang sama, Tapi pengunjung yang melakukan tindakan mencapai 250 orang. Jadi, bukankah toko B yang bisa menghasilkan lebih banyak penjualan?

Nah, dari gambaran tersebut Anda bisa tahu apa pentingnya tingkat conversion. Mengejar trafik kunjungan yang tinggi pada situs bisnis Anda memang penting. Tapi Anda juga harus mengimbanginya dengan menyusun strategi agar pengunjung tersebut melakukan tindakan bermanfaat bagi perusahaan Anda. Apalagi jika sampai mereka jadi pelanggan produk Anda.

Cara Meningkatkan Conversion Rate

Omzet meningkat
Omzet meningkat

WorldStream  melakukan riset pada perusahaan yang memiliki tingkat conversion bagus. Pada umumnya tingkat conversion yang ideal untuk sebuah usaha adalah 2,35%. Sekitar seperempat pelaku bisnis online bahkan bisa menghasilkan tingkat conversion sebesar 5,31%. Bahkan 10% perusahaan online di dunia bisa menghasilkan 11,45%.

Lalu bagaimana caranya agar situs Anda bisa menghasilkan conversion rate yang ideal atau bahkan tinggi?

1. Menyusun CTA Bentuk Teks dalam Blog

Pada dasarnya Call to Action (CTA) bisa dalam berbagai bentuk sesuai keinginan pemilik website. Ada teks, gambar, ataupun tombol. Tapi ternyata 93% pengguna internet justru lebih tertarik dengan CTA dalam bentuk teks.

Lalu seperti apa teks yang bisa membuat orang tertarik melakukan action? Tentu saja tesk sugestif yang menyatakan betapa pentingnya produk Anda bagi mereka. Teks softselling inilah yang masuk dalam pikiran bawah sadar pengunjung Anda. Hindari promosi to the point yang terkesan memaksa dan ambisius dalam menjual produk tanpa edukasi manfaatnya.

2. Menggunakan Pop Up

Strategi kedua adalah dengan memasang pop up pada website lain yang sudah memiliki tingkat conversion bagus. Buatlah pop up yang simpel, menarik, dan jelas informasinya. Untuk pertama kali, cobalah memasang 2 pop up pada 1 halaman website. Dan lihat pop up mana yang menghasilkan lebih banyak “klik”.

Baca juga : Tips Menerapkan Strategi Marketing Yang Efektif

3. Uji Coba Landing Page

Landing page adalah halaman situs yang didesain dengan link seminimal mungkin. Landing page ini khusus didesain agar pengunjung tidak terlalu banyak memikirkan apa yang akan dilakukan. Dengan kata lain, landing page bertujuan untuk meningkatkan tingkat conversion.

Landing page harus diisi dengan 1-2 link. Anda bisa membuat landing page 2 versi untuk menguji mana yang lebih efektif. Anda bisa menempatkan satu link “daftar”, “masuk”, atau “beli” pada landing page tersebut.

4. Optimalkan Costumer Service

Sebuah website bisnis akan terlihat lebih profesional jika mengoptimalkan layanan costumer service-nya. Jadi meskipun di bagian halaman situs sudah tertera spesifikasi produk yang sangat jelas mulai dari bentuk, ukuran, bahan, hingga harganya. Anda tetap perlu menyediakan layanan costumer service.

Permudahlah pengunjung untuk menghubungi CS. Anda bisa menempatkan nomor CS pada bagian pojok kanan atas atau bawah. Lebih baik lagi jika Anda menampilkan ikon chat pada pojok kanan.

5. Iklan Lewat Chat Bantuan

Tampilkan ikon chat dengan pesan singkat mengenai program/promosi yang tengah berjalan saat ini. Kadang kala, pengunjung tidak memahami promosi yang sedang berlangsung pada website Anda. Akibatnya mereka tidak berminat membeli produk. Nah, chat bantuan dengan info promosi ini bisa jadi senjata ampuh meningkatkan penjualan.

Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Iklan dan Contohnya

6. Optimalkan Artikel Blog

Jika Anda punya beberapa artikel yang punya trafik tinggi, Anda harus mengoptimalkannya. Anda harus memperbaharui artikel tersebut secara berkala agar pengunjung bisa menemukan apa yang mereka cari.

7. Remarketing Blog

Sejarah blog di Indonesia
Sejarah blog di Indonesia

Lakukan kiat agar pengunjung yang baru saja mengunjungi website Anda terus melihat iklan produk Anda. Mereka akan bisa melihat produk Anda pada website yang dibuka setelah masuk website Anda. Trik inilah yang dinamakan remarketing.

Conversion rate adalah angka pasti yang bisa Anda jadikan pedoman dalam merencanakan strategi marketing di masa depan. Membuat website memiliki conversion yang tinggi adalah langkah cerdas agar produk Anda laku keras di pasaran. Jika Anda belum memiliki skill untuk membuat website yang bagus dan menghasilkan conversion rate, jangan ragu untuk hubungi Kami. Kami memiliki layanan jasa pembuatan website professional dari bikin.website, Anda bebas mengkustom website sesuai dengan permintaan dan pastinya harganya bersaing dengan yang lain.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *