Semakin ketatnya persaingan bisnis di Indonesia saat ini membuat banyak orang yang ingin terjun menjadi seorang pebisnis mulai berfikir ulang. Mereka belum yakin apakah ide atau gagasan yang dimiliiki bisa mengantarkannya menjadi seorang pebisnis yang sukses atau hanya menambah sederet daftar gagal yang pernah dialami. Perlu diketahui pula bahwa ide atau gagasan itu bisa jadi hanya angina lalu saja, dalam berbisnis suatu ide atau gagasan harus diuji secara benar dengan studi kelayakan bisnis.

Menjalankan studi kelayakan bisnis atau feasibility study ini menjadi salah satu syarat wajib sebelum berbisnis. Dalam berbisnis tidak boleh asal tanpa perhitungan yang jelas, bisa jadi kegagalan menanti Anda didepan. Dan dalam berbisnis jangan sampai karena kurangnya perhitungan yang matang diawal, bisnis yang kita jalankan ternyata tidak diminati dan tidak dibutuhkan oleh konsumen.

Contoh Studi Kelayakan Bisnis
Contoh Studi Kelayakan Bisnis

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis

Feasibility study atau studi kelayakan bisnis adalah suatu kegiatan yang isinya mempelajari secara mendalam tentang kegiatan bisnis atau usaha yang akan dijalankan untuk menentukan apakah layak atau tidak suatu bisnis dijalankan dari berbagai aspek yang mendukung dalam bisnis. Tujuan utama melakukan studi kelayakan bisnis ini adalah untuk mengukur apakah bisnis bisa berjalan sesuai yang diharapkan atau berhenti ditengah jalan.

Memang ada beberapa pebisnis yang tidak menggunakan studi kelayakan bisnis dalam memulai suatu bisnis. Tapi Anda perlu melihat lagi background mereka yang pasti adalah para pebisnis yang sudah berpengalaman dan memiliki insting bisnis yang kuat. Nah untuk Anda yang baru memulai atau pernah gagal dalam menjalankan suatu bisnis, nampaknya Anda perlu melakukan studi kelayakan bisnis baik itu untuk bisnis skala kecil atau bisa juga untuk bisnis skala besar.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

kelayakan bisnis
kelayakan bisnis

Ketika Anda sudah membuat studi kelayakan bisnis secara benar, Anda akan mendapatkan jawaban untuk membuat suatu keputusan yang tepat. Permasalahan terbesar yang banyak ditemui oleh pebisnis yang tidak mau membuat studi kelayakan bisnis ini karena alasan membutuhkan waktu yang lama dan perlu melakukan riset yang mendalam.

Hal inilah yang menjadikan banyak para pebisnis tidak mau melakukan studi kelayakan bisnis, sehingga mereka banyak yang menggunakan prinsip asal jalan saja. Itu semua perlu mulai Anda rubah, nah bagi Anda yang ingin membuat studi kelayakan bisnis, kami sudah menyiapkan contoh studi kelayakan bisnis baik bisnis skala kecil, menengah dan besar.

Baca juga : Peluang Bisnis Online Terbaru

Contoh Laporan Studi Kelayakan Bisnis

Dalam studi kelayakan bisnis, ada beberapa aspek yang perlu Anda tinjau, tetapi untuk bisnis satu dengan yang lainnya akan memiliki aspek yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan. Nah berikut aspek-aspek dalam studi kelayakan bisnis:

  • Aspek legalitas

  • Aspek ekonomi

  • Aspek budaya

  • Aspek manajemen

  • Aspek lingkungan

  • Aspek pemasaran

  • Aspek teknis dan teknologi

  • Aspek finansial

  • Aspek sumber daya manusia

Contoh Studi Kelayakan Bisnis

studi kelayakan bisnis
studi kelayakan bisnis

Perlu dicatat kembali bahwa tidak perlu semua aspek diatas kita munculkan dalam contoh studi kelayakan bisnis. Namun ada beberapa hal penting sesuai dengan jenis bisnis yang perlu kita masukan kedalam proposal studi kelayakan bisnis, berikut contoh studi kelayakan bisnis sederhana:

Studi kelayakan panel surya

Dalam penerapan studi kelayakan bisnis pada penggunaan panel surya contohnya, aspek lingkungan tidak perlu ditinjau karena memang tidak ada efek yang mengancam terutama pada lingkungan. Namun dari segi pemasaran apakah sudah banyak pengguna listrik yang teredukasi dengan adanya panel surya dan dari segi segmentasi apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan semua market atau hanya menyasar kalangan atas saja? Jika dari contoh studi kelayakan bisnis tersebut hanya mendapatkan tidak lebih dari 5 persen dari target apakah masih berpotensi untuk dilanjutkan?

Baca juga : Cara Memulai Bisnis Online

Studi kelayakan bisnis properti

Beda sektor bisnis pastinya akan berbeda tantangannya. Dalam hal bisnis property tentunya target market sangat besar, tetapi perlu dipertanyakan bisnis perumahan yang akan Anda jual memiliki range harga berapa dan lokasinya dimana. Tidak mungkin kalau Anda membangun bisnis property berada didaerah pinggiran yang kebanyakan penduduknya adalah petani. Selain itu dari segi aspek legalitas, Anda perlu menanyakan perihal status tanah tersebut apakah sudah legal untuk dimiliki? Dari mana modal awal untuk membangun bisnis property? Dan lain sebagainnya.

Studi kelayakan bisnis minuman

Bisnis minuman sekarang ini sudah menjamur diberbagai tempat, salah satunya kopi. Tetapi sebelum Anda ikut menjadi pebisnis minuman kopi, pastikan dulu aspek lingkungannya apakah sudah sesuai dengan target market Anda seperti anak muda, mahasiswa dan pelajar atau tidak? Dari aspek pemasaran bagaiamana strategi yang akan Anda lakukan karena sudah ada banyak bisnis sejenis yang berada disekitar Anda.

Nah demikian pembahasan mengenai contoh studi kelayakan bisnis. Bagaimana apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang studi kelayakan bisnis yang akan Anda jalankan dan sudah mantap untuk melangkah ke jenjang selanjutnya sebagai pebisnis? Untuk memaksimalkan bisnis, nampaknya Anda perlu menggunakan website untuk mempromosikan bisnis Anda agar dikenal banyak orang. Di Qwords kami memiliki layanan Hosting WordPress untuk keperluan website bisnis Anda mulai dari harga 50.000 perulan. Tunggu apalagi segera buat website bisnis Anda sekarang juga.

Jika ada  kendala dalam pembuatan contoh studi kelayakan bisnis atau kebingungan dalam menulis, silahkan Anda tuliskan dikolom komentar dibawa ini.

Terima kasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *