Semua orang pasti ingin websitenya mendapat peringkat pertama pada mesin pencari Google. Tentunya untuk mendapatkan peringkat pertama bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Apalagi saat keyword yang ditargetkan memiliki pesaing yang cukup berat. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal ini.

Pasalnya, saat ini Anda bisa memantau trafik website dengan cara yang lebih mudah asalkan rajin melakukan “pengecekan” peringkat website Anda di Google. Proses ini bertujuan untuk memantau bagaimana cara kerja SEO pada website yang Anda miliki. Apabila tidak memiliki peringkat yang bagus, maka Anda harus melakukan optimalisasi SEO.

Nah, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek Ranking website di Google. Tentunya beberapa cara ini sangat mudah dilakukan. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Ranking Website di Google

 

Cara Cek Ranking Website di Google
Cara Cek Ranking Website di Google

1.Cek Ranking Website Menggunakan SERPRobot

SERPRobot qwords
SERPRobot qwords

SERPRobot merupakan salah satu tools yang menyediakan layanan Search Engine Result Page atau yang bisa dikatakan SERP analitik. Dengan menggunakan tools ini Anda bisa melihat peringkat website berdasarkan keyword yang ditargetkan.

Misalnya saja Anda sedang meranking keyword “hosting murah” atau “hosting WordPress terbaik”. Masing-masing keyword tersebut bakal terlihat pergerakannya secara detail dari waktu ke waktu.

Baca juga: Mengenal PBN (Private Blog Network) & Manfaatnya Untuk SEO

Selain itu, Anda juga bisa melihat 10 keyword terbaik yang berkaitan dengan keyword yang digunakan pada website Anda. Nah, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan saat menggunakan SERPRobot:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pilih “Region” atau lokasi website Anda Pilih saja Indonesia jika website menggunakan bahasa Indonesia.
  • Kemudian, masukkan nama domain website yang Anda miliki
  • Langkah selanjutnya yakni memasukkan keyword website dengan ketentuan maksimal 10 keyword
  • Langkah terakhir klik “Check SERP Now”.

 

2. SERPWatcher

SERPWatcher qwords
SERPWatcher qwords

Tools selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah SERPWatcher. Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis maupun berbayar.

Apabila digunakan secara gratis, maka Anda hanya bisa melakukan pengecekan sebanyak 5 kali dalam sehari. Jika ingin mengecek ranking untuk keyword yang lebih banyak lagi silakan melakukan langganan paket berbayar atau menunggu hari berikutnya.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan saat menggunakan SERPWatcher:

  • Langkah pertama masukkan nama domain website yang Anda miliki
  • Kemudian pilih location atau negara dimana website Anda berada saat ini
  • Lalu, masukkan beberapa keyword yang terdapat pada website Anda
  • Langkah terakhir, klik “Start Tracking”.

3.Cek Ranking Website Menggunakan Alexa Rank

Alexa Rank qwords
Alexa Rank qwords

Alexa Rank adalah sebuah tools yang dibuat oleh amazon untuk melakukan pengecekan website Anda. Tools ini akan menunjukkan peringkat website secara global lengkap dengan peringkat pada salah satu negara yang sering dikunjunginya.

Cara untuk mengecek ranking menggunakan tools Alexa sangatlah mudah dan simpel. Tentunya semua orang bisa menggunakannya.

Caranya Anda hanya perlu memasukkan nama domain website Anda pada kolom pengecekan peringkat. Kemudian, klik “Find”. Setelah itu, akan muncul posisi ranking konten Anda.

Sama seperti dua tools cek ranking website sebelumnya, Alexa juga membatasi fitur antara user gratisan dan berbayar. Terlepas dari itu, Alexa masih cukup worth-it untuk digunakan.

 

4.Cek Peringkat Website Menggunakan Google Search Console

cek ranking website Google Search Console qwords
cek ranking website Google Search Console qwords

Nah, kini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengecek ranking. Pasalnya saat ini sudah ada tools yang bisa dipakai secara gratis untuk mengecek ranking pada mesin pencari Google.

Tentunya cara untuk menggunakan tools ini sangatlah mudah, berikut beberapa langkahnya:

  • Langkah pertama, login ke Search Console menggunakan akun Gmail yang Anda miliki
  • Kemudian, tambahkan property atau domain website agar data-data keyword bisa terekam oleh Google Search Console
  • Lalu, lakukan verifikasi menggunakan salah satu pilihan metode yang tersedia. Misalnya seperti mengunggah file HTML dari Google ke website Anda atau verifikasi melalui edit kode javascript ke bagian Header.
  • Tunggu beberapa hari sampai Google Search Console selesai melakukan grab data pada website Anda
  • Jika data sudah muncul, Anda bisa memantau ranking dan pergerakan keyword yang masuk ke website melalui menu Search Performance.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tools Untuk Cek Traffic Website Terbaik

 

Website merupakan sebuah halaman yang berisi beberapa konten. Tentunya semua orang sangat menginginkan konten yang dimilikinya mendapat peringkat teratas pada mesin pencari.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, pastinya perlu waktu dan usaha yang konsisten. Kemudian, seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda bisa memanfaatkan beberapa tools untuk membantu mengecek ranking dan pergerakan keyword dari waktu ke waktu sebagai data evaluasi.

Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan keamanan & kecepatan loading website menggunakan paket hosting terbaik untuk WordPress dari Qwords.com. Paket ini khusus dirancang untuk memaksimalkan performa website berbasis WordPress sehingga bisa lebih stabil dan SEO Friendly.

Bagaimana? Sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *