12 Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula

3 min read

Cara Promosi di Instagram

Social media menjadi salah satu marketing channel yang menjanjikan saat ini. Anda bisa memulai mempromosikan produk dengan memanfaatkan sosial media, salah satunya dengan Instagram.

Kenapa harus menggunakan Instagram? Jawabnya karena Instagram sudah terbukti efektif membuat brand semakin besar dan meningkatkan penjualan. Instagram memiliki jenis konten visual yang lebih menarik minat audiens, sehingga tingkat engagement lebih tinggi dibandingkan social media lainnya.

Menurut data dari Statista yang diterbitkan oleh Oberlo pada bulan Juni 2018, Instagram memiliki pengguna aktif 1 milyar lebih, tentunya sekarang ini jumlahnya lebih meningkat lagi. Sampai saat ini Instagram menjadi salah satu akun sosial media yang populer di seluruh dunia.

Data bisnis US
Data bisnis US

Di Amerika Serikat tahun 2020 ini, 75,3% bisnis sudah menggunakan Instagram dengan 200 juta lebih pengguna yang mengunjungi Instagram bisnis setiap hari. Rata-rata pemakaian pengguna Instagram dalam sehari saat ini mencapai 28 menit.

Aktifitas pengguna instagram
Aktifitas pengguna instagram

Nah untuk itu, Anda bisa memulai melakukan promosi di Instagram untuk meningkatkan omzet penjualan bisnis. Tidak ada batasan jenis bisnis, semua bisnis bisa menggunakan Instagram. Agar tidak salah dalam melakukan promosi Instagram, kami sudah menyiapkan 12 cara promosi di Instagram yang bisa Anda jadikan panduan untuk melangkah. Berikut pembahasannya:

Cara Promosi di Instagram

  1.     Lengkapi BIO Instagram

Untuk menumbuhkan trust dari pengguna Instagram, pastikan BIO pada akun Anda sudah diisi dengan lengkap dan jelas. Ada beberapa teknik memaksimalkan BIO Instagram agar terlihat lebih terpercaya:

Profil Instagram
Profil Instagram
  • Gunakan username yang singkat, jelas, mudah dicari dan diingat
  • Tambahkan kata kunci
  • Gunakan profile picture terbaik
  • Berikan deskripsi singkat
  • Gunakan emoji agar lebih menarik
  • Berikan kalimat Call to Action
  • Tambahkan link website
  1.     Tentukan tema feed Instagram

Coba perhatikan akun-akun Instagram brand-brand besar, mereka selalu memberikan post yang bermanfaat untuk followernya. Tetapi coba perhatikan lagi, ada permainan konsistensi pada setiap posting dengan tema tertentu.

Feed Instagram
Feed Instagram

Ini bisa menjadi salah satu ciri khas akun Instagram bisnis Anda, sehingga follower yang melihat bisa tertarik dan melakukan follow. Berikan waktu untuk melakukan interaksi dengan followes dan share konten-konten edukasi yang bermanfaat kepada follower, tujuannya agar follower tidak merasa “dijuali” secara terus menerus.

  1.     Posting secara konsisten

Manfaat melakukan posting IG secara konsisten adalah agar mudah dilihat oleh follower, sehingga bisa terjadi interaksi antar keduanya. Dengan terjadinya interaksi ini diharapkan bisa terjadi konversi penjualan langsung dari follower, selain itu dengan sering upload konten menjadikan branding bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Catat waktu terbaik untuk melakukan post konten agar engagement tinggi.

  1.     Gunakan hastag

Tahukah Anda bahwa hastag dalam Instagram memiliki fungsi untuk memudahkan seseorang dalam mencari suatu hal. Dengan menggunakan hastag, post akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Tetapi perlu dicatat bahwa hastag yang digunakan sewajarnya saja jangan spam terlalu banyak. Pastikan juga bahwa hastag yang Anda gunakan masih relevan dengan konten yang sedang Anda publish.

  1.     Bangun relasi dengan akun sejenis

Anda bisa mulai membangun relasi dengan melakukan follow pada akun Instagram sejenis terlebih dahulu, kemudian lakukan komentar pada setiap postnya. Tetapi perlu diingat jangan spam atau komentar jualan secara langsung, lakukan teknik soft selling.

Pastikan Anda juga follow pada akun-akun influencer sejenis dalam bisnis Anda, agar nantinya akun mendapatkan rekomendasi follower dari Instagram akun yang sejenis. Anda juga bisa melakukan follow pada pengikut akun kompetitor produk bisnis Anda. Tentunya pastikan dulu feed dan BIO Instagram Anda lebih menarik.

  1.     Sertakan link product

Karena Instagram tidak bisa menyertakan link pada caption dan komentarnya, maka solusinya Anda bisa menggunakan shortlink agar mudah diingat oleh follower. Shortlink memiliki fungsi untuk memperpendek tautan sehingga lebih mudah diingat.

Link website
Link website

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang link produk pada BIO akun Instagram, jadi saat ada yang tanya-tanya langsung saja diarahkan untuk membuka melalui link BIO.

Baca juga: Rekomendasi 5 Shortlink Terbaik

  1.     Berikan diskon bersyarat

Sering ditemui para pemilik produk menggunakan strategi ini, jadi jika ingin mendapatkan diskon special pengguna diharuskan pencet love, share dan tag temannya pada kolom komentar. Tidak lupa konsumen disuruh untuk melakukan follow sosial media yang dimiliki, tetapi tenang saja cara seperti ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan follower dan engagement akun Instagram.

  1.     Share testimoni pelanggan

Testimoni menjadi salah satu bukti yang paling bagus untuk membangun trust konsumen kepada kita. Agar tidak merusak feed Instagram maka upload testimoni sebagai IG story, kemudian masukan pada highlights Instagram sesuai dengan kriteria.

Walaupun terlihat sepele ini memiliki efek yang besar. Karena jualan kita lewat sosial media bukan sistem marketplace yang sudah memiliki keamanan pembayaran dengan rekening escrow.

  1.     Share sosmed

Social media

Untuk memaksimalkan promosi di IG, Anda bisa menggunakan sosial media lain atau website guna untuk share akun Instagram yang Anda miliki. Tujuannya agar mengarahkan orang-orang untuk follow akun Instagram bisnis yang Anda kelola.

  1. Endorsement

Endorsement adalah teknik promosi di Instagram dengan memberikan produk kepada influencer untuk dipromosikan. Barang yang diberikan kepada influencer ini sebagai pengganti uang cash. Umumnya influencer yang dipilih harus sesuai dengan target market produk tersebut.

Sistemnya sangat sederhana, pemilik produk mengirimkan kepada influencer untuk di barter dengan promosi baik itu lewat post atau IG story. Dari sisi influencer, ini bisa juga menjadi konten untuk mengisi feed Instagramnya agar lebih beragam dan menarik.

Baca juga : 5 Aplikasi Pembuat Insta Story Lebih Keren

  1. Paid promote

Berbeda dengan endorsement, padi promote dalam sistemnya menggunakan pembayaran uang secara cash. Setiap influencer biasanya sudah memiliki rate card untuk sekali post atau secara paket. Besarnya harga tergantung dari jumlah follower dan engagement akun yang dimiliki.

  1. Instagram Ads
Instagram
Instagram Ads

Nah yang terakhir adalah dengan menggunakan Instagram Ads. Untuk bisa beriklan menggunakan Instagram Ads, Anda diharuskan memiliki akun Facebook Ads Manager. Untuk lebih lengkapnya tentang cara beriklan di Instagram ini bisa Anda lihat pada ebook tutorial facebook ads untuk pemula.

Kesimpulan

Menguasai cara promosi di Instagram menjadi salah satu hal wajib untuk pemilik bisnis yang berencana memaksimalkan penjualan dan branding melalui sosial media. Ada 12 cara promosi di Instagram untuk pemula yang bisa Anda lakukan seperti diatas.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentunya perlu memiliki website untuk menambah trust konsumen terhadap produk yang Anda jual. Selain itu dengan website Anda bisa lebih leluasa dalam membuat toko online dengan fitur yang lebih maksimal, jadi Instagram menjadi traffic source website. Nah di Qwords Kami memiliki layanan pembelian domain murah dan hosting unlimited storage yang bisa mengakomodir kebutuhan toko online Anda. Tunggu apalagi onlinekan bisnismu dengan website sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *