Memposting artikel tanpa gambar rasanya kurang lengkap, tetapi jika terlalu banyak gambar malah menimbulkan masalah. Masalah besar yang sering dihadapi adalah website menjadi berat saat diakses dan loading time yang lama.

Gambar merupakan salah satu hal yang berpengaruh besar dalam website. Karena gambar sebagai penarik perhatian pengunjung yang datang, makanya  gambar haruslah memiliki kualitas yang baik dan bisa memanjakan mata. Nah disinilah tugas Anda sebagai pemilik website harus menampilkan gambar yang terbaik untuk pengunjung.

Cara Mudah Optimasi Gambar WordPress
Cara Mudah Optimasi Gambar WordPress

Tetapi perlu diingat bahwa gambar yang dipost haruslah sudah dioptimasi untuk pengunjung dan untuk search engine. Perlu diketahui bahwa kecepatan akses website menjadi salah satu metrik penilaian terhadap rangking SEO. Pertanyaannya apakah Anda bisa mengupload gambar dengan kualitas yang baik tetapi ukurannya kecil? Berikut caa mudah optimasi gambar WordPress untuk SEO.

Alasan Pentingnya Optimasi Gambar WordPress

  • Membutuhkan lebih sedikit ruang penyimpanan

Dengan melakukan optimasi gambar, Anda akan menghemat space hosting yang Anda gunakan. Sehingga Anda bisa menyimpan gambar yang lebih banyak pada hosting.

  • Meningkatkan kecepatan loading WordPress

Gambar yang sudah dioptimasi terutama pada ukuran akan membuat load website menjadi lebih ringan, sehingga kecepatan website menjadi lebih cepat.

  • Mendatangkan traffic

Traffic bisa datang dari pencarian gambar di mesin pencari, sehingga Anda bisa mengupload gambar-gambar menarik yang mengundang klik.

  • Meningkatkan rangking untuk SEO

Alt image menjadi salah satu hal penting untuk optimasi gambar pada mesin pencari. Mesin pencari akan mengenali dari keyword yang ditulis pada ‘alt image’, sehingga saat ada pencarian yang sama dengan alt image akan tampil.

Cara Optimasi Gambar WordPress

Setelah Anda mengetahui tentang pentingnya melakukan optimasi gambar pada WordPress, kini saatnya ada tahu cara melakukan optimasi gambar terutama untuk SEO (Search Engine Optimization) yang sudah kami rangkum dari pembahasan di blog ahrefs. Berikut penjelasannya:

1. Perkecil Ukuran Gambar

Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah bereksperimen mengenai editing untuk menghasilkan gambar yang memiliki ukuran kecil. Google memberikan rekomendasi tool yang bisa Anda gunakan untuk mengkompres gambar menjadi ukuran yang lebih kecil tanpa banyak menguranggi dari segi kualitas yaitu menggunakan compressjpeg.com.

Compress Gambar WordPress
Compress Gambar WordPress

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Website

2. Sesuaikan Dimensi Gambar

Anda bisa menghemat ukuran gambar dengan mengupload gambar pada website sesuai dimensinya. Jika blog WordPress Anda memiliki lebar 1280 x 720, maka usahakan Anda mengupload gambar sesuai dimensi tersebut, jika Anda tetap mengupload gambar lebih besar dari dimensi yang dibutuhkan, maka gambar tidak akan bisa ditampilkan lebih besar dari dimensi yang tersedia.

3. Pilih Jenis File

File gambar merupakan salah satu penyumbang terbesar website menjadi lambat. Tiga jenis file gambar yang banyak ditemui di WordPress yaitu file JPEG, PNG dan GIF, tetapi saat ini sudah ada format gambar baru yang lebih baik dan ukurannya kecil yaitu WEB Page Image atau webP. Tugas Anda adalah memilih file dengan ukuran terkecil dengan kualitas yang baik.

Optimasi WordPress
Optimasi WordPress

4. Beri Nama Gambar

Sebelum mengupload gambar ke situs WordPress, Anda haruslah memberi nama pada file gambar yang relevan dengan judul postingan yang Anda buat. Dengan memberikan nama pada file gambar, Google akan mengenali isi dari gambar tersebut.

5. Gunakan Alt Text

Alternate text biasanya diisi saat melakukan optimasi gambar di WordPress. sebaiknya pada bagian alt image ini diisi dengan keyword yang masih relevan dengan judul postingan, sehingga dari segi nilai SEO akan bertambah dengan adanya keyword-keyword turunan.

Baca juga : Plugin SEO WordPress Terbaik

6. Gunakan Leverage Browser Caching

Caching pada browser akan membantu pengunjung untuk mengakses gambar lebih cepat saat mereka datang kembali menuju website Anda. Misalkan Anda sedang mengakses blog ini, Anda harus menampilkan semua gambar dibrowser, tetapi saat kunjungan kedua dan seterusnya tidak perlu load lagi karena sudah tersimpan pada caching browser.

Plugin Kecepatan W3-Total-Cache
W3-Total-Cache

7. Gunakan Sitemap Gambar

Gambar adalah salah satu elemen penting tentang isi konten website Anda. Anda dapat memberikan nama file yang jelas, alt image yang relevan dengan judul dan memberikan url gambar agar google lebih mudah dalam melakukan indexing. Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, Anda tidak perlu setting lagi karena sitemap akan ditambahkan secara otomatis.

Jangan lupa untuk selalu mengecek apakah gambar yang Anda upload memiliki copyright atau memang free, karena nantinya akan menimbulkan masalah dengan dituntut oleh pemiliki gambar. Jika tidak, Anda bisa mencantumkan link sumber dimana gambar tersebut diambil atau meminta ijin kepada yang punya.

Kesimpulan

Dengan melakukan semua cara optimasi gambar WordPress diatas, rangking website Anda akan semakin meningkat dan efeknya traffic yang datang menuju website atau blog semakin bertambah. Untuk menambah kecepatan blog WordPress Anda, gunakan Hosting WordPress Indonesia. Kenapa harus menggunakan Hosting WordPress? karena hosting ini sudah dikhususkan untuk penggunaan CMS WordPress yang lebih baik dengan fitur yang lengkap.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah optimasi gambar WordPress untuk SEO. Jika ada tambahan tentang cara optimasi gambar lain yang terbukti ampuh silahkan tuliskan dikolom komentar bawah.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Mudah Optimasi Gambar WordPress Untuk SEO

  1. saya juga lagi buat blog baru, buat optimasi seo nya lumayan susah dan harus sabar serta konsisten sih yang paling penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *