20+ Cara Meningkatkan Traffic Website Cepat Serta Efektif

7 min read

20+ Cara Meningkatkan Traffic Website Cepat Serta Efektif

Bagi para blogger, webmaster, pemilik website atau pebisnis online pasti sudah melakukan berbagai cara meningkatkan traffic website bukan? Namun nyatanya website Anda masih sepi pengunjung.

Kualitas konten oke, update konten secara teratur dan konsisten juga sudah dilakukan. Tetapi kenapa trafficnya tidak naik-naik? Apakah metode yang Anda lakukan kurang tepat?

Sebenarnya ada cara mudah untuk menaikkan traffic yaitu dengan memasang iklan berbayar. Namun untuk beriklan Anda membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tetapi jangan khawatir, Anda bisa mengikuti rekomendasi dari kami untuk meningkatkan traffic website Anda gratis dan cepat.

Traffic Website Adalah

Traffic Website Adalah
Traffic Website Adalah

Sebelum membahas cara jitu menambah pengunjung website secara efektif, sudah tahukah Anda apa yang dimaksud traffic website? Traffic website adalah jumlah orang atau pengunjung yang mengunjungi website Anda.

Bisa dibilang traffic website atau lalu lintas website merupakan jumlah pengunjung yang diterima oleh sebuah website. Selain itu traffic juga berisi informasi mengenai durasi kunjungan, konten yang dilihat pengunjung dan lain-lain.

Data-data tersebut akan dicatat oleh domain Anda yang nantinya bisa Anda lihat. Data lalu lintas ini sangatlah penting untuk memahami aktivitas online dari pengunjung.

  Mengapa Lalu Lintas Website Penting

Tujuan blogger, webmaster atau pemilik website tentunya ingin mendapatkan lalu lintas yang tinggi. Jika website Anda minim pengunjung maka situs tersebut akan tenggelam. Anda tidak mau kan situs Anda sampai tenggelam?

Cara Meningkatkan Traffic Website

Cara meningkatkan traffic website
Cara meningkatkan traffic website

Semakin banyak audien atau pengunjung yang mengunjungi website Anda, maka semakin tinggi pula kesempatan website menduduki peringkat pertama di SERP.

Website Anda pun bisa sukses dan dikenal orang. Yang mana nantinya akan berpengaruh terhadap penghasilan situs serta penjualan produk bagi para pebisnis.

Langsung saja kita simak cara meningkatkan traffic pengunjung website secara gratis berikut ini:

Traffic Website Non Organik

Meningkatkan traffic website non organik
Meningkatkan traffic website non organik

Dalam dunia blogging, sumber traffic terbagi menjadi dua yaitu traffic organik serta traffic non organik. Keduanya sangat penting bagi kenaikan lalu lintas website. Berikut cara meningkatkan traffic website non organik yang bisa Anda coba:

1. Bergabung dengan komunitas online

Belakangan ini banyak bermunculan komunitas online yang mana anggotanya memiliki kesamaan profesi, visi serta misi. Jika Anda blogger maka bisa bergabung ke komunitas online blogger.

Pilihlah komunitas yang sesuai dengan situs yang Anda kelola. Misalnya komunitas untuk UKM online, internet marketer, pebisnis online dan lainnya.

Ada banyak komunitas online yang bisa ditemukan, mulai dari grup WhatsApp, Kaskus, Facebook sampai Google Community. Dengan bergabung bersama komunitas maka relasi Anda semakin banyak. Anda bisa mendapatkan backlink maupun mempromosikan situs yang dikelola.

2. Membagikan artikel ke berbagai forum

Selain bergabung dengan komunitas online, Anda juga bisa membagikan konten Anda ke berbagai forum atau situs tanya jawab.

Sudah banyak situs forum atau tanya jawab online yang terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Misalnya Yahoo! Answer, Takon, Brainly, Quora, Reddit, Stumbleupon dan lainnya.

3. Menjalin hubungan dengan blogger atau influencer

Peran influencer
Peran influencer

Blogging mungkin bisa dilakukan sendiri, namun membesarkan blog tidak bisa dilakukan sendiri. Anda harus mau untuk berinteraksi dengan blogger lainnya karena bisa memperluas jaringan Anda. Buatlah kolaborasi dengan blogger lain atau influencer.

Karena influencer kini terbukti bisa meningkatkan bisnis yang Anda bangun. Dalam hal ini adalah mengelola blog. Jika influencer tersebut membagikan link konten Anda ke sosmed maka besar kemungkinan website Anda akan dikunjungi oleh follower-followernya.

4. Gunakan headline yang menarik

Judul atau headline merupakan satu elemen yang dilihat pertama kali oleh pembaca. Delapan dari sepuluh orang yang berselancar akan membaca judulnya terlebih dahulu sebelum mengklik artikel tersebut.

Misalnya Anda memiliki dua judul “Cara menurunkan berat badan dengan cepat” dan “5 Cara Efektif Menurunkan BB Dalam 7 Hari”. Menurut Anda konten mana yang akan di klik oleh pengunjung? Tentu saja judul yang kedua bukan?

Judul yang baik menggunakan 4 kriteria 4 U, yaitu: Useful, yang menjelaskan manfaat, Urgency atau yang mendesak, Unique yaitu menyajikan konten dengan sudut pandang yang berbeda dari kompetitor serta Ultra specific yang harus ditulis secara spesifik.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog

5. Menambahkan media

Orang-orang terbukti lebih menyukai media seperti gambar atau video dibandingkan dengan tulisan atau teks. Pasti membosankan ya membaca artikel dengan teks yang begitu panjang?

Pembaca pun tidak betah dan segera meninggalkan website Anda. Ini disebut dengan bounce rate. Bounce rate ini juga menjadi salah satu faktor penilaian yang dilakukan Google. Bounce Rate yang tinggi bisa menurunkan ranking situs serta traffic website.

6. Newsjacking atau membuat konten yang sedang trending

Newsjacking
Newsjacking

Salah satu cara untuk menaikkan traffic situs adalah dengan mengikuti trend atau membuat konten yang sekiranya bisa viral. Rasa penasaran netizen belakangan memang tinggi. Jika ada hal yang membuat viral maka Anda bisa memanfaatkannya untuk dibuat konten.

Namun Anda harus memperhatikan bahwa topik yang sedang trending memiliki kesamaan dengan topik yang diulas di situs Anda. Namun tentunya konten yang Anda buat harus berkualitas dengan cara menambahkan ide atau gagasan dari sudut pandang Anda.

7. Email Marketing

Sudah pernah mendapatkan email promosi dari sebuah brand? Inilah salah satu contoh email marketing. Meskipun tergolong mengganggu bagi penerimanya, namun email marketing terbukti bisa mendatangkan lalu lintas.

Anda bisa membuat form pendaftaran email sehingga audien yang datang bisa meninggalkan alamat email mereka. Setelah itu Anda bisa melakukan pemasaran melalui email. Yang bersedia meninggalkan alamat email adalah orang yang mulai tertarik dengan situs atau bisnis Anda.

Maka dari itu Anda bisa menindaklanjuti mereka dengan mengirimkan email pemasaran. Ketika mereka puas dengan konten yang Anda sajikan, maka kemungkinan besar mereka akan kembali lagi ke situs atau konten Anda yang lainnya.

8. Menerapkan digital marketing

Digital marketing memang memiliki berbagai tujuan dalam aspek bisnis. Namun salah satu tujuan utamanya adalah dengan meningkatkan lalu lintas kunjungan trafik.

Ada banyak strategi yang bisa Anda gunakan pada digital marketing, misalnya PPC Ads, Sosmed, email marketing yang sudah kami jelaskan di atas, dan lain-lain.

9. Membagikan konten ke sosmed

Sosmed marketing
Sosmed marketing

Selain membuat konten yang berkualitas Anda pun harus membagikan konten tersebut agar orang-orang mengetahuinya. Anda pun bisa membagikan konten tersebut ke berbagai sosial media.

Jika konten Anda berkualitas, pasti banyak audien yang akan mengunjungi website Anda. Namun Anda tidak boleh melakukan spamming di sosmed. Buatlah jadwal postingan yang terstruktur

10. Mendaftar Facebook Ads

Siapa sih yang tidak punya akun Facebook? Hampir semua orang memiliki sebuah akun FB dari yang muda sampai yang tua. Para internet marketer berpendapat bahwa FB merupakan platform yang mampu memberikan ROI iklan yang paling tinggi.

Traffic Website Organik

Meningkatkan traffic website organik
Meningkatkan traffic website organik

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex dan lain-lain merupakan sumber lalu lintas bagi webmaster atau pemilik website. Hal ini juga berlaku sama seperti sosmed misalnya Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Namun traffic yang dihasilkan oleh mesin pencarian lebih berkualitas serta berkelanjutan. Maka dari itu Anda harus melakukan hal berikut ini untuk meningkatkan lalu lintas website:

1. Melakukan riset kata kunci dan kompetitor

Riset keyword
Riset keyword

Menulis apa yang Anda suka memang baik dan bisa berpengaruh terhadap kualitas konten. Namun menulis konten tanpa riset juga tidak baik, meskipun Anda memiliki ide yang bagus.

Dengan melakukan riset kata kunci maka Anda bisa mendapatkan keyword yang sering dicari oleh audien pada mesin pencarian. Ada berbagai keyword tool yang bisa Anda gunakan. Pilihlah keyword dengan volum pencarian yang tinggi.

Selain melakukan riset keyword, Anda juga harus melakukan riset terhadap kompetitor untuk memenangkan peringkat pencarian. Dari riset ini Anda bisa mendapatkan informasi penting seperti backlink, keyword yang di target, kualitas domain sampai kualitas traffic organiknya.

2. Menggunakan LSI

Dengan bantuan keyword tool di atas memang bisa memberikan ide keyword yang paling banyak digunakan audien. Namun seringkali keyword tool hanya memberikan variasi kata kunci yang terbatas dan sifatnya kaku.

Padahal tidak semua audien mencari topik tersebut sesuai dengan kata kunci yang ada. Audien menggunakan berbagai variasi kata kunci untuk mencari topik yang sama. Maka Anda perlu menambahkan variasi kata kunci yang lebih manusiawi.

Caranya dengan menggunakan LSI. Setiap LSI pastinya juga memiliki volum pencarian. Sehingga total pencarian bisa meningkat dari keyword dan dari LSI.

Misalnya keywordnya “cara melamar kerja’’ maka LSI yang digunakan bisa ‘’cara melamar pekerjaan agar diterima’’’atau ‘’cara cepat mendapatkan pekerjaan’’.

3. Menargetkan long tail keyword

Keyword terbagi menjadi dua yaitu short tail serta long tail keyword. Short tail terdiri dari 1-2 kata misalnya ‘’plugin wordpress’’. Sedangkan long tail terdiri lebih dari 2 kata, misalnya ‘’cara memasang plugin wordpress’’.

Kata kunci short tail kebanyakan memiliki volum pencarian yang tinggi. Persaingannya pun juga tinggi. Namun berbeda dengan long tail dimana volum pencarian rendah serta persaingannya juga rendah.

Jadi kemungkinan untuk mendapatkan pencarian lebih tinggi dengan menggunakan long tail.

4. Menyisipkan internal link

Internal link
Internal link

Internal link juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan traffic situs. Internal linking adalah menghubungkan satu halaman menuju halaman lain pada situs yang sama.

Namun Anda hanya bisa menggunakan konten dengan konteks atau topik yang masih berhubungan saja. Sehingga pembaca bisa menemukan informasi yang relevan dengan topik yang sedang mereka baca.

Durasi pembaca pun akan bertambah karena mereka masih menjelajahi situs Anda dibandingkan menjelajahi situs kompetitor.

Misalnya Anda memiliki konten ‘’bisnis online’’ maka Anda bisa meberikan internal link ke ‘’ide bisnis online’’. Google menggunakan link internal serta eksternal untuk menilai apakah sebuah halaman itu berkualitas atau tidak.

Semakin banyak internal linknya maka Google akan menganggap halaman tersebut semakin berkualitas dan peringkatnya baik.

5. Meningkatkan link building

Link building merupakan usaha untuk meningkatkan backlink yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak Anda menerima backlink dari situs lain maka semakin baik pula situs Anda di mata Google.

Sehingga Google akan memberikan posisi atau peringkat yang lebih tinggi pada halaman pencarian. Jika Anda berhasil menempati peringkat atas pada mesin pencarian maka semakin besar audien akan mengklik konten Anda. 

6. Guest blogging

Guest Blogging
Guest Blogging

Guest blogging merupakan strategi untuk menaikkan traffic dengan cara menulis konten yang nantinya akan diterbitkan di blog atau media online orang lain.

Strategi ini berlaku dua arah. Artinya Anda bisa mempublikasikan konten Anda pada web atau media online.

Serta sebaliknya, orang lain bisa mempublikasikan kontennya pada website atau media online Anda. Namun Anda juga perlu menerapkan strategi, yaitu pilihlah media online atau website yang memiliki traffic yang lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga harus membuat konten yang berkualitas. Serta jangan sampai Anda menautkan link terlalu banyak karena bisa dianggap spamming.

Baca Juga: Contoh Website Perusahaan

7. Memaksimalkan SEO On Page dan Off Page

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas bahwa organik traffic merupakan sumber terbesar pada lalu lintas website. Maka dari itu Anda harus menerapkan teknik SEO dengan sebaik-baiknya.

SEO sendiri memiliki dua jenis yaitu SEO On Page serta Off Page. Yang mana dua-duanya sangat penting untuk dioptimasi.

Konten yang SEO friendly adalah konten yang Human friendly. Meskipun menerapkan teknik SEO, Anda masih bisa kok membuat konten yang mudah dipahami orang.

8. Berikan informasi yang lengkap

Berapa panjang artikel yang Anda buat? Apakah 300, 500, 600 atau 1.000 kata lebih? Menulis konten yang berkualitas memang penting, namun Anda juga harus memperhatikan jumlah kata yang Anda tulis.

Ternyata panjang artikel juga menjadi salah satu penilaian dari Google. Artikel yang lebih panjang dianggap memiliki informasi yang lengkap dan memberikan jawaban yang dicari audien.

Namun jangan sampai artikel Anda tidak berkualitas. Kuantitas serta kualitas konten haruslah seimbang.

9. Meningkatkan kecepatan situs

Kecepatan website
Kecepatan website

Kenyamanan pengunjung merupakan satu hal yang ingin diberikan oleh Google. Salah satu aspek yang membuat pengunjung nyaman adalah kecepatan akses situs.

Semakin cepat situs maka semakin puas pula audien mengunjungi situs Anda. Pasti Anda kesal bukan ketika mengakses situs yang lemot? Maka dari itu perhatikan kecepatan loading situs.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan misalnya dengan CDN. 

10. Membuat situs yang mobile Friendly

Ternyata 50% lebih audien yang mencari informasi atau berselancar di dunia maya menggunakan perangkat mobile, sisanya menggunakan PC, laptop dan perangkat lain.

Maka dari itu, Anda harus membuat situs yang mobile friendly. Lalu tampilan yang seperti apa yang mobile friendly itu?

Tampilan yang mobile friendly harus memberikan tampilan yang secara otomatis menyesuaikan ukuran perangkat. Sehingga pengunjung tidak kerepotan untuk menggeser-geser tampilan dengan mencubit layarnya. 

Jika sudah memahami cara meningkatkan traffic website, maka langkah selanjutnya adalah mempraktekkannya satu persatu. Perlu diketahui bahwa usaha meningkatkan traffic tidak bisa dilakukan dalam satu malam saja.

Anda perlu memiliki tekad yang kuat dalam menjalankan usaha di atas. Namun jangan lupa juga sebaik apapun Anda melakukan teknik di atas, tidak akan berhasil jika konten yang Anda buat tidak berkualitas. Jadi tetap nomor satukan kualitas konten ya.

Untuk menanggulangi lonjakan traffic yang akan meningkat, maka Anda perlu menggunakan cloud hosting terbaik dari Qwords.com. Paket ini mempunyai sistem penyimpanan SSD serta bandwidth yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *