Pebisnis pasti ingin memiliki omset penjualan dan keuntunggan yang meningkat setiap bulannya. Namun untuk bisa seperti itu tidaklah mudah, pebisnis perlu melakukan berbagai cara untuk bisa mencapai omset dan keuntungan yang meningkat. Nah kali ini kita akan membahas mengenai 10 cara mudah meningkatkan penjulana dalam bisnis.

Memastikan omset bulanan untuk terus meningkatkan bukanlah hal yang mudah, apalagi banyak para pebisnis yang melakukan strategi dan metode pemasaran yang menarik minat pelanggan. Mulai dari memberikan diskon dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Selain itu masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.

Cara Meningkatkan Penjualan Dalam Bisnis

cara meningkatkan penjualan
cara meningkatkan penjualan

Tidak perlu bingung, karena kami sudah merangkum tentang 10 cara mudah meningkatkan penjualan dalam bisnis, berikut pembahasannya:

1. Memperluas Target Bisnis

Hal paling mudah untuk meningkatkan omset penjualan adalah dengan memperluas target bisnis. Jika target pasar produk Anda sudah penuh, Anda bisa memperlebar target bisnis baru. Jangan takut untuk mengeluarkan biaya saat diawal untuk mencari target pasar yang baru, yang terpenting lakukan riset pasar mulai dari produk, harga dan persaingan. Jika riset Anda sudah tepat, maka kemungkinan besar menaikan keuntungan bukanlah hal yang sulit.

2. Fokus Pada Kualitas Produk

Produk yang berkualitas pasti akan dicari oleh para pelanggan. Sebelum menjual barang pastikan Anda menjelaskan tentang kualitas produk yang Anda jual sebelum menyebutkan harga. Dengan begitu pelanggan akan lebih bisa menerima harga jual yang ditawarkan akan sebanding dengan kualitas produk yang akan didapatkan.

Ada memang beberapa orang yang membeli barang tanpa memikirkan harga, tetapi lebih memilih untuk mencari barang yang berkualitas. Nah tugas Anda sebagai pebisnis bisa menjelaskan mengenai kualitas dari barang yang Anda jual.

3. Menjaga Kesetiaan Pelanggan

Ada beberapa cara untuk menjaga kesetiaan pelanggan. Salah satunya dengan memberikan bonus dan potongan harga kepada para pelanggan loyal. Selain itu Anda juga bisa menyimpan kontak pelanggan untuk melakukan follow up ketika ada info menarik tentang produk bisnis yang Anda jual.

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pelanggan tetap/lama akan lebih cepat dan lebih tertarik dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian dibandingkan dengan para pelanggan baru. Jadi Anda perlu untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang baik.

Baca juga : Tips Menangani Komplain Pelanggan

4. Berikan Promo Dengan Tengat Waktu

Pemberian Diskon Produk
Pemberian Diskon Produk

Pemberian promo kadang diabaikan oleh pelanggan kadang juga malah lupa. Cara lain dalam pemberian promo bisa dilakukan dengan memberikan tengat waktu, jadi promo memiliki masa aktif untuk digunakan. Dengan begitu bisa memberikan dorongan kepada pelanggan untuk segera melakukan action.

Anda juga bisa memberikan countdown waktu pada banner promo agar bisa dilihat secara jelas oleh pelanggan. Bila perlu berikan fitur reminder promo agar pelanggan mendapatkan notifikasi saat promo segera berakhir.

5. Strategi Bundling Produk

Strategi bundling produk terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Biasanya dalam paket bundling dibuat dengan harga yang lebih murah dari harga standart, tujuan utamanya agar meningkatkan produk yang terjual. Strategi ini memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian, menghemat waktu dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

6. Digital Marketing

Strategi Digital Marketing
Strategi Digital Marketing

Digital marketing memungkinkan Anda sebagai pebisnis melakukan penjualan ke berbagai lokasi yang lebih luas. Jika sebelumnya Anda masih menjalankan bisnis secara offline, untuk meningkatkan penjualan pastinya akan sulit karena dari segi target pasar tidak begitu luas. Tetapi dengan digital marketing target pasar Anda menjadi lebih banyak, jadi peluang untuk bisa meningkatkan penjualan semakin mudah.

Ada berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan seperti beriklan di Facebook Ads, Google Ads, Search Engine Optimization, Search Engine Marketing, Social Media Marketing dan masih banyak lagi. Yang pasti sebelum melakukan digitalisasi bisnis supaya sudah siap dari segi insfrastruktur bisnisnya.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Ada pepatah mengatakan “Pelanggan adalah raja”, ini memang benar tidak ada yang salah. Anda selaku pemilik bisnis supaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik pelanggan akan merasa puas dan merekomendasikan bisnis Anda kepada teman-temannya.

Jika sampai  pelayanan bisnis Anda jelek sehingga mendapatkan review yang negative, maka untuk bisa mengembalikan seperti semula membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi kuncinya pelayanan terbaik menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis.

Baca juga : Tips Mendatangkan Pelanggan Untuk Balik Lagi

6. Memberikan Garansi

Garansi produk memang diperlukan bagi para pelanggan. Dengan adanya garansi, pelanggan akan merasa lebih aman untuk membeli produk yang Anda jual. Dengan memberikan garansi Anda bisa menaikan harga jual produk, karena pembeli sudah percaya dengan adanya garansi yang diberikan.

9. Berikan Testimoni & Review

Pemberli mungkin tidak akan percaya dari kata-kata manis yang Anda berikan saat berjuaan produk. Tetapi pembeli akan lebih percaya dari testimoni dan review yang diberikan oleh pelanggan lain yang sudah membeli. Maka caranya Anda bisa menyuruh orang lain untuk mencoba produk Anda dan kemudian disuruh untuk membuat testimoni dan review secara jujur.

10. Perkuat Brand

Meningkatkan Brand Awareness
Meningkatkan Brand Awareness

Nah yang terakhi adalah dengan memperkuat brand bisnis Anda. Dengan brand yang kuat Anda tidak perlu takut  lagi untuk bersaing dengan bisnis sejenis. Cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat brand adalah dengan menjalankan 10 cara mudah meningkatkan penjualan yang sudah dibahas diatas.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 10 cara mudah meningkatkan penjualan dalam bisnis. Untuk Anda yang sampai saat ini belum memiliki website untuk keperluan bisnis, kami memiliki rekomendasi untuk pembelian hosting murah dari Qwords untuk keperluan bisnis Anda. dengan memiliki website bisnis Anda akan semakin mudah ditemukan oleh pelanggan.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *