Bila Anda pernah memasang template WordPress gratisan pasti pernah menemukan footer pada bagian bawah template terdapat tulisan ‘Powered by WordPress’ atau ‘Template by …’ dan lainnya. Tulisan pada footer ini hampir ditemui pada kebanyakan template WordPress gratis, bahkan ada yang menambahkan live link yang mengarah website mereka.

Hal ini memang sudah lazim dalam template, karena memang template yang kita dapatkan dengan cara gratis. Berbeda lagi jika Anda membeli template WordPress berbayar, biasanya tidak memiliki footer WordPress seperti diatas. Memang footer ini bisa menjadi salah satu strategi yang dilakukan para developer template untuk mengenalkan brand bisnis mereka.

Namun ada sebagian orang yang kurang suka dengan adanya footer template, karena dianggap mengganggu. Kebanyakan mereka malah menghapus footer yang dimilikinya bahkan ada yang menganti footer alamat website mereka. Nah untuk cara menghilangkan footer pada WordPress sebenarnya mudah, tetapi ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan.

Cara Mudah Menghilangkan Footer WordPress
Cara Mudah Menghilangkan Footer WordPress

Apa Itu Footer

Bagi Anda yang belum tahu, footer atau kaki blog adalah bagian dari website atau blog yang berada pada bagian bawah, biasa isinya mengenai copyright, mesin yang dipakai, developer themes dan juga informasi lain. Pada bagian footer ini juga bisa kita maksimalkan untuk menyisipkan keyword-keyword yang mengandung SEO, bagi Anda yang belum tahu tentang optimasi SEO pada website bisa dibuka pada artikel tersebut.

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda sudah bisa login WordPress terlebih dahulu, jika Anda belum tahu silahkan buka pada artikel cara login WordPress. Cara menghilangkan footer ini hanya dibahas untuk yang menggunakan CMS WordPress, jadi untuk Anda yang menggunakan CMS lain atau blogspot mungkin ada perberbedaan. Bagi Anda yang belum memiliki website, di Qwords kami menyediakan layanan Hosting WordPress yang terbukti memiliki keunggulan jauh jika dibandingkan dengan shared hosting.

Cara Menghilangkan Footer WordPress

Footer WordPress
Footer WordPress

Setelah Anda tahu apa itu footer dan apa saja yang akan kita butuhkan saat akan menghilangkan footer WordPress. Kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara menghapus footer WordPess, kami memiliki 2 cara yang bisa Anda pilih, berikut pembahasannya:

Menghilangkan footer WordPress via template

Ini adalah cara menghapus footer yang paling mudah dan paling banyak dipraktekan oleh pengguna WordPress. Anda bisa menhapusnya melalui menu pengaturan template WordPress, tetapi perlu Anda ketahui ada sebagian kecil template yang memiliki pengaturan yang sedikit berbeda. Untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti caranya dibawahh ini :

  • Buka browser Anda dan login ke akun CMS WordPress dengan mengakses domainanda.com/wp-admin kemudian masukan username dan password.
  • Jika sudah masuk ke dashboard WordPress, silahkan scroll kebawah dan temukan menu ‘Appearance’ kemudian pilih ‘Customize’.
  • Klik pada bagian footer kemudian bottom bar
  • Setelah itu tinggal centang ‘Disable Footer Credits’ atau Anda bisa menganti footer WordPress sesuai dengan keinginan.

Menghilangkan footer WordPress via CSS

Cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyembunyikanya, jadi footer  memang masih ada hanya saja tidak ditampilkan saja. Jika footer berisi url aktif berarti link url masih mengarah pada website tujuan. Cara ini bisa terbilang gampang dilakukan, nah berikut caranya:

  • Pastikan Anda sudah login ke akun WordPress Anda dengan benar.
  • Jika sudah masuk ke dashboard WordPress silahkan scroll kebawah dan temukan menu ‘Appearance’ kemudian pilih ‘Customize’, setelah Anda masuk  dashboard edit themes
    Menghilangkan Footer WordPress
    Menghilangkan Footer WordPress

    silahkan scroll kebawah dan temukan menu ‘Additional CSS’.

  • Silahkan masukan script code CSS seperti dibawah ini,

.siteinfo {display: none}

 

Menambahkan Script CSS
Menambahkan Script CSS
  • Jika sudah Anda masukan silahkan klik ‘Publish’ pada bagian atas.

Perlu dicatat pula bahwa tindakan menghilangkan footer ini memang tidak terlihat oleh pengunjung website, tetapi perlu diketahui bahwa robot Google masih mengetahui file yang Anda sembunyikan. Asal tidak ada unsur memanipuasi hasil pencarian Google tindakan ini masih boleh dilakukan.

Kesimpulan

Sebelum menghapus footer themes WordPress Anda perlu cek dulu lisensi dan copyright dari template tersebut apakah memperbolehkan atau tidak. Jika tidak ada masalah, Anda bebas bisa menghapusnya atau menganti footer WordPress dengan diisi nama lainnya. Demikian pembahasan mengenai cara mudah menghilangkan footer WordPress, jika Anda kendala atau kebingungan dalam menghapus footer WordPress silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *