Banyak cara menghasilkan uang dari internet dengan hanya bermodalkan website. Misalnya seperti memasang iklan Google Adsense, sponsored post, jasa pembuatan website, jasa konsultasi, hingga affiliate marketing yang hampir tanpa modal untuk memulai bisnisnya. Namun, kira-kira bisnis digital seperti apa yang cocok untuk Anda?

Percaya atau tidak, setiap hari ada ribuan orang dari seluruh dunia yang mempelajari ilmu mencari uang di Internet, akan tetapi tidak semuanya bisa sukses karena sebagian besar dari mereka hanya sekedar coba-coba dan tidak mengulik ilmu bisnis maupun mempraktekkannya dengan seksama.

Nah, untuk semakin memperkaya pengetahuan Anda, pada artikel kali ini secara khusus kita akan sama-sama membahas lebih dalam mengenai apa itu Affiliate Marketing sebagai salah satu metode/cara menghasilkan passive income yang luar biasa efektif di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet dengan Affiliate Marketing

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah istilah untuk menyebut aktivitas pemasaran yang dilakukan seseorang untuk memperoleh komisi dengan cara membantu menjualkan barang atau jasa milik orang lain baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Program Affiliate marketing sendiri merupakan salah satu metode cara menghasilkan uang dari internet yang relatif gampang dilakukan. Pasalnya, untuk mendapatkan uang kita hanya perlu memasang kode refferal tertentu ke dalam landing page, artikel, atau status di media sosial tanpa perlu memiliki keterampilan coding.

Dalam aktivitas sehari-hari sebenarnya kita pun sudah sering menjumpai program affiliate marketing, contohnya ketika kita mengajak seseorang untuk menggunakan layanan ojek online dengan kode referal demi mendapatkan bonus, atau ketika mengantar teman dari luar kota ke pusat oleh-oleh, kemudian kita mendapatkan komisi dari pemilik toko sebagai imbalan karena sudah berjasa membawa pelanggan ke toko mereka.

Macam-macam Affiliate Marketing di Indonesia

affiliate marketing
affiliate marketing

Ada beragam jenis Affiliate marketing yang saat ini bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu yang paling populer adalah program affiliate dari marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, atau Lazada. Selain itu, ada pula layanan website khusus affiliate marketing seperti ratakan, ecomobi, dan idaff yang juga cukup banyak diminati oleh para affiliater dalam negeri. Untuk besaran komisi yang akan diterima, biasanya berkisar antara 1-5 persen tergantung kategori produk dan kebijakan tiap-tiap perusahaan.

Di Qwords.com, kami juga menawarkan program Afiliasi dengan komisi yang lumayan menggiurkan. Cara kerjanya Anda cukup merekomendasikan dan mengajak orang lain untuk membeli layanan web hosting di Qwords.com melalui kode refferal khusus yang diberikan. Adapun besaran komisi yang diberikan mulai dari 5-10 persen plus bonus deposit langsung sebesar Rp50 ribu setelah pendaftaran. Menarik bukan?

 

Cara Menjadi Affiliate Marketing yang Sukses

Cara Menjadi Affiliate Marketing yang Sukses
Cara Menjadi Affiliate Marketing yang Sukses

Menekuni dunia Affiliate Marketing bisa dibilang susah-susah gampang. Anda akan banyak belajar mengenai teknik-teknik penjualan di dunia digital yang sangat berbeda jika dibandingkan proses marketing lewat dunia nyata (offline). Seorang Affiliater (sebutan untuk pelaku Affiliate Marketing) juga dituntut agar selalu punya keinginan untuk belajar dan responsif terhadap perubahan, karena nantinya akan bekerjasama dengan banyak perusahaan yang kebijakannya sangat beragam. Pada prinsipnya, cara menjadi affiliate marketing yang sukses ditentukan oleh tiga komponen, yakni passion, pemilihan program affiliate yang sesuai, dan ketepatan metode promosi yang digunakan.

Berikut langkah-langkah memulai Affiliate Marketing:

  1. Mendaftar Program Affiliate Marketing

Contoh perusahaan yang memiliki program affiliate marketing dan terbukti membayar para pemainnya adalah Affiliate Tokopedia, BukaLapak, Ratakan, idaff, dan JVZoo.

  1. Menentukan Jenis Produk yang Akan di Pasarkan
  2. Generate URL Berisi Kode Refferal
  3. Melakukan Promosi Untuk Mendatangkan Traffic

Untuk poin terakhir, Anda bisa memulai dari membuat website landing page khusus affiliate menggunakan wordpress self hosting. Biaya sewa web hosting dan domainnya sendiri saat ini sudah sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp14.500 saja per bulan untuk paket Hosting Murah Value Perfomance di Qwords.com.

Sementara jika pengunjung dan databasenya sudah mulai bertambah banyak, Anda bisa beralih menggunakan paket hosting murah Medium Performance dimana kinerjanya jauh lebih handal untuk mengatasi kebutuhan resource lebih besar.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang

Tips Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Affiliate Marketing

1. Ketahui Karakteristik Audience

Sebagai penjual yang akan menawarkan produk kepada calon pelanggan, seorang Affiliater tentu wajib mengetahui karakteristik audience. Cara mengetahui karakteristik audience sendiri bisa dilakukan melalui riset secara berkala agar hasil promosi yang dilakukan bisa berjalan secara optimal. Ibarat kata, jangan menjadi affiliater asal jalan yang menjual produk smartphone kepada audience website berbasis informasi olahraga. Hal tersebut memang sah-sah saja dan bisa dilakukan dengan asumsi setiap pembaca pasti membutuhkan gadget untuk memenuhi kebutuhan komunikasi harian, namun contoh kasus tersebut tidak pas dan nantinya justru akan mendapatkan hasil kurang optimal ketika dijalankan.

2. Bisa Dipercaya dan Bicara Apa Adanya

Mayoritas pengguna internet saat ini sudah sangat pintar untuk membedakan antara artikel berbayar, produk review original, atau endorse dari perusahaan. Beberapa target pasar bahkan lebih jeli lagi dalam memilah permalink yang akan mereka kunjungi. Maka dari itu, jadilah pemain Affiliate Marketing yang bisa dipercaya dan bicara apa adanya, karena dengan begitu Anda tidak hanya akan mendapatkan benefit berupa potongan komisi tapi juga aaudience yang loyal sebagai salah satu bentuk investasi.

3. Seleksi Produk Affiliate dengan Teliti

Ketika Anda masuk ke dunia Affiliate marketing, akan ada ribuan kategori produk yang bisa dipilih sesuka hati. Saran dari kami, sisihkanlah waktu riset selama beberapa hari agar benar-benar mendapatkan produk yang sesuai dengan segmentasi pembaca maupun target pembeli. Hal ini memang akan memakan waktu yang tidak sebentar, tapi kedepannya bakal menyelamatkan Anda dari potensi kerugian waktu akibat memasarkan produk dengan kategori yang kurang diminati.

Itulah pembahasan singkat mengenai cara menghasilkan uang dari internet dengan Affiliate Marketing. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika Anda memiliki kritik, saran, maupun pertanyaan seputar artikel cara menghasilkan uang dari internet di atas jangan sungkan untuk meninggalkan jejak di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *